HYBRID MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PASCAPANDEMI COVID-19 PADA SEKTOR USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN TANJUNGSARI KABUPATEN SUMEDANG


Rakhmia Nalibratawati(1*), Hendri Maulana(2)

(1) Universitas Winaya Mukti, Bandung, Indonesia
(2) Universitas Winaya Mukti, Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menerangkan mengenai Hybrid Marketing sebagai strategi pemasaran pascapandemi Covid-19 pada sektor UMKM di Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dikembangkan. Teknik penelitian menggunakan metode survey dengan penentuan responden menggunakan rumus Slovin dan perkiraan jumlah responden sebanyak 91 responden. Kemudian dilakukan uji hipotesis yang pertama dengan analisis uji beda rata-rata t-student tidak berpasangan (t-test unpaired), dan yang kedua dengan analisis uji beda rata-rata t-student berpasangan (t-test paired). Penjualan total untuk produk UMKM di Kecamatan Tanjungsari selama Pandemi Covid-19 secara keseluruhan tidak mengalami penurunan. Bahkan secara parsial banyak UMKM yang mengalami kenaikan volume penjualan. Selama pandemi Covid-19, penjualan produk UMKM berbasis digital marketing cenderung lebih besar daripada penjualan produk dari hasil pemasaran tradisional. Media digital yang digunakan banyaknya melalui media Whatapp dan Facebook, sedangkan media tradisional yang digunakan adalah brosur sebagai media yang paling banyak digunakan. Bahwa dengan menerapkan pola strategi hybrid marketing dengan mengkombinasikan aspek digital dan tradisional Berdasarkan uraian di atas, Hybrid Marketing terbukti berperan meningkatkan volume penjualan selama pandemi.


Keywords


Hybrid Marketing, Covid-19, UMKM, Strategi Marketing.

Full Text:

PDF

References


Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroeng Ora Umum” dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157. www.jurnalrisetkomunikasi.org

Banarto, K. (2021). Hybrid Marketing Menjadi Solusi Bisnis di Era Digital. www.kompasiana.com

Bank Indonesia. (2020). Laporan Perekonomian Indonesia 2020. www.bi.go.id

Bhayani, S. (2018). Internet Marketing vs Traditional Marketing: A Comparative Analysis. 3, 53–63. researchgate.net

Chakti, A. G. (2019). The Book of Digital Marketing. Celebes Media Perkasa.

Clarence, C., Yulianti, Y., Halim, C., Sari, P. R., & Keni, K. (2021). Dilematis Antara Pemasaran Tradisional Dengan Pemasaran Digital Terkait Perubahan Perilaku Konsumen: Studi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 5(2), 362. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i2.13237

Durmaz, Y., & Efendioglu, I. (2016). Travel from Traditional Marketing to Digital Marketing. Global Journal of Management and Business Research, 16, 34–40.

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1).

Gunawan, E. M. (2013). Does Online Marketing Truly Replace Traditional Marketing? 1(June), 1284–1290.

Habibi, A. (2020). Normal Baru Pasca Covid-19. Adalah: Buletin Hukum & Keadilan, 4(1), 197–204. www.journal.uinjkt.ac.id

Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. http://dx.doi.org/10.15294/abdimas.v23i2.17880

Kotler, P., Kartawijaya, H., & Setiawan Iwan. (2021). Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional ke Digital (A. Tarigan, Ed.; Cetakan Kedelapan). PT Gramedia Pustaka Utama.

Moran, J. (2020, June). Hybrid Marketing Marries the Online and Offline Worlds. CMSWiRE.Com. cmswire.com

M.T., F., Arisandi, & Debby. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara, 2.

Noor, Z. Z. (2021). Buku Referensi Strategi Pemasaran 5.0 (edisi ke-2). Deepublish.

Nugraha, V. A. (2021). Kajian Stabilitas Keuangan Nomor 37.

Pandiangan, P., & Martini, I. A. O. (2020). Digital Marketing Strategy of Property Agents in the New Normal Era. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 7(3), 502–511.

Silvya Sari, D., & Zaenal, M. (2020). Potensi Usaha Rumahan di Desa Jatisari Kabupaten Sumedang. 4(1).

Simplilearn. (2019). An Introductory Guide to Digital Marketing. IndraStra Global.

Wulandari, D. (2016). Hybrid Marketing ala Bukalapak.com. www.mix.co.id




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v4i2.29304

DOI (PDF): https://doi.org/10.15575/jim.v4i2.29304.g9529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats