PENGARUH BUZZ MARKETING DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP PURCHASE DECISION DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Gawik Setiawan(1*), Eri Novari(2), Rahayu Kusumadewi(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh buzz marketing dan brand ambassador terhadap purchase decision dengan brand awareness sebagai variabel intervening pada pengguna produk ponsel merek vivo di Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 110 responden pengguna produk ponsel merek vivo di Kota Bandung dengan teknik purposive sampling dan accidental sampling melalui penyebaran kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji asumsi dasar dan asumsi klasik, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji regresi linear berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi yang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan path analys. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buzz marketing, brand ambassador, brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision secara langsung maupun tidak langsung.


Keywords


strategi pemasaran, keputusan pembelian, buzz marketing, brand ambassador, brand awareness

Full Text:

PDF

References


Aaker, D.A. Building Strong Brands. New York: Free Press. 1996.

Aaker, D. A. Managing Brand Equity: Capitalizing on the value of a Brand Name, New York: The Free Press. 1991.

Adawiyah, Karina Robiatul. 2018. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image serta dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Produk Natrue Republic Aloe vera 92% Shooting Gel di Kota Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Amirullah. Perilaku Konsumen. Cetakan 1. Jakarta: Graha Ilmu. 2002.

Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2006.

Bachtiar, Achmad. 2017. Pengaruh Citra Merek dan Country of Origin terhadap Keputusan Pembelian dalam memilih Produk Smartphone Lenovo (Studi Kasus pada Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Dajti Bandung.

Burhani, Muhammad Afiq. 2020. Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Perceived Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Cateora, Philip R, dan John L. Graham. Pemasaran Internasional, Edisi 13. Buku 2. Jakarta: Salemba Empat. 2007.

Durianto dkk. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2003.

Engel, Blackwell dan Miniard. Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara. 1994.

Fandy, Tjiptono. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset. 2012

Fatmasari, Dina. 2018. Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung (Studi Kasus Mahasiswa FTIK IAIN Purwokerto). Skripsi Jurusan Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Fatmayanti, Susi Raih Nur, dan Yoestini. 2012. Analisis Iklan dan Endorser terhadap Pembentukan Brand Awareness serta dampaknya pada Keputusan Pembelian Kecap Manis ABC. Diponegoro Journal of Management, Vol 1, No. 1, Tahun 2012, Halaman 456-461.

Hermawan, Agus. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga. 2012.

Fatmasari, Dina. 2018. Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung (Studi Kasus Mahasiswa FTIK IAIN Purwokerto). Skripsi Jurusan Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Fatmayanti, Susi Raih Nur, dan Yoestini. 2012. Analisis Iklan dan Endorser terhadap Pembentukan Brand Awareness serta dampaknya pada Keputusan Pembelian Kecap Manis ABC. Diponegoro Journal of Management, Vol 1, No. 1, Tahun 2012, Halaman 456-461.

Gunawan, Fitri Anggraini, dan Diah Dharmayanti. 2014. Analisis Pengaruh Iklan TV dan Endorser terhadap Purchase Intention Pond’s Men dengan Brand Awareness sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol 2, No. 1, (2014), 1-14.

Hughes, M. Buzz marketing: Get People to Talk about Your Stuff. (Portfolio, Ed.) (berilustra). 2005.

Irawan, Anggi. 2019. Pengaruh Viral Marketing dan Endorser Terhadap Keputusan Pelanggan dengan Brand Awareness sebagai Variabel Internening (Studi pada Pengguna Produk Smartphone Merek Oppo di Kota Makasar). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alaudin Makasar.

Kotler, Philip, & Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: PT Indeks. 2009.

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Erlangga. 2008.

Lea-Greenwood, Gaynor. Fashion Marketing Communication. E-book. Somerset, NJ, USA: Wiley. 2012.

Maghfiroh, Dinah Fitri, dan Edriana Pangestuti. 2019. Pengaruh Terpaan Buzz Marketing dan Product Knowledge terhadap Purchase Decision pada Produk Nature Republic (Studi pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Angkatan 2015-2018). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol 73, No. 2, Juli 2019.

Martiwi, R. (2021). IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING DALAM INDUSTRI PARIWISATA DAN PERHOTELAN. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(1), 21-28.

Maming, Abdulkarim. 2017. Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian (Studi Minimarket di Kelurahan Tlogomas Kota Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Maulani, Lissa Suciati, dan Brillyanes Sanawari. 2019. Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Awareness serta dampaknya pada Purchase Decision (Survei Online pada Followers Aktif Instagram dan Facebook Vauza Tamma Hijab). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol 72, No. 2, Juli 2019.

Permana, Sandi Indra. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Ambassador terhadap Citra Merek serta dampaknya terhadap Keputusan Pembelian pada Distro Relic Syndicate. Skripsi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasundan Bandung.

Priatni, Supeni Budi. dkk. 2019. Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention dengan Brand Awareness sebagai Variabel Intervening pada Martha Tilaar Salon Day Spa. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan, Vol 5, No. 3, December 2019: 145-15.

Peter, J.Paul, dan Jerry C. Olson. Consumer Behavior & Marketing Strategy. Jakarta: Salemba Empat. 2013.

Rangkuti, Freddy. The Power of Brands. Cetakan 3. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2008.

Royan, Frans. Marketing Selebrities. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2004.

Ramadilla, Nabilla, dan Ananda Sabil Hussein. 2016. Pengaruh Buzz Marketing dan Brand Awareness terhadap Minat Beli Produk Erha 21 (Studi pada forum online Female Daily Network). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Vol 3, No. 2, Tahun 2016.

Retnoningrum. 2020. Peran Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening dalam Pengaruh Iklan dan Endorser terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Make Over (Studi Kasus pada Make Up Artis di Solo). Surakarta Management Journal, Vol 2, No. 1, Juni 2020.

Sinaga, Halimatussyaddiah. 2018. Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Freshcare (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara. Skripsi Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan

Schiffman, Leon, & Leslie Lazar Kanuk. Perilaku Konsumen. Indonesia: Indeks. 2008.

Simamora, Henry. Manajemen Pemasaran Internasional. Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat. 2000.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu, dan Irawan. Manajemen Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: BPFE. 2003.

Taniredja, Hidayati Mustafidah. Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta. 2011.

Tjiptono, Fandy. Manajemen & Strategi Merek. Yogyakarta: Andi Offset. 2011.

Wenats, AG Eka, dkk. Integrated Marketing Communications. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2012.

Politik Universitas Sumatera Utara Medan.

Widyawati, Herin. 2019. Pengaruh Buzz Marketing, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Warunk Gacoan Solo. Skripsi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v2i2.14376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats