Tathbīq Al Fīdiyū Al Ta’līmī Bi Uslūb SYIW (Sharing To Youtube, Instagram, And Whatsapp) Fi Ta’līm Al Mufrādāt Li Tarqiyah Istī’āb Al Talāmīdz ‘Ala Ma’nāhā


Astri Anisa(1*), Acep Hermawan(2), Ilyas Rifai(3), Zeinab Roostaei(4)

(1) MIT Ar-Rifqi Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(4) University of Science and Education of The Holy Quran, Iran, Islamic Republic of
(*) Corresponding Author

Abstract


Media SYIW (Sharing to Youtube, Instagram, and Whatsapp) merupakan sarana media utama yang dirancang untuk membantu kegiatan pembelajaransehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan dari segi tenaga, waktu dan biaya, terutama dalam situasi sulit covid-19. Karena pada kemyataannya, penguasaan siswa terhadap makna mufradat masih rendah dan belum mencapai nilai minimal. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui penguasaan siswa terhadap pemahaman makna mufradat sebelum dan setelah penerapan video pembelajaran dengan teknik SYIW dan mengetahui pengaruh diantara keduanya. Adapun penggunaan metode pada penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain eksperimen murni. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan tes. Dan hasil yang didapat 1) penguasaan siswa terhadap pemahaman makna mufradat sebelum penerapan video pembelajaran dengan teknik SYIW mencapai derajat yang baik dengan nilai rata-rata 77.83 dari pre test; 2) setelah penerapan video pembelajaran dengan teknik SYIW mencapai derajat yang baik sekali dengan nilai rata-rata 83.04 dari post test; 3) dan pengaruh penguasaan siswa terhadap makna mufradat bahwa nilai t hitung > t tabel yaitu 2.74 > 2.01. Singkatnya, bahwa penerapan video pembelajaran dengan teknik SYIW berpengaruh pada penguasaan siswa terhadap pemahaman makna mufradat.


Full Text:

PDF

References


Albantani, A. M., & Madkur, A. (2017). Musyahadat Al Fidyu: Youtube-Based Teaching And Learning Of Arabic As Foreign Language (AFL). Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan, 17(2), 291–308. https://doi.org/10.21093/di.v17i2.854

Albantani, A. M., Mubarak, M. R., Rozak, Abd., & Ardiansyah, A. A. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Fiqh Lughah Melalui Google Classroom. Arabi : Journal of Arabic Studies, 6(1), 26-38. https://doi.org/10.24865/ajas.v6i1.353

Ali, Q. M. S., Halimah, F. N., & Maryani, N. (2022). Istikhdām Wasīlah Tadwīr Al-Kurrah Fi Ta’līm Al-Mufradāt Al-‘Arabiyyah Wa Atsaruhu Fī Qudrah Al-Talāmīdz ‘Alā Al-Hiwār Al-‘Arabi. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.15575/jpba.v6i1.16351

Arifin, A. (2017). Peranan Permainan Bahasa Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh, 19(2), 302–318. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.1005

Azizah, H. N. (2018). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall. Alsuniyat: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24212

Behesyti, S. H. (2021). Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Video Youtube Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara Bahasa Arab: Studi Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X Di MA YUPI Cianjur. [Skripsi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung]. http://digilib.uinsgd.ac.id/43000/

Febriani, S. R., & Anasruddin, A. (2020). Technology For Four Skills Arabic In The Era Emergency Of Covid-19 In Indonesia. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.15575/jpba.v4i1.8221

Fuadah, S. (2020). Penggunaan Media Instagram Nahwu_Pedia dalam Mahārah Al Qira’ah dan Mahārah Al Kitabah Mahasiswa Bahasa Arab. Studi Arab, 11(2), 137–151. https://doi.org/10.35891/sa.v11i2.2513

Hamidah, H., & Marsiah, M. (2020). Pembelajaran Maharah Al-Istima’dengan Memanfaatkan Media Youtube: Problematika Dan Solusi. Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 147–160. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2282

Hermawan, A. (2018). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.

