ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN KOTA BANDUNG

Authors

  • Mira Veranita Politeknik Piksi Ganesha Bandung
  • Dedeng Yusuf Maolani Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.15575/jispo.v8i2.3957

Keywords:

Public Service, Public Policy, Government

Abstract

This study aims to find out how the quality of service at the Bandung Fire Prevention and Control Agency. This study uses qualitative research methods with data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation studies. While the data processing and analysis techniques use triangulation. The results showed that the quality of service at the Bandung City Fire Prevention and Control Agency was measured through 4 (four) aspects, namely aspects of convenience, aspects of speed, aspects of accuracy, and security aspects tend not to run optimally. This can be seen from the large number of objects that cannot be saved during a fire event. Such as residential buildings, public buildings, kiosks, shoping centers and so on.

References

Angraini, Jum. (2012). Hukum Administrasi Negara. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Mukarom, Zaenal dan Muhibudin Wijaya Laksana. (2015). Menajemen Pelayanan Publik. Bandung: Pustaka Setia.

Pasalong, Harbani. (2012). Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeda

Ridwan, Juniarso dan Achmad Sodik Sudrajat. (2012). Hukum Administrasi Negara dan Kebijakan Pelayanan Publik. Bandung: Nuansa.

Silalahi, Ulber. (2012). Metode Penelitian Soasial. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Syaifudin, dkk. (2010).Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Ndraha, Talidziduhu. (2007). Pengantar Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta.

Suparman, Nanang. (2017). Kualitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPTPM) Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Jurnal Borneo Administrator, 13, 41-56.

Keputusan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan

Pelayanan Publik.

Peraturan Daerah Kota Bandung No. 05 Tahun 2013 Tentang Pembentukan Dan Susunan Organisasi Lembaga Teknis Daerah Kota Bandung.

Peraturan Walikota Bandung No. 297 Tahun 2013 Tentang Tugas Pokok, Fungsi, Uraian Tugas dan Tata Kerja Dinas Pencegahan dan

Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung,.Menyelenggarakan

Pemerintahan Bidang Perumahan Urusan Penanggulangan Kebakaran.

Peraturan Daerah Kota Bandung No. 08 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Bandung.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 26/ PRT/ M/ 2008 Tentang

Persyaratan Teknis Sistem Proteksi Kebakaran Pada Bangunan Gedung dan Lingkungan.

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Downloads

Published

2018-12-19

How to Cite

Veranita, M., & Maolani, D. Y. (2018). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN KOTA BANDUNG. JISPO Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(2), 277–290. https://doi.org/10.15575/jispo.v8i2.3957

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.