Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (STAD) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pelajaran Qirāah dan Kitābah


Abdul Kodir(1*), Royhan Muhammad Syafiq(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Pesantren Persis Ciganitri Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Proses pembelajaran tentu akan berkembang mengikuti zaman, maka dari itu muncul lah model pembelajaran kooperatif. Tujuan model pembelajaran kooperatif ini adalah agar siswa selalu aktif dalam setiap proses pembelajaran, serta agar guru terus mencoba jenis pembelajaran yang cocok bagi siswa. Di kelas 11 IPA  MA Persis Ciganitri, para siswanya terlihat kurang bersemangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Terlihat hanya 44%-48% saja siswa yang aktif dalam mengerjakan tugas pada pemberlajaran Qirāah dan Kitābah. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif berjenis STAD diharapkan dapat meningkatkan semangat mereka. Dan setelah menerapkan model tersebut hasilnya pun meningkat menjadi 88%. Meskipun pada pelaksanaannya masih terdapat siswa yang mengandalkan siswa yang cerdas


Full Text:

PDF

References


Aini, Z. (2017). Pengaruh Perlakuan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tipe STAD Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Arabkelas VIII Di MTs Darussalam Ngembe Beji Pasuruan. JIE (Journal of Islamic Education), 2(1).

Amiruddin, A. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas 7 MTSS Darurrahman. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 1(3), 237–251.

Anam, S. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Cooperative Learning Model STAD. TURATS, 6(1).

Ardiansyah, A. A., & Muhammad, A. (2020). Implementation of Integrative Arabic Grammar (Nahwu & Sharaf) Curriculum in Islamic Boarding School. Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 3(3), 211–228. https://doi.org/10.22219/jiz.v3i3.13264

Hamid, A. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran STAD (Student Teams Achievment Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Qawaid Nahwiyah Peserta Didik Kelas VIII di MTs Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 8(2), 17–32.

Hanun, A., & Mukminin, A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Dalam Pembelajaran Insya’. Studi Arab, 10(1), 83–100.

Hidayati, F., & Arifa, Z. (t.t.). Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kreativitas Membaca Pemahaman Teks Bahasa Arab. National Seminar Applied Lingustics (NASAL), 180.

Ilmiani, A. M., Ahmadi, A., Rahman, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia Interaktif untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(1), 17–32. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1902

Imamuddin, I., & Uyuni, Y. R. (2019). Istikhdam Istiratijiyah Farq Al-Tahshil Al-Thalabiyah (ٍ STAD) Li Tarqiyah Saythirah Al-Thalamidz Ála Al-Qawaid Fi Al-Nahwu Al-Wadhih. al-Ittijah: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab, 11(2), 173–189.

Indraswari, R. (2014). Penerapan Paduan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Kooperatif Type Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 3(1).

Jannah, I. M. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Model Cooperative Learning. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), 10–24.

Mahmudi, I., Alfi, S., & Nor, A. (2022). Implementation of Student Team Achievement Divisions (STAD) Learning Methods to Improve Nahwu Learning Outcomes for Class 4 Students at KMI Darussalam Gontor Modern Islamic Boarding School for Girls. al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(1), 27–52.

Masqon, D., Suryadarma, Y., & Abdullah, A. F. (2017). Analisis Problematika Pembelajaran Insya’ Arabi at-Tahriri Santri Kelas Lima Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Di Pondok Modern Gontor Dua. At-Ta’dib, 12(2), 139. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v12i2.1100.

Masyudi, M. (2019). Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 247–262.

Muharamsyah, D., Hardhienata, S., & Entang, M. (2017). Penerapan model student teams achievement divisions (STAD) dan think pair square (TPS) untuk meningkatkan ketrampilan berbicara dan menulis bahasa arab pada siswa kelas X SMA Terpadu Al-Ma’shum Mardiyah Cianjur. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 27–37.

Muid, A., Ilmiani, A. M., & Fikri, A. (2021). Typology of Student Learning in Qira’ah Subject with Multiple Intelligence Perspective. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 5(1), 84–96.

Ni’ma, A. A. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 3(3), 72–78.

Osman, N., Noor, S. S. M., & Rouyan, N. M. (2022). The use of PowerPoint in developing multimedia-based teaching and learning materials for learning Arabic Language. 7.

Primaningtyas, M. (2016). Penerapan Cooperative Learning “Student Team Achievement Division” Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 5(2).

Priyono, D. J. (2022). Implementasi Metode Cooperative Learning Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Dalam Pembelajaran Qira’ah Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII C Di MTs Wahid Hasyim Balung. Lisan An Nathiq: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 128–145.

Shofa, A. (2017). Strategi STAD sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Yogyakarta I. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(2), 251–264.

Sutopo, L., & Wibowo, M. A. (2018). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI IPS-2 SMA Muhammadiyah 1 Kalirejo Lampung Tengah Tahun 2011. An Naba, 1(1), 1–13.

Utami, R. (2020). Ta’līm Al-Nahw Bi Madkhal Al-Ta’allum Al-Ta’āwunī Bi Uslūb (STAD) Bi Ma’had Dār Al-‘Ulūm Al-‘Ashrī Banda Aceh. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(2), 181–195. https://doi.org/10.15575/jpba.v4i2.10092

Wahyudi, M., & Hidayat, A. R. (2021). Strategi Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(3), 197–205.

Yahya, M., Maftuhati, M., Mustofa, A. H., & Arifa, Z. (2021). Online-Based Arabic Learning Management During the Covid-19 Pandemic Era: Plan, Implementation and Evaluation. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 9(1), 85–98. https://doi.org/10.23971/altarib.v9i1.2505




DOI: https://doi.org/10.15575/ta.v1i1.17306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.