Tashawwurāt Al Thalabah ‘An Ta’līm Al Qawā’id Al ‘Arabiyyah Wa Ta’allumihā Al Qāim ‘Alā Al Kharāith Al Dzihniyyah Ba’da Jāihah Covid-19


Wa Muna(1), Hamzah Hamzah(2*), Aminudin Aminudin(3), Fikriyah Mahyaddin(4), Zulaeha Zulaeha(5)

(1) IAIN Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia
(2) Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Indonesia
(3) IAIN Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia
(4) STAIN Majene Sulawesi Barat, Indonesia
(5) IAIN Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengajaran tata bahasa Arab di era pandemi Covid-19 berbasis internet di Indonesia tidak sepenuhnya mendukung penggunaan dan pemanfaatannya oleh semua perguruan tinggi dalam proses belajar mengajar di dalamnya kecuali penggunaannya secara mengejutkan dan otomatis sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan. Tidak memungkinkan proses belajar mengajar berlangsung tanpa Internet. Ini adalah ketika siswa mengklaim bahwa mereka kehilangan banyak hal di universitas dalam hal memahami materi pelajaran, uang mereka, dan waktu mereka yang berharga. Dalam hal ini peneliti menelusuri hal tersebut bertujuan untuk mengetahui tanggapan dan persepsi mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab STAIN Majene Sulawesi Barat terhadap proses belajar mengajar tata bahasa Arab berdasarkan peta mental yang diajarkan dan dipelajari oleh mereka di universitas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan untuk jenisnya merupakan penelitian survei yang dilakukan oleh peneliti di kalangan mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Metode pengumpulan dilakukan dengan mengisi kuesioner yang dibagi kepada mereka untuk mengetahui tanggapan dan persepsi mereka tentang proses belajar mengajar berdasarkan pengajaran di universitas secara luring setelah pandemi Covid 19. Adapun persepsi mereka tentang pengajaran dan pembelajaran berdasarkan itu, mereka menyebutkan bahwa itu dapat memudahkan mereka untuk memahami mata pelajaran yang dipelajari di universitas dengan cepat dan efisien. Selain itu, mereka menyatakan sangat efektif dan menghemat waktu dalam memahami materi pelajaran.


Full Text:

PDF

References


Alfiani, S. (2021). Problematika dan Solusi Pembelajaran Daring Bahasa Arab via WhatsApp Group. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 133–147. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i2.4242

Al-Ghubaiwiy, T. bin A. (2018). Fa’aliyah Istratijiyah al-Kharait al-Dhzihniyah fi Tanmiyah al-Mafahim al-‘Aqidiyah li Thullab al-Marhalah al-Mutawassithah bi al-Mamlakah al-‘Arabiyah al-Sa’udiyah. IUG Journal of Educational and Psychology Sciences, 26(2), 214–243. https://journals.iugaza.edu.ps/index.php/IUGJEPS/article/view/2721

Arsyad, B., Sarif, S., & Khasriani, S. (2021). Persepsi Guru dan Siswa terhadap Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Mind Mapping. A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 10(1), 116–129. http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.10.1.116-129.2021

Assegaf, T. (2022). Istikhdām al-Kharīthah al-Dhzihniyah fī Ta’līm al-Sharf fī Madrasah Mu’allimah Khadījah al-Kubra lil Banāt Malang [Desertasi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/36589/

Binti Jasni, N. S., & Ardiansyah, A. A. (2020). Arabic Learning Based On E-Learning Using Arabic Teacher Website In The Pandemic Era Of Covid-19. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(2), 122–137. https://doi.org/10.15575/jpba.v4i2.8601

Corinna, D. F., Rembulan, I., & Hendra. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Secara Daring Studi Kasus: Mahasiswa Program Studi Bahasa Dan Kebudayaan Arab Universitas Al-Azhar Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6, 569-578. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/691

Dian Rahmawati, R., & Shofiyani, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Qawaid (Studi Kasus: SMP Unggulan NU Mojoagung Jombang). Jurnal Education And Development, 7(3), 79–83. https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1184

Fahmi, N., & Muta’ali, A. (2021). Problematika dan Solusi Pembelajaran Bahasa Arab Daring Siswa SMP IT Insantama Bogor. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7), 2028–2039. http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i7.2021.2028-2039

