METODE PEMASARAN PISANG RAJA (Musa paradisiaca L) MENJADI OLAHAN NUGET MELALUI MEDIA ONLINE


Bambang Tri Kurnianto(1*), Mufida Diah Lestari(2), Ermawati Dewi(3)

(1) Universitas Tulungagung, Indonesia
(2) Universitas Tulungagung, Indonesia
(3) Universitas Tulungagung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This research refers to the development of nuget banana marketing methods through online media. The purpose of this research is to see how far online marketing methods can be used in the marketing process. The method used is a qualitative research method in order to get as much information as possible. This research was conducted in Tulungagung Regency because in several areas in Tulungagung there are lots of bananas and this is one of the products that can be processed into nuggets so that they have added value to the original product. The results of this study, the marketing of processed bananas into nuggets, has received a positive response from the community with many small entrepreneurs in Tulungagung Regency making processed banana products using online marketing methods through grab food and other (local) delivery services, and market places. From the development of this marketing method, it was able to boost the income of banana farmers because the selling value of these bananas experienced an increase in price.


Keywords


Marketing, Banana, Online Media.

Full Text:

PDF

References


Arif, S., Aalin, E. R., & Jainudin, M. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pencetak Getuk Pisang Otomatis dan Pelatihan Manajemen Wirausaha untuk Meningkatkan Omset Pelaku Usaha Getuk Pisang Raja Nangka Kediri. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(1), 108-118.

Candra, Y., Sari, D. P., & Ismail, W. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sale Pisang Purwobakti Muaro Bungo. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(2), 122-138.

Ekasari, N., & Roza, S. (2018). Pelatihan Dasar-Dasar Manajemen pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Keripik Pisang Dharma Jaya untuk Meningkatkan Kinerja Usaha. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), 31-36.

Fayeldi, T., Pranyata, Y. I. P., & Dinnullah, R. N. I. (2020). Pembinaan Ekonomi Mandiri bagi UKM Keripik Pisang Melalui Peningkatan Produksi dan Manajemen Pemasaran. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(3), 93-102.

Hidayati, S. A., Wahyulina, S., Suryani, E., & Oktariyani, G. A. S. (2021). Peningkatan Nilai Ekonomi Hasil Perkebunan (Pisang) menjadi Produk Olahan (Permen Jelly) untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Desa Kotaraja Kecamatan Sikur Lombok Timur. Jurnal Abdimas Sangkabira, 2(1), 57-68.

Kurniawan, H. (2020). Pengaruh Penambahan Jamur Tiram Putih terhadap Karakteristik Fisikokimia dan Tingkat Penerimaan Organoleptik Nugget Jantung Pisang (Doctoral Dissertation, Unika Soegijapranata Semarang).

Laely, N., Nursamsu, N., Putri, S. D., & Rahman, A. W. (2023). Pemberdayaan Home Industry melalui Kegiatan Pelatihan Manajemen Usaha Produksi Keripik Pisang Desa Tawangrejo. ARSY: Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat, 3(2), 137-140.

Lie, V. (2018). Kualitas Selai Lembaran dengan Kombinasi Daging Buah Pisang Raja (Musa paradisiaca L.) dan Albedo Pisang Raja (Musa paradisiaca L.) (Doctoral dissertation, UAJY).

Marpaung, D. Y. R. (2022). Produksi dan Pemasaran Sus Kering Substitusi Pisang Raja (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Jember).

Maulida, Y. A., & Habiburahman, H. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Keripik Pisang di Era Pandemi Covid-19 (Studi pada UMKM Keripik Sumber Rezeki). Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(4), 303-314.

Noordia, A., Nurita, T., & Dewi, R. C. (2016). Pengembangan Sumber Daya Pisang di Lidah Kulon Lakarsantri Sebagai Minuman, Nata Limbah Kulit Pisang dan Kerajinan Pelepah Pisang untuk Perluasan Kesempatan Usaha. Buku–3, 17.

Permadi, R. (2017). Analisis Efisiensi Pemasaran Pisang Kepok di Kabupaten Seruyan. UNES Journal of Agricultural Scienties, 1(1), 120-128.

Putri, A. Z., Nusron, L. A., & Pramudiati, N. (2019). Pengelolaan Keuangan dan Manajemen Pemasaran bagi UMKM Kripik Pisang dan Ketela di Jepara. Abdimas Nusantara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 9-17.

Rahmah, P. (2019). Prospek Pemasaran Pisang di Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Jurnal Ilmiah Metansi” Manajemen dan Akuntansi”, 2(2), 23-30.

Setiyoko, A., & Astuti, T. D. (2019). Pengembangan dan Diversifikasi Olahan Pisang Raja Bandung Sebagai Kuliner Unggulan. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(3), 138-142.

Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian. Anak Hebat Indonesia.

Tukiman, T., & Trisna, A. Y. (2019). Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani dalam Usaha Pembuatan Abon dengan Bahan Dasar Dari Jantung Pisang di Desa Dompyong Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 4(1), 38-47.

Vahlia, I., & Lelawati, N. (2019). Pelatihan E-Commerce dan Manajemen Keuangan sebagai Langkah Meningkatkan Pendapatan pada Keripik Pisang Arjuna. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 2(4. b), 509-518.

Wandanaya, A. B. (2012). Pengaruh Pemasaran Online terhadap Keputusan Pembelian Produk. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 5(2), 174-185.

Widayanto, W. (2022). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Penggunaan melalui Sikap Penggunaan Teknologi Informasi (Studi pada Anggota Kelompok Tani Pisang Tanduk Desa Kajar Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Desa Mitra Badan Eksekutif. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 11559-11574.

Widiastuti, T., & Nurdjanah, S. (2020). Nilai Tambah Pengolahan Ubi Kayu (Manihot esculenta Crantz) menjadi Kelanting Sebagai Snack Lokal. Jurnal Agroteknologi, 14(1), 58-68.

Yollanda, D., Nasra, E., Dewata, D. K. I., & Nizar, U. K. (2019). Pengaruh Ion Cu2+, Zn2+, Cd2+ dan Cr3+ terhadap Peyerapan Logam Pb2+ menggunakan Kulit Pisang Kepok (Musa Paradisiaca L) sebagai Biosorben. Menara Ilmu, 13(2).




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v4i1.23512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats