Fa’āliyah Mind Mapping Li Tarqiyah Natāij Ta’allum Al Thalabah Fī Mādah Al Nahwi


Ifa Rofidah Nur(1*), Fairuz Subakir Ahmad(2), Haulia Husna(3), Nahla Tailakh(4)

(1) UNIDA Gontor, Indonesia
(2) UNIDA Gontor, Indonesia
(3) UNIDA Gontor, Indonesia
(4) Majmu'ah Muassasat Cordoba, Germany
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengajaran bahasa asing membutuhkan metode dan strategi yang efektif, mind mapping merupakan salah satu metode pengajaran yang efektif, sehingga peneliti menggunakan metode ini untuk mengajarkan nahwu pada santriwati kelas 3. Selain pembelajaran di dalam kelas kegiatan latihan, pembiasaan, dan pengulangan di luar kelas juga sangat diperlukan guna menunjang keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar nahwu siswi kelas 3 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri kampus I. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan jumlah sampel sebanyak 39 siswi. Pelaksanaan penelitian terdiri dalam dua siklus, untuk setiap siklus terdapat empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan Mind Mapping efektif untuk meningkatkan hasil belajar nahwu pada siswi kelas III F Pondok Modern Darussalam Gontor Putri kampus 1, persentase keberhasilan siswi sebelum penerapan mind mapping adalah 26% dari 39 siswa, presentase keberhasilan ini naik pada siklus pertama yaitu  76%, dan pada siklus kedua naik menjadi 85%.


Full Text:

PDF

References


Al-Ghubaiwiy, T. bin A. (2018). Fa’aliyah Istratijiyah al-Kharait al-Dhzihniyah fi Tanmiyah al-Mafahim al-‘Aqidiyah li Thullab al-Marhalah al-Mutawassithah bi al-Mamlakah al-‘Arabiyah al-Sa’udiyah. IUG Journal of Educational and Psychology Sciences, 26(2), 214–243. https://journals.iugaza.edu.ps/index.php/IUGJEPS/article/view/2721

Ardiansyah, A. A., & Aziz, A. A. (2019). Taisīr An-Naḥwi al Ta’līmī lī Garḍ Qirāati An-Nuṣūṣ Al-‘Arabiyyah Gair al-Masykūlah. LISANUDHAD, 6(2), 86–110. https://doi.org/10.21111/lisanudhad.v6i2.3478

Arifin, Z., Febriani, S. R., & Anasruddin, A. (2021). Using Bloom’s Taxonomy in Arabic Learning Media to Elevate Student’s Writing in Covid-19 Situation. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.23971/altarib.v9i1.2530

Arsyad, B., Sarif, S., & Khasriani, S. (2021). Persepsi Guru dan Siswa terhadap Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Mind Mapping. A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 10(1), 116–129. http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.10.1.116-129.2021

Azizah, F. R. (2020). Mind Map Dalam Pembelajaran Ketrampilan Membaca Pemahaman Teks Bahasa Arab. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 9(2), 156–167. https://doi.org/10.15294/la.v9i2.34436

Desrani, A., Hasanah, F., & Arifa, Z. (2021). Takhtīt Barnāmij al-Lughah al-‘Arabiyyah fī ‘Imārah al-Lughah bi Ma’had Salafiyyah Syāfi’iyyah Situbondo. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 5(1), 61–73. https://doi.org/10.15575/jpba.v5i1.12337

Fu’adah, S. (2021). Penggunaan Strategi Mind Mapping Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.35316/lahjah.v2i1.30-39

Hamid, M. A., Widayanti, R., Febriani, S. R., Desrani, A., & Yasmadi, Y. (2022). Investigating Arabic Foreign Learning In Indonesian Context: It’s Necesity Or It’s The Demand? Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 5(2), 549–562. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v5i2.15059

Hamidah, M. H., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Hots Menggunakan Aplikasi “Quizizz.” Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 18(1), 105–124. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v18i1.36997

Kosim, N., & Fitriyyah, Z. (2020). Itqānu Al-Thulāb Li Tahlīl Al-Alfādz Nahwiyān Wa Sharfiyān Fī Darsi Al-Tarkīb Wa ‘Alāqatuhu Biqudratihim ‘Alā Qirāah Al-Nushūsh Al-‘Arabiyyah. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(2), 196–211. https://doi.org/10.15575/jpba.v4i2.8171

Li, Y. (2020). Second Language Learning and Its Relationship with the Third Language Learning: Statistical Study. Journal of the College of Education for Women, 31(1), 38–50. https://doi.org/10.36231/coedw.v31i1

Ma’arif, A. S. (2017). Sighah Ikhtibarat al-’Arabiyyah fi Dui al-Ikhtibar al-Mutqn (TOAFL). Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 9(2), 160–173. https://doi.org/10.24042/albayan.v9i2.2233

Munawaroh, E. (2020). Qudratu Al Thalabah ‘Alā Fahmi Kitāb Mukhtashor Al Qow Ā’id Al Nahwiyyah Wa Al Shorfiyyah “Mata” Wa ‘Alā Qatuha Biqudratihim ‘Alā Qir Ā Ah Al Nushūsh Al ‘Arabiyyah. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(2), 121–135. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.7641

Musthafa, I., & Hermawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab: Konsep Dasar Strategi Metode Teknik. Remaja Rosdakarya.

