MAFHŪM AL-SAMĪ’ WA AL-BASHĪR FĪ AL-QURĀN AL-KARĪM

Authors

  • Adi Supardi UIN Sunan Gunung Djati

DOI:

https://doi.org/10.15575/jpba.v4i1.8476

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna as-Samī’ dan al-Bashīr secara leksikal dan kontekstual dalam tinjauan pendidikan Islam. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu studi analisis semantik. Setelah dilakukan analisis kata as-Samī’ dan al-Bashīr diperoleh hasil bahwa makna leksikal as-Samī’ yaitu pemahaman dan al-Bashîr yaitu pengetahuan. Sementara secara kontekstual, makna as-Samī’ yaitu Yang Maha Mengetahui dan Yang Maha Memahami dan makna al-Bashīr yaitu Yang Maha Mengetahui dan Pengetahuan yang mendalam. Secara kontekstual, penyandingan kata as-Samī’ dengan kata al-Bashīr dalam banyak ayat dalam Al Qur’an lebih mengarah kepada makna penguatan iman kepada Allah SWT, iman kepada Rassul, iman kepada Malaikat, iman kepada takdir Allah, pengaturan alam semesta dan penegakan hukum. Implikasi pendidikan pada penelitian ini secara umum meliputi moral pendidik, yaitu sikap pendidik yang bersedia mendengar percakapan peserta didik dan mengawasinya, lalu mengembangkan media pembelajaran bagi pendidik, lalu memberlakukan prinsip tahapan pemberian materi dengan mendahulukan kemampuan menyimak secara berulang-ulang kemudian diperkuat dengan memberikan media gambar sebagai visualisasi materi.

Author Biography

Adi Supardi, UIN Sunan Gunung Djati

Pendidikan Bahasa Arab

References

Abd al-BaqhÄ«, M. F. (1999). Al-Mu’jam al-Mufahros li alfÄdz al-QurÄn. Mesir: Dar al-Hadits.

al-Mahalli, J., & As-Suyuthi, J. (2005). TafsÄ«r al-JalÄlayn. Jakarta: Darul Kutub Ilmiyyah.

Al-Maroghi, A. M. (2000). Tafsīr al-Maroghī. Mesir: Syirkah Maktabah Al-Baqī.

Al-QathÄn, M. K. (2010). Mabahits fi ulÅ«m al-qur’Än. Mesir: Mansyur al-Ashr al-Hadits.

Al-ShÄbÅ«nî, M. A. (2001). Shofwa at-TafÄsÄ«r. Jakarta: Dar al-Kutub al-Islamiyah.

Anis, M. Y., Farhah, E., & Arummi, A. (2014). Semantic Web Application for Historical Concepts Search in Al-Quran. International Journal on Islamic Applications in Computer Science And Technology, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.21043/addin.v11i2.2317

Ardiansyah, A. A. (2017). MafhÅ«m at-Tafakkur wa at-Tadabbur wa at-Tafaqquh fÄ« al-QurÄn al-KarÄ«m. UIN Sunan Gunung Djati.

Ghazali, N. M., Mohd, R. A., Khossim, N. M., Ibrahim, N., Sempo, M. W., Samarah, S. H. A., … Rahman, A. A. (2016). Nama Allah al-Basir dalam al-Quran dan hadis sahih bukhari. Prophetic Tolerance on Diversity on Nation, (January), 167–175.

Humaidi. (2019). ‘Adadul MusykilÄt wa DzuhÅ«ruhÄ wa HulÅ«luhÄ FÄ« Ta’lÄ«m al-Lughah al-‘Arabiyyah: DirÄsah MaydÄniyyah Bi JÄmi’ah al-IslÄmiyyah SyaikunÄ Muhammad KhalÄ«l Bangkalan. ALSUNA, 2(2).

Iswanto, R. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan Teknologi. ARABIYATUNA : Jurnal Bahasa Arab. https://doi.org/10.29240/jba.v1i2.286

Izzan, A. (2012). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: HUMANIORA.

Jamilatussa’diyah, J. (2019). ‘ALĀQAH DILĀLIYYAH BAYNA ALFĀDZ SAKĪNAH WA MAWADDAD WA RAHMAH FĪ AL QURĀN AL KARĪM. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(2), 88–101. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.7873

Karman, M. (2019). Tafsir Ayat Ayat pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

M. Yunus, B. (2016). TAFSIR TARBAWĪ. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir. https://doi.org/10.15575/al-bayan.v1i1.1670

Mahmudah, S. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131

Munawwir, A. W. (2010). Kamus Al Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap (5th ed.). Surabaya: Pustaka Progresif.

Muradi, A. (2018). WÂQI’ TA’LÎM MAHÂRAH AL-KITÂBAH BI INDÛNÎSIYYÂ MUSYKILATAN WA HULÛLAN. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. https://doi.org/10.15408/a.v5i1.7795

Nafisah, S. H. (2014). Al-IbshÄr wa al-Ru’yah wa al-Nadzr FÄ« al-QurÄn al-KarÄ«m. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Nata, A. (2018). Pendidikan Islam Di Era Milenial. Conciencia: Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 10–28. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/conciencia.v18i1.2436

Nur, T. (2017). Semantik Bahasa Arab Pengantar Studi Ilmu Makna. Bandung: SEMIOTIKA.

Nurmadiah, N. (2016). MEDIA PENDIDIKAN. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.109

Pransiska, T., & Aulia, A. (2018). PENDEKATAN SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.473

Pusat Bahasa Kemdikbud. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ). Kementerian Pendidikan Dan Budaya.

Ramdhani, W. (2017). Amin Al-Khuli dan Metode Tafsir Sastrawi atas Al-Quran. Jurnal At-Tibyan, 2 (1), 1–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32505/tibyan.v2i1.222

Ritonga, M., Nazir, A., & Wahyuni, S. (2016). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KOTA PADANG. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. https://doi.org/10.15408/a.v3i1.2879

Shihab, M. Q. (1998). Mukjizat Al-Quran. Bandung: Mizan.

Ubaidillah, U. (2020). MAFHŪM AL UMMAH FĪ AL QURĀN AL KARĪM. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3 (2), 195–208. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.8177

Downloads

Additional Files

Published

15-06-2020

How to Cite

Supardi, A. (2020). MAFHŪM AL-SAMĪ’ WA AL-BASHĪR FĪ AL-QURÄ€N AL-KARĪM. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(1), 106–121. https://doi.org/10.15575/jpba.v4i1.8476