Pemanfaatan Media Sosial Instagram untuk Membentukan Citra Lembaga Pendidikan Taulebih
DOI:
https://doi.org/10.15575/reputation.v9i2.37364Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pemanfaatan media sosial yang dilakukan Platform Digital Taulebih dalam membentuk citra lembaga, menggunakan konsep 4C yaitu context, communication, collaboration, connections. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan paradigma konstruktivisme. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat tahapan yang dilakukan Taulebih dalam memanfaatkan Instagram, untuk meningkatkan citra lembaga. Pertama, membuat pesan dan konten. Pembentukan pesan dibuat melalui tahapan brainstorming ide, menentukan jenis konten, mendesain konten, dan melakukan quality control. Kedua, yaitu berkomunikasi dengan audiens. komunikasi dengan audiens dibangun melalui tahapan membagikan konten dan memanfaatkan fitur Instagram. Ketiga, berkolaborasi dengan pihak eksternal. Langkah yang dilakukan dalam berkolaborasi yaitu mengidentifikasi dan memilih mitra, serta membuat kegiatan kolaboratif. Keempat, membangun dan menjaga hubungan dengan audiens dengan memanfaatkan fitur Instagram ads, membagikan konten secara konsisten, dan menerima feedback dan survey. Setiap lembaga memiliki peluang untuk membangun citra dengan memanfaatkan media sosial.