Hidayatullah, A. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Youtube dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MA. PP. Yasrib Soppeng. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 9(1), 23–31. https://doi.org/10.24252/saa.v9i1.19114

Jasni, N. S. B., & Ardiansyah, A. A. (2020). Arabic Learning Based On E-Learning Using Arabic Teacher Website In The Pandemic Era Of Covid-19. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(2), 122–137.https://doi.org/10.15575/jpba.v4i2.8601

Musthafa, I., & Hermawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab: Konsep Dasar Strategi Metode Teknik. Remaja Rosdakarya.

Mustofa, M. A. (2020). Analisis Penggunaan WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di Era Industri 4.0. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4(2), 333-346. http://dx.doi.org/10.29240/jba.v4i2.1805

Mutayasiroh, S. K. (2021). Komparasi Media Audio-Visual dan Media Kartu dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An-Nuqtah, 1(1), 25–29. https://doi.org/10.1234/an-nuqṭah.v1i1.592

Nandagiri, V., & Philip, L. (2018). Impact of influencers from Instagram and YouTube on their followers. International Journal of Multidisciplinary Research and Modern Education, 4(1), 61–65. https://doi.org/10.5281/zenodo.1207039

Nugrawiyati, J. (2018). Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6(1), 97–111. https://doi.org/10.5281/zenodo.3523167

Prananingrum, A. V., & Kholis, M. N. (2020). Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Pada Masa Pandemic Covid-19. Proceeding NATHLA: al-Nadwah al-’Alamiyyah fi Ta’lim al-Lughah al-’Arabiyyah, 1(1), 129–136. https://doi.org/10.23971/nathla.v1i1.166

Rahmayanti, S. H. (2014). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Mishbah Sumobito Jombang [Disertasi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/7421/

Sa`diyah, H., & Alfian, I. (2021). Whatsapp Small Groups sebagai Media Pembelajaran Maharah Al-Kalam di Masa Daring. Arabia, 13(1), 1–21. https://doi.org/10.21043/arabia.v13i1.10217

Saepurrohman, A., & Nurhayati, S. L. (2020). Istikhdām Uslūb Al Ghinā Fī Ta’līm Al Mufradāt Al ‘Arabiyyah Li Tarqiyati Qudrah Al Talāmīdz ‘Alā Alhiwār Al ‘Arabī. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(2), 175–193. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.7715

Saud, M., Mashud, M., & Ida, R. (2020). Usage Of Social Media During The Pandemic: Seeking Support And Awareness About COVID-19 Through Social Media Platforms. Journal of Public Affairs, 20(4), e02417. https://doi.org/10.1002/pa.2417

Shodiq, M. J. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab Aktif-Inovatif Berbasis Multiple Intelligences. al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 125–148. https://doi.org/10.14421/almahara.2018-041-07

Siregar, Z. U., & Nurhakim, A. R. (2018). Implementasi Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.15575/jpba.v2i2.9550

Sulistiani, S., Suminto, S., & Suningsih, A. (2021). Pembelajaran Daring Dengan Intervensi Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnale-DuMath, 7(1), 27–34. https://doi.org/10.52657/je.v7i1.1344

Suroiyah, E. N. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Film Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di TPQ Sunan Muria Bendo Jabung Malang. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 241–254. https://doi.org/10.51339/muhad.v2i2.210

Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M. (2018). Penggunaan Sosial Media Whatsapp Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SMK Analis Kimia YKPI Bogor). Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1-22. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.211

Susanto, D. (2012). Penggunaan Media Audio Visual (Tayangan Video) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab (Al-Kalam) Siswa Kelas Viii Smp It Raudhatus Salaam Berbah Sleman Tahun Ajaran 2011/2012 [Tesis, UIN Sunan Kalijaga]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7536/

Turmudi, I., Rifai, I., & Mudiyanto, M. (2020). Istikhdām Namūdaj Al Harokiyyah Al Syam’iyyah Al Bashoriyyah Al ‘Aqliyyah (Savi) Fī Ta’līm Al Mufradāt Al ‘Arabiyyah Wa Atsaruhu Fī Qudrah Al Talīmīdz ‘Ala Fahm Al Maqrū. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(2), 137–155. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.7709

Unsi, B. T. (2020). Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Melalui Penerapan Metode Drill. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 71–86. https://doi.org/10.52431/murobbi.v4i1.237

Zaini, H. (2017). Teori Pembelajaran Bahasa Dan Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif. An Nabighoh Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 19(2), 194. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.999




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v6i2.20608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.