PENGARUH KEBIJAKAN UPAH MINIMUM TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA PEREMPUAN DI INDONESIA

Iskandar Ahmaddien, Norma H. Sa'dia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji sistem pengupahan apakah tinjauan adil dan seimbang tentang gender dari pengaruh kebijakan Pemerintah tentang penentuan upah minimum terhadap penyerapan tenaga kerja perempuan di Indonesia. Sumber data utama digunakan: upah minimum provinsi (UMP), investasi, lapangan kerja, PDB, dan jumlah pekerja perempuan di Indonesia. Metode estimasi telah diterapkan pada data panel selama periode 2010-2017. Kesetaraan untuk mendapatkan tingkat upah yang serupa adalah hak semua pekerja, terlepas dari kesetaraan gender. Penentuan upah minimum telah secara positif memengaruhi tingkat penyerapan tenaga kerja perempuan dan sebaliknya.


Keywords


upah minimum, tingkat penyerapan, tenaga kerja, data panel.

Full Text:

PDF

References


Arfida. (2003). Ekonomi Sumber DayaManusia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Baltagi, B. H. (2005). Econometric Analysis of Panel Data. England: John Willey & Sons.

Bellante, D., & Jackson, M. (1990). Ekonomi Ketenagakerjaan. Jakarta: LPFEUI.

BPS. (tt). Keadaan Angkatan Kerja di Indonesia (Berbagai Tahun). Jakarta: BPS Pusat

BPS. (tt). Keadaan Pekerja/Buruh/Karyawan di Indonesia. (Berbagai Tahun). Jakarta: BPS Pusat.

BPS. (tt). Produk Domestik Regional Bruto Propinsi-Propinsi di Indonesia Menurut Lapangan Usaha. (Berbagai Tahun). Jakarta: BPS Pusat.

Buchari. (2015). Pengaruh Upah Minimum Terhadap Tenaga Kerja Paruh Waktu [Tesis]. Depok: Universitas Indonesia.

Dulkiah, M., Sulastri, L., & Irwandi, A. L. S. (2019). Corporate Social Responsibility (Csr) And Social Conflict Potencies In Mining Areas Community: Empirical Evidences From Indonesia. Journal Of Critical Reviews, 6(4), 52-56.

Gujarati, D. N. (2004). Basic Econometrics. New York: Mc Graw Hill.

Khakim, A. (2006). Aspek Hukum Pengupahan berdasarkan UU Nomor 13 Tahun 2003. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Mankiw, N. G. (2002). Teori Makroekonomi. Jakarta: Erlangga.

Maulidina, M. A. (2018). Pengaruh Upah Minimum Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Berpendidikan Rendah di Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 6(2).

Nasution, T. R. A. (2016). Analisis Dampak Kebijakan Upah Minimum Terhadap Pekerja Formal di Indonesia, 2011-2014 (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Riyadi, N. W. S. (2013). Minimum Wage and the Indonesian Labor Market. (Tesis, Universitas Indonesia).

Ruhiyat, C. (2000). Diskriminasi upah pekerja menurut jenis kelamin: analisis data Sakernas 1998. (Tesis, Universitas Indonesia).

Sidik, F. (2012). Analisis Dampak Kebijakan Upah Minimum Propinsi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Industri dan Perdagangan, Hotel, dan Restoran di Pulau Jawa pada Era Otonomi Daerah. (Skripsi, IPB).

Sitanggang, I. R. (2003). Dampak Struktur Ekonomi terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektoral di 30 Propinsi di Indonesia. (Tesis, Universitas Indonesia).

Sukirno, S. (2005). Mikroekonomi Teori Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syamsuddin, M. S. (2003). Efektivitas Penetapan Upah Minimum dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pekerja. Jakarta: Badan Penelitian, Pengembangan, dan Informasi Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Widarjono, A. (2005). Ekonometrika: Teori dan Aplikasi untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Ekonisia Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta.

Wulan, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja di Jawa Tengah (2005-2014). (Skripsi, Universitas Gajah Mada).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats