STRATEGI PEMASARAN DESTINASI WISATA JEMBATAN LINGKAR LAPOILI BUTON SELATAN DI MEDIA SOSIAL


Nur Agung Pratama(1*), Harry Fajar Maulana(2), Ansar Suherman(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Buton, Baubau, Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Buton, Baubau, Indonesia
(3) Universitas Muhammadiyah Buton, Baubau, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran Dinas pariwisata dan ekonomi kreatif kabupaten buton selatan dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi destinasi wisata jembatan lingkar lapoili. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari hingga Mei 2023, bertempat di kantor dinas pariwisata dan ekonomi kreatif kabupaten buton selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif mengumpulkan data melalui wawancara serta dokumen-dokumen penting yang sesuai dengan penelitian sebagai pelengkap. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang ditetapkan disparekraf busel masih belum optimal. Belum adanya dokumen pemasaran lewat media sosial secara jelas. Tidak adanya katalog pariwisata. Belum adanya homestay disekitar destinasi pariwisata. Kurangnya SDM yang berpengalaman pada tenaga ahli IT, khususnya dalam pengelolaan media sosial.

Keywords


Strategi Pemasaran, Media Sosial, Pariwisata.

Full Text:

PDF

References


Abdhul, Y. (2022). Biaya Pemasaran: Pengertian, Jenis dan Contohnya. Deepublishstore.Com. https://deepublishstore.com/materi/biaya-pemasaran/

Ahda, M. H., & Rozi, F. (2022). Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar dalam Pengembangan Objek Wisata Ompang Sungai Sonsang. Journal of Communication and Society, 1(01), 14–26. https://doi.org/10.55985/jocs.v1i01.8

API. (2022). API AWARD 2022. API.

Arif, A. A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dalam Mengembangkan Objek Wisata Kawah Wurung di Kabupaten Bondowoso. In Riskesdas (Vol. 3).

Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83-96.

Buditiawan, K. (2021). Strategi Pemasaran Pariwisata Pantai Plengkung Kabupaten Banyuwangi Menggunakan 3P+ 4A (Price, Place, Promotion, Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary). Jurnal Kebijakan Pembangunan, 16(2), 207-220.

Endah, F. (2022). Simak Perbedaan Reach dan Impression untuk Strategi Pemasaran Digital. Suitmedia.Com. https://suitmedia.com/ideas/simak-perbedaan-reach-dan-impression-untuk-strategi-pemasaran-digital

Entrepreneur, J. (2023). Pentingnya Strategi Positioning produk dalam persaingan bisnis. Mekari Jurnal. https://www.jurnal.id/id/blog/pentingnya-strategi-positioning-produk-dalam-persaingan-bisnis/

Febriani, sri wulan. (2022). pengertian market trend analysis dan tips menjalankannya. Selengkapnya Di: Https://Www.Hashmicro.Com/Id/Blog/Pengertian-Market-Trend-Analysis-Dan-Tips-Menjalankannya/.

Hidayah, N., Sopian, T., Aziz M. Nauval, Feby Nur Ikrawardani, Flavia Domitilla Fausta, Inggit Salsabila Putri, M. Hafidz Annazly, & Salma Nabila M. (2021). Strategi Pemasaran Media Sosial Destinasi Pariwisata Menggunakan Pendekatan SOSTAC. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 5(2), 57–75. https://doi.org/10.34013/jk.v5i2.408

Hidayanti, F, K. (2020). Memahami Brand Credibility, Bentuk Kepercayaan yang Penting untuk Puaskan Pelanggan. Glints.Com. https://glints.com/id/lowongan/brand-credibility-adalah/

Khairina, U. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Aceh Tengah Dalam Promosi Industri Wisata Lokal. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 5(1), 35-50.

Masyhadiah, & DI. (2017). Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Kabupaten Mamuju.

Novianti, sisca. (2014). Sisca Novianti, 2014 Strategi pengembangan atraksi wisata guna meningkatkan kunjungan wisatawan di kawasan wisata kampung cikidang di kabupaten Bandung Barat Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu |

Putra, M. R. A., Hidayatullah, M., Dahlan, D., Nurcahyani, S., & Zaindra, W. O. R. (2021). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi Desa Bahari Kabupaten Buton Selatan. Communnity Development Journal, 2(1), 121-126.

Puspasari, C., Malikussaleh, U., Sosial, F. I., & Universitas, P. (2018). Analisis Bauran Pemasaran Destinasi Pariwisata Kota Lhokseumawe. 7(September).

Ratri, D. (2022). Mengenal Apa Itu Personalized Marketing dan Strateginya. Qontak.Com. https://qontak.com/blog/personalized-marketing/#:~:text=Personalized marketing adalah strategi pemasaran,analisis%2C dan penggunaan teknologi otomatisasi.

Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76–83. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/130/85

Sari, Y. (2022). Pengembangan Objek Wisata Jembatan Lingkar Lapoili oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Buton Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Doctoral dissertation, Institut Pemerintahan Dalam Negeri).

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228.

Susanto, I., Heri, M., & Achmad, F. (2019). Dampak Strategi Pemasaran Pariwisata terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dalam Perspektif Ekonomi Islam. 3(1), 114–135.

Trihayuningtyas, E., Wulandari, W., Adriani, Y., & Sarasvati, S. (2019). Media Sosial Sebagai Sarana Informasi dan Promosi Pariwisata Bagi Generasi Z di Kabupaten Garut. Tourism Scientific Journal, 4(1), 1. https://doi.org/10.32659/tsj.v4i1.46

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271–278.

Widyawinata, R. (2022). Pahami 6 Bentuk Partnership Marketing untuk Sukseskan Campaign-mu. https://glints.com/id/lowongan/bentuk-partnership-marketing/.




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v4i2.28167

DOI (PDF): https://doi.org/10.15575/jim.v4i2.28167.g9327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats