Takhtīt Barnāmij al-Lughah al-‘Arabiyyah fī ‘Imārah al-Lughah bi Ma’had Salafiyyah Syāfi’iyyah Situbondo


Ayu Desrani(1*), Faidatul Hasanah(2), Zakiyah Arifa(3)

(1) Sekolah Tinggi Agama Islam Sabili Bandung, Indonesia
(2) UIN Maulana Malik Ibrahim, Indonesia
(3) UIN Maulana Malik Ibrahim, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini: pertama, untuk mengetahui jenis program pesantren di Pondok Pesantren Salafiyyah Syafi'iyyah Situbondo. Kedua, untuk mengetahui perencanaan program yang ditawarkan di Pesantren Salafiyyah Syafi'iyyah Situbondo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara dengan kepala pondok pesantren. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menginformasikan beberapa hal; 1) Jenis kegiatan: mufrodat, al-barqi, khitobah (khitobah, khitobah akbar), membaca kitab, menghafal, insha', studi klub, lomba (membaca kitab dengan menghafal hadis arbain, mufrodat dan mc, membaca berita, iklan, khitobah, debat, dan drama). 2) Program bahasa Arab di asrama bahasa menggunakan analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman) dengan jenis perencanaan jangka pendek yaitu dalam satu tahun berupa rencana operasional untuk mencapai tujuan jangka panjang.


Full Text:

PDF

References


Abdulhak, I. (2012). Penelitian Tindakan Dalam Pendidikan Non Formal. Jakarta: PT RajaGrafindo Pustaka.

Anderson, L. (2000). Bloom ’ s Revised Taxonomy : Cognitive , Affective , and Psychomotor.

Arsyad, A. (2014). Manajemen Pembelajaran. In Bab Ii Kajian Teori.

Budi, wahyu setia. (2018). Manajemen program pembelajaran bahasa arab di pondok pesantren darussalam.

Ernawati, E. (2018). Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi Pariwisata. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(1), 15–37. https://doi.org/10.15408/a.v5i1.7515

Fachrurrozi, A. (2018). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: CV Lisan Arabi.

Huberman. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi. jakarta: UI-PRESS.

Ismail. (2005). Makalah Visi dan Misi Depag. surabaya: Balai Diklat Pegawai Teknis Keagamaan.

Kuswana, wowo sunaryo. (2012). taksonomi kognitif perkembangan ragam berpikir. bandung: PT Remaja Rosdakrya.

Mayantara. (2019). Manajemen Perencanaan Program Bahasa Arab Di Mayantara School Malang. 11(1), 176–190.

Moloeng, lexi j. (2014). Metode penelitian kualitatif. bandung: PT Remaja Rosdakrya.

Muhibbin, S. (2007). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakrya.

Mulyono. (2008). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nuha, U. (2012). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.

Nyimas Lisa Agustrian, Rizkan, M. I. (2018). Manajemen Program Life Skill Di Rumah Singgah Al-Hafidz Kota Bengkulu. Journal of Community Development, 1(1), 7–12.

Pringgawidagda, S. (2002). Strategi Penguasaan Berbahasa. Bandung: Adicita.

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Rosyid, M. K. (2019). Manajemen Perencanaan Pembelajaran Aktif di Lembaga ‎Kursus Bahasa Arab Al-Azhar Pare Kediri. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 3(1), 1. https://doi.org/10.18326/lisania.v3i1.1-20

Sofian, E. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3S.

Sunhaji, S. (1970). Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.551

Suroso. (2004). metode menghafal cepat dan meningkatkan kemampuan memori. bandung: SIC.

Sanah, S., Ghazali, D. A., & Hafair, A. (2020). Istikhdām Namūdzaj Al-Ta’līm ‘Alā Asās Hilli Al-Musykilāt Fī Ta’līm Al-Nahw Al-‘Arabī Li Tarqiyah Natījah Ta’līm Al-Thalabah FīhI. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(1), 87–105. https://doi.org/10.15575/jpba.v4i1.8423

Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1788

Triwiyanto, T. (2013). Pemetaan mutu manajemen berbasis sekolah melalui audit manajemen pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v5i1.12337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.