Nur, I. R., & Rini, F. S. (2017). Penerapan Metode Langsung Dalam Pengajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo. Khadimul Ummah, 1(1), 1–8. http://dx.doi.org/10.21111/ku.v1i1.1417

Nur, I. R., & RU, N. I. (2021). The Effectiveness Of Durus Al-Lughah Gontory Application As Interactive Mobile Learning In Teaching Arabic. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, XIII(1), 744–749. http://www.prosiding.imla.or.id/index.php/pinba/article/view/311

Nurmiati, N. (2020). Implementasi Model Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Pada Peserta Didik di MAN Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 423–438. https://doi.org/10.58230/27454312.57

Qurnati, T. (2015). Al-Taqyīm wa Najāh Ta’līm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah. Lisanuna : Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 3(1), 16–35. http://dx.doi.org/10.22373/ls.v3i1.3758

Ramadhan, A. T. (2020). Sejarah Generasi Awal Madrasah Nahwu Bashrah dan Pengaruhnya terhadap Metode Pengajaran Nahwu di Mesir. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 9(2), 243–256. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i2.5634

Rois, I. N., & Putri, F. R. (2020). Penerapan Strategi Mind Mapping dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Mutaqaddim. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6(6), 75–86. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/677

Sa’diyah, L. F. (2019). Istikhdām al-Kharīthah al-Dhzihniyah fī Ta’līm al-Lughah al-‘Arabiyah li Thullāb al-Madrasah al-Tsānawiyah al-Islāmiyah Sunan Kalijogo Malang. [Desertasi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/14955/

Sanah, S., Ghazali, D. A., & Hafair, A. (2020). Istikhdām Namūdzaj Al-Ta’līm ‘Alā Asās Hilli Al-Musykilāt Fī Ta’līm Al-Nahw Al-‘Arabī Li Tarqiyah Natījah Ta’līm Al-Thalabah Fīhi. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(1), 87–105. https://doi.org/10.15575/jpba.v4i1.8423

Sayyid Rehab, A. A.-S. A., Amin, A. ’Abbas, & Mohammed Husain Mohammed, S. (2018). Istikhdām al-Kharāit al-Dhzihniyah al-Raqmiyah fī Tadrīs al-Lughah al-‘Arabiyah. Majallah al-‘Ulum al-Tarbawiyah (Fakultas Tarbiyah-Kenya), 34(34), 87–103. https://doi.org/10.21608/maeq.2018.141263

Seena, E. & Nashirudin. (2019). Eksperimentasi Metode Mind Map pada Pembelajaran Nahwu Bahasa Arab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 85–100. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-05

Sehri, A. (2010). Metode Pengajaran Nahwu Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 7(1), 47–60. https://doi.org/10.24239/jsi.v7i1.108.47-60

Siswanto, I. (2018). Upaya Meningkatan Qawa’id Bahasa Arab melalui Model Pembelajaran Mind Map di Prodi Ekonomi Syari’ah. Al-Muqayyad, 1(1), 60–72. https://doi.org/10.46963/jam.v1i1.50

Suryadarma, Y., Fitriasari, R., & Rachman, F. (2022). Tabīqu Istirātijiyyati Al-Ta’līmi “Al-Khorīthah Al-Dhihniyyah” li Raf’i Hamāsati Al-Thullāb wa Natījatu Ta’allumihim fī Darsi Al-Nahwi Al-’Arabiy. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 79–90. https://doi.org/10.35316/lahjah.v3i2.79-90

Syafrizal, S., Fitriani, U. I., & Gailea, N. (2018). The Effectiveness of using Mind Mapping Strategy and Making Inference toward Students’ Vocabulary Achievement. International Journal of English Literature and Social Sciences, 3(4), 638–648. https://doi.org/10.22161/ijels.3.4.22

Syimah, N. (2017). Al- Al’āb Al-Lughawiyyah fī Ta’līm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah (Al-Nadzhariyyah Al-‘Āmah Listikhdam Al-Al’āb fī Al-Ta’līm). An Nabighoh, 16(2), 257–277. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/an-nabighoh/article/view/624

Wahab, L. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Qawaid Bahasa Arab Berbasis Mind Map untuk STAIN Kendari. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 9(2), 65–90. http://dx.doi.org/10.31332/ai.v9i2.157

Zahiruddin, M. D. (2018). Istikhdām al-Kharāit al-Dhzihniyah fī Ta’līm al-Nahwi li Talāmidz Madrasah al-Kautsar al-Dīniyah Dukuh Kutaraja Pandaan. [Tesis, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/14836/




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v6i2.20278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.