Faruk Azhari, J., & Ishbir, M. (2020). Upaya Guru dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Daring di MA Al-Falah Tlanakan. Subulana: Journal Of Education and Islamic Studies, 3(2), 33–48. https://doi.org/10.47731/subulana.v3i2.33

Febriani, S. R., & Anasruddin, A. (2020). Technology For Four Skills Arabic In The Era Emergency Of Covid-19 In Indonesia. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.15575/jpba.v4i1.8221

Fu’adah, S. (2021). Penggunaan Strategi Mind Mapping Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.35316/lahjah.v2i1.30-39

Ilmiani, A. M., Ahmadi, A., Rahman, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia Interaktif untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(1), 17–32. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1902

Khomsah, A. F., & Muassomah, M. (2021). Penerapan E-learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v6i1.4300

Mabruri, M., & Hamzah, H. (2020). Pemanfaatan Media Microsoft Power Point dalam Pembelajaran Kemahiran Berbahasa Arab pada Era Digital. Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 11–22. https://doi.org/10.36915/la.v1i1.2

Mahmudah, M., Murtadho, N., & Mahliatussikah, H. (2017). Tathwīr Kitāb al-Balāghah al-Dirāsīy bi Istikhdām al-Kharīthah al-Dhzihniyah li Qismi al-Adab al-‘Arabiy Jāmi’ah Malang al-Hukūmiyah. Al-Arabi: Journal Of Teaching Arabic As a Foreign Language, 1(2), 16–32. http://dx.doi.org/10.17977/um056v1i2p16-32

Mahmudi, I., Aimmah, S., Saputro, M. N., & Darajat, A. M. (2022). Fa‘āliyah Istirātījiyyah Fakkr, Takallam, Uktub Wa Romyu Kurratu Salji Li Tarqīyati Natījah Thullāb Fī Mādah Al-Insyā’ Bi Ma’hadi “Ar-Risālah.” Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 6(1), 19–35. https://doi.org/10.15575/jpba.v6i1.14827

Musthafa, I., & Hermawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab: Konsep Dasar Strategi Metode Teknik. Remaja Rosdakarya.

Nurjanah, N. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Secara Daring: Siswa MTsN 1 Tanjung Jabung Timur Di Nipah Panjang. Jurnal Literasiologi, 7(2), 1–12. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i2.275

Rasmuin, R., & Nafisah, D. (2019). The Implementation Of Mind Mapping In Tarkib Learning To Improve Student Learning Outcomes. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 11(2), 159-168. https://doi.org/10.35445/alishlah.v11i2.151

Sa’diyah, L. F. (2019). Istikhdām al-Kharīthah al-Dhzihniyah fī Ta’līm al-Lughah al-‘Arabiyah li Thullāb al-Madrasah al-Tsānawiyah al-Islāmiyah Sunan Kalijogo Malang. [Desertasi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/14955/

Sayyid Rehab, A. A.-S. A., Amin, A. ’Abbas, & Mohammed Husain Mohammed, S. (2018). Istikhdām al-Kharāit al-Dhzihniyah al-Raqmiyah fī Tadrīs al-Lughah al-‘Arabiyah. Majallah al-‘Ulum al-Tarbawiyah (Fakultas Tarbiyah-Kenya), 34(34), 87–103. https://doi.org/10.21608/maeq.2018.141263

Seena, E. & Nashirudin. (2019). Eksperimentasi Metode Mind Map pada Pembelajaran Nahwu Bahasa Arab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 85–100. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-05

Siswanto, I. (2018). Upaya Meningkatan Qawa’id Bahasa Arab Melalui Model Pembelajaran Mind Map Di Prodi Ekonomi Syari’ah. AL-Muqayyad, 1(1), 60–72. https://doi.org/10.46963/jam.v1i1.50

Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Alfabeta.

Zahiruddin, M. D. (2018). Istikhdām al-Kharāit al-Dhzihniyah fī Ta’līm al-Nahwi li Talāmidz Madrasah al-Kautsar al-Dīniyah Dukuh Kutaraja Pandaan. [Tesis, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/14836/

Zahroh, T. A. (2022). Istikhdām al-Kharīthah al-Dhzihniyah fī Fahm al-Sharf li Thullāb Qism Ta’līm al-Lughah al-‘Arabiyah fī Jāmi’ah Maulana Malik Ibrahim Malang al-Islāmiyah al-Hukūmiyah Malang [Tesis, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/35679/




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v6i2.20264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.