Model Pengembangan Keterampilan Berbahasa Arab di Pesantren


Siti Sanah(1*), Odang Odang(2), Yuni Lutfiyani(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Pesantren Al-Ishlah Tajug Indramayu, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Eksistensi pondok pesantren dalam pembelajaran bahasa Arab terlihat dari keberhasilan pondok pesantren dalam mencetak generasi muda yang mampu berbahasa Arab serta menguasai empat keterampilan berbahasa Arab secara proporsional. Dalam praktiknya, pondok pesantren menggunakan model pembelajaran yang dianggap efektif untuk melatih dan meningkatkan keterampilan berbahasa Arab santri, oleh karena itu penelitian model pengembangan keterampilan berbahasa Arab di pondok pesantren penting dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pengembangan keterampilan berbahasa Arab di pondok pesantren modern. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif komparatif, jenis datanya terbagi menjadi data primer yang berupa data inti dari beberapa lokus penelitian dan data sekunder yang berupa sumber literasi yang berkaitan dengan penelitian, adapun teknik mengumpulkan datanya adalah melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan langkah analisis datanya dimulai dari reduksi data, penyajian data, hingga pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga pondok pesantren modern yang menjadi lokus penelitian ketiganya menggunakan model imigram dalam menjalankan program kebahasaan dalam rangka meningkatkan empat keterampilan berbahasa Arab santrinya, yang pada intinya model ini mengusahakan keseimbangan antara pengetahuan kebahasaaraban santri dengan praktik berbahasa arab mereka. Penelitian ini dapat menjadi salah satu rujukan dalam rangka mengembangkan model pembelajaran empat keterampilan berbahasa Arab ditengah inovasi pendidikan era modern ini.


Full Text:

PDF

References


Abdillah, R., Abdurakhman, O., & Maryani, N. (2018). Model Pembelajaran Instruksional Di Pesantren Modern. Tadbir Muwahhid, 2(1), 46–59. https://doi.org/10.30997/jtm.v2i1.1146

Ansori, M. (2021). Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41–50. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.32

Ardiansyah, A. A. (2020). Implementasi Metode Ibtidai Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Hidayaytul Mubtadiien Majalengka. al-Ittijah: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.32678/al-ittijah.v12i01.1329

Arif, M. (2019). Metode Langsung (Direct Method) dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Lisan, 4(1), 44–56. https://doi.org/10.30603/al.v4i1.605

Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Arab dengan Pendekatan Komprehensif. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 56–71. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344

Desrani, A., Hasanah, F., & Arifa, Z. (2021). Takhtīt Barnāmij al-Lughah al-‘Arabiyyah fī ‘Imārah al-Lughah bi Ma’had Salafiyyah Syāfi’iyyah Situbondo. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 5(1), 61–73. https://doi.org/10.15575/jpba.v5i1.12337

Fitriyah, L., Marlina, M., & Suryani, S. (2019). Pendidikan Literasi pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(1), 20–30. https://doi.org/10.30599/jti.v11i1.351

Habibah, N. (2016). Lingkungan Artifisial dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 3(2), 173–196. https://doi.org/10.15408/a.v3i2.4038

Habibi, B. Y. (2019). Integrasi Kurikulum Bahasa Arab Pesantren Tradisional Dan Modern Di Madrasah Aliyah Program Keagamaan. Arabi: Journal of Arabic Studies, 4(2), 151–167. https://doi.org/10.24865/ajas.v4i2.178

Hanani, N. (2022). Model Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Salaf Kediri Dan Kontribusinya Terhadap Kemampuan Membaca Teks Berbahasa Arab Bagi Santri. Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, 13(1), 81–96. https://doi.org/10.30762/realita.v13i1.54

Haniefa, R. (2022). Implementasi Model Penilaian Hots (Higher Order Thinking Skills) Pada Penilaian Empat Keterampilan Berbahasa Arab. Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 1(1), 49–71. https://doi.org/10.53038/tlmi.v1i1.11

Hanun, A. (2019). Ilqo’; Strategi Peningkatan Keterampilan Berbicara Di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah. Studi Arab, 9(2), 237–248. https://doi.org/10.35891/sa.v9i2.1303

Hasan, A. A. (2020). Arabic Language Learning Curriculum Islamic Boarding School System. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(2), 138–152. https://doi.org/10.15575/jpba.v4i2.9985

Hasanuddin, M. I., & Sudirman, S. (2020). Transformasi Elemen Pesantren Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Pesantren As’adiyah Sengkang: Kontinuitas Dan Perubahan. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 103–118. https://doi.org/10.24256/iqro.v3i1.1432

Hermawan, A. (2018). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab dengan Pendekatan Komunikatif – Intraktif. Alfabeta.

Mahyudin, E. (2014). Model Pembelajaran Diskoveri Sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(2), 195–208. https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1139

Maskur, A., & Anto, P. (2018). Metode Pembelajaran Bahasa Asing Arab di Pondok Pesantren Modern. El-Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 63–68. https://doi.org/10.54125/elbanar.v1i1.10

Musthafa, I., & Hermawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab: Konsep Dasar Strategi Metode Teknik. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S., & Zulheddi, Z. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teori Konstruktivisme Di Perguruan Tinggi. Arabi : Journal of Arabic Studies, 3(2), 121–136. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i2.96

Nurcholis, A., Sirad, M. C., Harianto, B., & Hidayatullah, S. I. (2020). The Ontology Of Arabic Curriculum At Pesantren Attahdzib Jombang. Arabi : Journal of Arabic Studies, 5(2), 153–165. https://doi.org/10.24865/ajas.v5i2.247

Ritonga, M., Nazir, A., & Wahyuni, S. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kota Padang. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.15408/a.v3i1.2879

Rosyid, M. F. (2020). Pengembangan Bīah Lughawiyyah Oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Di IAIN Pekalongan. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(1), 25–40. https://doi.org/10.15575/jpba.v4i1.8185

Rozak, A. (2018). Modernisme Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pesantren Di Rangkasbitung Banten. Arabi: Journal of Arabic Studies, 3(2), 167–180. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i2.110

Sanusi, H. P., & Sanah, S. (2019). Optimalisasi Manajemen Program Bi’ah Lughawiyah Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Berbahasa Arab. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 2(1), 11–24. https://doi.org/10.15575/isema.v2i1.4993

Siregar, Z. U., & Nurhakim, A. R. (2018). Implementasi Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.15575/jpba.v2i2.9550

Syafe’i, I. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61–82. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097

Syarifah, S., & Juriana, J. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Al-Islam dan Darul Abror (Antara Tradisional dan Modern). Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 6(2), 142–169. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i2.1411

Tajuddin, S. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Siswa. Parameter: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(2), 200–215. https://doi.org/10.21009/parameter.292.08

Windariyah, D. S. (2018). Kebertahanan Metode Hafalan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 309–324. https://doi.org/10.52166/talim.v1i2.954

Yusuf, M., & Wekke, I. S. (2015). Active Learning on Teaching Arabic for Special Purpose in Indonesian Pesantren. The Proceedings of 6th World Conference on Educational Sciences, 191, 137–141. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.245




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v6i2.20164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.