Model Pembelajaran RICOSRE untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Model Pembelajaran RICOSRE untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Authors

  • Arini Nur Arafah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Agus Hikmat Syaf UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rifa Rizqiyani UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.15575/ja.v11i2.51951

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kompetensi esensial yang menjadi perhatian pada tingkat internasional maupun nasional. Namun, temuan di lapangan mengindikasikan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang memerlukan penalaran tingkat tinggi, analisis, dan pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model Reading, Identifying, Constructing, Solving, Reviewing, and Extending (RICOSRE) dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas VIII di salah satu SMP di Kabupaten Bandung, yaitu kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran RICOSRE dan kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui pretest –posttest menggunakan tes uraian kemampuan pemecahan masalah matematis serta angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada kelas eksperimen berada pada kategori sedang, sedangkan kelas kontrol berada pada kategori rendah. Uji statistik mengungkapkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelas, sehingga model RICOSRE lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif pada tingkat SMP.

References

Aisyah, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 25–26.

Amalia, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE Berbasis Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Gaya Belajar. UIN Raden Intan Lampung.

Badriah, L., Mahanal, S., Lukiati, B., & Saptasari, M. (2023). Collaborative Mind Mapping- Assisted RICOSRE to Promote Students ’ Problem-Solving Skills. Participatory Educational Research (PER), 10(July), 166–180.

Charissudin, A., Farida, & Putra, R. W. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Animasi Menggunakan Aplikasi Swishmax. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 10–19.

Darmayanti, R., Tobroni, & Widodo, J. (2024). Filsafat dan Teori Pendidikan : Pembelajaran Matematika untuk Berfikit Kritis dan Kreatif. Penerbit Arab.

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601

Eka Putri, A., Heryanti, E., Zain, A., & Ningsih, P. (2022). Problem-solving ability : Implementation of RICOSRE learning models on environmental change topic. JPBI ( Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia ), 8(2), 95–104.

Fitriyah, S. L., & Haerudin. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 147–162. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2048

Hardianto, Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2023). The RICOSRE-FC potential in improving high school students’ critical thinking skills. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(1), 1–11.

Hidayati, D. W., Junaedi, I., Studi, P., Pendidikan, D., Alam, P., Semarang, U. N., Studi, P., Matematika, P., & Ivet, U. (2025). Studi Perbandingan Kurikulum Finlandia dan Indonesia : Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. 5(1), 1–21.

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Arif, W. P., & Prayitno, T. A. (2019). HOTS-AEP: Higher Order Thinking Skills from Elementary to Master Students in Environmental Learning. European Journal of Educational Research, 8(4), 935–942. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.935

IEA. (2024). TIMSS 2023 International Results in Mathematics and Science. International Association for the Evaluation of Educational Achievement.

Ilmiyah, Z., Nursit, I., & Walida, S. El. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Pakis (Vol. 16, Issue 25).

Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2017). Model Pembelajaran Ricosre yang Berpotensi Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 676–685. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9180/4435

Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2019). Potensi Model Pembelajaran RICOSRE dalam Meningkatkan High Order Thinking Siswa. 141–157.

Mahanal, S., Zubaidah, S., Sumiati, I. D., Sari, T. M., & Ismirawati, N. (2019). RICOSRE: A learning model to develop critical thinking skills for students with different academic abilities. International Journal of Instruction, 12(2), 417–434. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12227a

Maryono, I., & Saputri, R. O. (2019). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Habit of Mind Matematis melalui Teknik Self-Explanation. Jurnal Analisa, 5(2), 152–160. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index

OECD. (2023). PISA 2022 Results: What Students Know and Can Do. Organisation for Economic Co-Operation and Development.

Pamungkas, N. A. R. (2018). Penerapan Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa SMA. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan, 8(1), 127–142.

Rahmawati, D. P., Mahanal, S., & Lestari, U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE terhadap Keterampilan Berpikir Analitis pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(10), 1650–1654. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i10.15074

Setiawati, A., Pertiwi, C. M., & Hidayat, W. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Problem Based Learning, Platform Book Creator : Muatan Pembelajaran Inovatif Abad 21 Bagi Siswa SMP. 7(3), 555–566. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i3.23002

Sriyati. (2020). Pengaruh Model RICORSE (Reading, Identifying, Constructing, Solving, Reviewing, dan Extending) terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa. FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sumiati, I. D., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2018). Potensi Pembelajaran RICOSRE pada Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 03(10), 1319–1322.

Tobondo, Y. A. (2021). Pemanfaatan Sumber Belajar Beragam ( Teknologi Geogebra , Lingkungan Sekitar , dan Literatur Akademik ) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah , Berpikir Kreatif , dan Keterlibatan Mahasiswa dalam Pembelajaran Kontekstual : Pendekatan Library Rese. Jurnal Pandelo ’ e, 1(2), 8–19.

Downloads

Published

2025-12-05
Loading...