PERILAKU KONSUMEN GENERASI Z MENGENAI LAYANAN STREAMING DIGITAL WETV


Hedi Cupiadi(1*)

(1) Universitas Garut, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengguna layanan straming digital diIndonesia sangat digemari oleh Generasi Z. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perilaku konsumen dengan tujuh konstruk yang mempengaruhi behavior intention dan dampaknya pada use behavior layanan streaming digital WeTV menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) pada Generasi Z Kabupaten Garut, serta menjabarkan pada setiap variabel yaitu facilitating conditions, performance expectancy, effort expectancy, social influence, hedonic motivation, price value, habit, behavior intention dan use behavior. Metode yang digunakan pada penelitian menggunakan metode kuantitatif yang berjenis deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, menyebar kuesioner kepada responden Generasi Z Kabupaten Garut. Data kemudian diuji dengan Path Analysis (Analisis Jalur). Kesimpulan yang didapat terdapat pengaruh secara langsung price value dan habit terhadap behavior intention dan facilitating conditions, performance expectancy, effort expectancy, social influence serta hedonic motivation tidak berpengaruh secara langsung terhadap behavior intention. Selanjutnya habit dan behavior intention terdapat pengaruh secara langsung terhadap use behavior namun facilitating conditions tidak berpengaruh secara langsung terhadap use behavior. Sedangkan habit terhadap use behavior melalui behavior intention sebagai variabel intervening memiliki pengaruh tidak langsung.


Keywords


Perilaku Konsumen, Generasi Z, Streaming Digital, UTAUT2.

Full Text:

PDF

References


Aksara, D. (2021). 10 Aplikasi Video Streaming Terbaik 2021: Fitur dan Biaya. Big Alpha. https://bigalpha.id/News/10-Aplikasi-Video-Streaming-Terbaik-2021-Fitur-Dan-Biaya

Al-Qeisi, K. I. (2009). Analyzing The Use Of UTAUT Model In Explaining An Online Behaviour: Internet Banking Adoption. Departement of Marketing And Branding, 1–360.

Barus, H. (2021). Wetv Rangkul Trans Corp Dukung Pertumbuhan Industri Hiburan Tanah Air. Industrycoid. https://www.industry.co.id/Read/96809/Wetv-Rangkul-Trans-Corp-Dukung-Pertumbuhan-Industri-Hiburan-Di-Tanah-Air

Beribe, S. B. (2021). Baru 2 Tahun, Platform Video Wetv Raih Jutaan Penggemar Di Indonesia. Acurat.Co. Https://Akurat.Co/Baru-2-Tahun-Platform-Video-Wetv-Raih-Jutaan-Penggemar-Di-Indonesia

Brown, S. A., & Venkatesh, V. (2005). Model Of Adoption Of Technology In The Household: A Baseline Model Test And Extension Incorporating Household Life Cycle. Mis Quarterly, 29, 399–426.

Feriyanto, A., & Shyta, E. . (2015). Pengantar Manajemen. Kebumen: Mediatera.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisa Multivariate Dengan Program IBM SMARTPLS. (8th Ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Google Play. (2021). https://Play.Google.Com/Store?Hl=In&Gl=US

Hasan, V. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Willingness To Subscribe: Telaah Pada Layanan Video On Demand Netflix. Ultima Management : Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 22–38.

Hasibuan, M. . (2016). Manajamen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Howe, N., & Nadler, R. (2012). Why Generations Matter: Ten Findings From Lifecourse Research on the Workforce.

Inibaru.id. (2018). Kenal Lebih Dekat Dengan “Video On Demand. https://Inibaru.Id/Hits/Video-On-Demand-Yang-Bikin-Demen

Jati, N. J., & Laksito, H. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Dan Penggunaan Sistem E-Ticket (Studi Empiris Pada Biro Perjalanan Di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Accounting, 1, 511–524.

Kompas.com. (2021). Pengguna Internet Indonesia Tembus 200 Juta, Hampir Semua “Online” Dari Ponsel. https://tekno.kompas.com/Read/2021/02/24/07020097/Pengguna-Internet-Indonesia-Tembus-200-Juta-Hampir-Semua-Online-Dari-Ponsel

Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Manajemen Pemasaran (13th Ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Capturing Marketing Insights (Electronic Version). In Marketing Management (15e Ed.). Pearson Education Limited 2016.

Limayem, M., Hirt, S. G., & Cheung, C. M. K. (2007). How Habit Limits The Predictive Power Of Intention: The Case Of Information Systems Continuance. MIS Quarterly: Management Information Systems, 31(4), 705–737.

Manullang, P. D., & Hutabarat, D. (2016). Manajemen Pemasaran Dalam Kompetisi Global. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.

Mufti, A., Destiawati, F., & Akhirina, T. Y. (2015). Evaluasi Penerimaan Jejaring Sosial Google+ Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Di Wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Sistem Informasi, 10(2), 78.

Nuriska, P. F., & Azizah, N. (2021). View of Analisis Continuance Intention To Use Layanan Video On Demand Dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Netflix di Kota Surabaya). Jurnal Syntax Admiration.

Republika.co.id. (2016). Nasib Televisi di Era Internet. https://www.Republika.Co.Id/Berita/Koran/Teraju/16/01/13/O0vsw59-Nasib-Televisi-Di-Era-Internet

Rossanty, Y., Nassution, P. T. D. M., & Ario, F. (2018). Consumer Behaviour In Era Millennial. Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Schermerhorn, J. R. (2011). Introduction To Manajemen (11th Ed.). Hoboken: Jhon Wiley & Sons.

Sofia, H. (2020). Wetv Masuk Indonesia Bidik Segmen Penggemar Drama Asia. Antara News. https://www.Antaranews.Com/Berita/1371466/Wetv-Masuk-Indonesia-Bidik-Segmen-Penggemar-Drama-Asia

Solomon, M. R. (2017). Consumer Behavior: Buying, Having And Being (12th Ed.). Pearson Education.

Suhardi. (2018). Pengantar Manajemen Dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward A Unified View. MIS Quarterly: Management Information Systems, 27(3), 425–478.

Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., & Xu, X. (2012). Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. MIS Quarterly, 36, 157–178.

Wijoyo, H., Indrawan, I., Cahyono, Y., Handoko, A. L., & Santamoko, R. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0. Purwokerto: CV. Pena Persada.

Wulandari, N. P. A., & Yadnyana, I. K. (2016). Penerapan Model Unified Theory of Acceptance And Use of Technology di Kota Denpasar. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14(2), 1270–1297.




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v3i1.25120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats