Penerapan Media Gambar Pembelajaran Matematika Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Pada Materi Pokok Pecahan

Asep Alimudin Hidayat, Agus Hikmat Syaf, Juariah Juariah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang proses pembelajaran matematika yang menggunakan media gambar dalam pembelajaran di kelas VI MIN Cilengkrang Sumedang. Kemampuan pemahaman matematika siswa kelas  VI MIN Cilengkrang Sumedang setelah pembelajaran yang menggunakan media gambar dalam pembelajaran matematika pada tiap siklus, kemampuan pemahaman matematika siswa kelas VI MIN Cilengkrang Sumedang setelah pembelajaran yang menggunakan media gambar dalam pembelajaran pada seluruh siklus, sikap siswa kelas VI MIN Cilengkrang Sumedang selama pembelajaran matematika yang menggunakan media gambar dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Cilengkrang Sumedang dengan  subjek penelitian adalah siswa kelas VI  yang berjumlah 15 orang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sikap siswa terhadap pembelajaran matematika melalui penerapan media gambar dalam pembelajaran cukup baik. Disarankan untuk mencoba menerapkan media pembelajaran supaya lebih banyak alternatif pembelajaran demi meningkatkan kemampuan dalam penguasaan materi pecahan, kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Asrori, M. 2008. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Dadi Permana, A. 2008. Bersahabat dengan Matematika. Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI. Surabaya, JePe Press Media Utama.

Damayanti, S. 2002. Pengembangan Kemampuan Penalaran Komunikasi Matematika Siswa SLTP Melalui Pendekatan Open-Ended. (Skripsi). FPMIPA. UPI. Bandung: Tidak Diterbitkkan.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta:Depdiknas

Djumanta W. 2005. Mari Memahami Konsep Matematika. Untuk Kelas VII Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Bandung: Grafindo Media Pratama.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v1i2.2892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Analisa Has Indexed By:


View My Stats

Editorial Office:

3 rd floor Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training

Jalan Cimencrang, Cimenerang, Panyileukan, Cimencrang, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat 40292

Phone: 085723885877

e-mail: pmtk@uinsgd.ac.id

Journal Analisa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.