Strategi Pelayanan Prima Pendaftaran Ibadah Haji di Kantor Kementerian gama Kota Cimahi

Authors

  • inggrid yaningrum UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Putri Diesy Fitriani UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/mjhu.v3i2.39036

Keywords:

Pelayanaan Prima, Pemahaman Staf, Pendaftaran Haji

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perencanaan, pemahaman staf, serta faktor pendukung dan penghambat strategi pelayanan prima di Kementerian Agama Kota Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kota Cimahi pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah menunjukkan bahwa strategi pelayanan prima dalam penyelenggaraan Haji dan Umrah di Kementerian Agama Kota Cimahi telah terealisasi melalui perencanaan yang mencakup ability, attitude, attention, action, dan accountability. Staf memahami elemen pelayanan prima seperti reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible. Faktor pendukungnya adalah kedisiplinan staf dan komitmen kerja. Faktor penghambatnya adalah keterbatasan tim dalam memahami IT. Beberapa kebijakan juga belum terealisasi secara efektif.

Downloads

Published

2025-04-24 — Updated on 2024-09-30

Versions

How to Cite

yaningrum, inggrid, & Fitriani, P. D. (2024). Strategi Pelayanan Prima Pendaftaran Ibadah Haji di Kantor Kementerian gama Kota Cimahi. Mabrur: Academic Journal of Hajj and Umra, 3(2), 191–210. https://doi.org/10.15575/mjhu.v3i2.39036 (Original work published April 24, 2025)

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.