Implementasi Pengelolaan Investasi Dana Haji di Malaysia


Furkon Hidayatul Lukman(1*), Gina Fitriyani(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pengelolaan investasi dana haji yang dilakukan oleh negara malaysia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode study Pustaka dari berbagai sumber yang relevan dengan judul yang dibawa. Data diambil menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan tinjauan literatur yang relevan dan observasi terhadap suatu sumber yang dapat dijadikan acuan terhadap judul yang dibawakan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Malaysia dalam mengelola dana hajisejak lama telah menggunakan dana haji dalam bidang pembangunan. Dari jumlah keseluruhan dana haji Malaysia yang sudah tercatat sebesar Rp198,5 triliun, sebesar 9% masuk ke dalam real estate yang merupakan  investasi langsung. Sedangkan 17% penyesuaian dana obligasi juga dimanfaatkan sebagai investasi tidak langsung dalam pembangunan properti dan jenis proyek konstruksi lainnya.


Keywords


ibadah haji; keuangan haji; investasi; dan malaysia

Full Text:

PDF

References


Aziz , Mochamad Roikhan. “Comparative Study of Islamic Bonds in Indonesia and Malaysia on System Dynamics Approach”, Jurnal Ekonomi Kemasyarakatan Equilibirium, Vol. 5, No. 2 Jakarta. Http://www.stiead.ac.id. (January-April, 2008).

Aziz, Mochamad Roikhan. “Academic Literature, Haji Finance Management, Ministerial of Religious, Affair”, Directorate General of Haji, Jakarta. 2010.

IRTI. (1995). Tabung Haji As An Islamic Financial Institution. Jeddah: IRTI Islamic Development Bank.

Jabatan Perdana Menteri, Sejarah Perkembangan Tabung Haji Malaysia 30 Tahun, Kuala Lumpur: Utusan Printcorp, 1993.

Maslan, Aiza. “Peranan Lembaga Tabung Haji untuk Meningkatkan Ekonomi dan Perkhidmatan Haji Orang Melayu 1969–1984”. Melayu: Jurnal Antarabangsa Dunia Melayu Jilid 9 Bil. 2. 2016

Muneeza, A., Sudeen, A. S., Nasution, A., & Nurmalasari, R. (2018). Comparative Study of Hajj Fund Management Institutions in Malaysia, Indonesia and Maldives. International Journal of Management and Applied Research, 2018, Vol. 5, No. 3 , 120-134.

Noor, Kamariah Binti, “Sumbangan Lembaga Urusan dan Tabung Haji (LUTH) Kepada Masyarakat Islam di Malaysia” (Tesis S2, Jabatan Fiqh dan Usul, Akademi Pengajian Islam, Universiti Kebangsaan Malaysia, 10 Mac 1989)

Rongiyati, Sulasi. “Perspektif Yuridis Pengelolaan Dana Haji untuk Investasi Infrastruktur”. Info Singkat Vol. IX, No. 15/I/Puslit/Agustus/2017.

Tendelilin, Eduardus. “Analisis Investasi dan Manajemen Porofolio”. Yogyakarta: BPFE. (2010)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

 

 

 

 

 


Editorial Office:
S1 Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan A.H. Nasution No. 105, Cibiru
Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40614
Phone: 022- 7802276