Pembentukan Corporate Branding Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) CTARSA

Authors

  • Robby Al Dino Khoiri UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Zaenal Mukarom UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ahmad Fuad UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/reputation.v9i2.40275

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan strategi ZISWAF CTARSA dari aspek visi, budaya dan image tata kelola dan publikasi, program produktif dan transparansi, serta penerapan prinsip-prinsip syariah yang digunakan dalam meningkatkan kepercayaan publik. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipasi pasif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ZISWAF CTARSA telah melaksanakan Corporate Branding yang kuat. Dengan menekankan pada modernisasi tata kelola dan publikasi yang menekankan pada produktif dan transparan telah mendorong ZISWAF CTARSA untuk membangun sistem tata kelola yang lebih baik dan lebih akuntabel, sehingga semakin dapat diandalkan oleh masyarakat sebagai lembaga amil zakat yang profesional dan terpercaya. Kata Kunci : Corporate Branding, Model VCI, Lembaga Amil Zakat, Citra ABSTRACT This research aims to determine and analyze the implementation of the ZISWAF CTARSA strategy from the aspects of vision, culture and image of governance and publications, productive programs and transparency, as well as the application of sharia principles used to increase public trust. This research uses a case study method and data collection techniques through in-depth interviews and passive participant observation. The research results show that ZISWAF CTARSA has implemented strong Corporate Branding. By emphasizing the modernization of governance and publications that emphasize productivity and transparency, ZISWAF CTARSA has encouraged ZISWAF CTARSA to build a better and more accountable governance system, so that it can be increasingly relied on by the public as a professional and trustworthy zakat amil institution. Keywords : Corporate Branding, VCI Model, Amil Zakat Institute, Image

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Khoiri, R. A. D., Mukarom, Z., & Fuad, A. (2024). Pembentukan Corporate Branding Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) CTARSA. Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 9(2), 127–148. https://doi.org/10.15575/reputation.v9i2.40275

Citation Check

Most read articles by the same author(s)