MAFHŪM AL-SAMĪ’ WA AL-BASHĪR FĪ AL-QURĀN AL-KARĪM
DOI:
https://doi.org/10.15575/jpba.v4i1.8476Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna as-Samī’ dan al-Bashīr secara leksikal dan kontekstual dalam tinjauan pendidikan Islam. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu studi analisis semantik. Setelah dilakukan analisis kata as-Samī’ dan al-Bashīr diperoleh hasil bahwa makna leksikal as-Samī’ yaitu pemahaman dan al-Bashîr yaitu pengetahuan. Sementara secara kontekstual, makna as-Samī’ yaitu Yang Maha Mengetahui dan Yang Maha Memahami dan makna al-Bashīr yaitu Yang Maha Mengetahui dan Pengetahuan yang mendalam. Secara kontekstual, penyandingan kata as-Samī’ dengan kata al-Bashīr dalam banyak ayat dalam Al Qur’an lebih mengarah kepada makna penguatan iman kepada Allah SWT, iman kepada Rassul, iman kepada Malaikat, iman kepada takdir Allah, pengaturan alam semesta dan penegakan hukum. Implikasi pendidikan pada penelitian ini secara umum meliputi moral pendidik, yaitu sikap pendidik yang bersedia mendengar percakapan peserta didik dan mengawasinya, lalu mengembangkan media pembelajaran bagi pendidik, lalu memberlakukan prinsip tahapan pemberian materi dengan mendahulukan kemampuan menyimak secara berulang-ulang kemudian diperkuat dengan memberikan media gambar sebagai visualisasi materi.
References
Abd al-BaqhÄ«, M. F. (1999). Al-Mu’jam al-Mufahros li alfÄdz al-QurÄn. Mesir: Dar al-Hadits.
al-Mahalli, J., & As-Suyuthi, J. (2005). TafsÄ«r al-JalÄlayn. Jakarta: Darul Kutub Ilmiyyah.
Al-Maroghi, A. M. (2000). Tafsīr al-Maroghī. Mesir: Syirkah Maktabah Al-Baqī.
Al-QathÄn, M. K. (2010). Mabahits fi ulÅ«m al-qur’Än. Mesir: Mansyur al-Ashr al-Hadits.
Al-ShÄbÅ«nî, M. A. (2001). Shofwa at-TafÄsÄ«r. Jakarta: Dar al-Kutub al-Islamiyah.
Anis, M. Y., Farhah, E., & Arummi, A. (2014). Semantic Web Application for Historical Concepts Search in Al-Quran. International Journal on Islamic Applications in Computer Science And Technology, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.21043/addin.v11i2.2317
Ardiansyah, A. A. (2017). MafhÅ«m at-Tafakkur wa at-Tadabbur wa at-Tafaqquh fÄ« al-QurÄn al-KarÄ«m. UIN Sunan Gunung Djati.
Ghazali, N. M., Mohd, R. A., Khossim, N. M., Ibrahim, N., Sempo, M. W., Samarah, S. H. A., … Rahman, A. A. (2016). Nama Allah al-Basir dalam al-Quran dan hadis sahih bukhari. Prophetic Tolerance on Diversity on Nation, (January), 167–175.
Humaidi. (2019). ‘Adadul MusykilÄt wa DzuhÅ«ruhÄ wa HulÅ«luhÄ FÄ« Ta’lÄ«m al-Lughah al-‘Arabiyyah: DirÄsah MaydÄniyyah Bi JÄmi’ah al-IslÄmiyyah SyaikunÄ Muhammad KhalÄ«l Bangkalan. ALSUNA, 2(2).
Iswanto, R. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan Teknologi. ARABIYATUNA : Jurnal Bahasa Arab. https://doi.org/10.29240/jba.v1i2.286
Izzan, A. (2012). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: HUMANIORA.
Jamilatussa’diyah, J. (2019). ‘ALĀQAH DILĀLIYYAH BAYNA ALFĀDZ SAKĪNAH WA MAWADDAD WA RAHMAH FĪ AL QURĀN AL KARĪM. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(2), 88–101. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.7873
Karman, M. (2019). Tafsir Ayat Ayat pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
M. Yunus, B. (2016). TAFSIR TARBAWĪ. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir. https://doi.org/10.15575/al-bayan.v1i1.1670
Mahmudah, S. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131
Munawwir, A. W. (2010). Kamus Al Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap (5th ed.). Surabaya: Pustaka Progresif.
Muradi, A. (2018). WÂQI’ TA’LÎM MAHÂRAH AL-KITÂBAH BI INDÛNÎSIYYÂ MUSYKILATAN WA HULÛLAN. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. https://doi.org/10.15408/a.v5i1.7795
Nafisah, S. H. (2014). Al-IbshÄr wa al-Ru’yah wa al-Nadzr FÄ« al-QurÄn al-KarÄ«m. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Nata, A. (2018). Pendidikan Islam Di Era Milenial. Conciencia: Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 10–28. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/conciencia.v18i1.2436
Nur, T. (2017). Semantik Bahasa Arab Pengantar Studi Ilmu Makna. Bandung: SEMIOTIKA.
Nurmadiah, N. (2016). MEDIA PENDIDIKAN. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.109
Pransiska, T., & Aulia, A. (2018). PENDEKATAN SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.473
Pusat Bahasa Kemdikbud. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ). Kementerian Pendidikan Dan Budaya.
Ramdhani, W. (2017). Amin Al-Khuli dan Metode Tafsir Sastrawi atas Al-Quran. Jurnal At-Tibyan, 2 (1), 1–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32505/tibyan.v2i1.222
Ritonga, M., Nazir, A., & Wahyuni, S. (2016). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KOTA PADANG. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. https://doi.org/10.15408/a.v3i1.2879
Shihab, M. Q. (1998). Mukjizat Al-Quran. Bandung: Mizan.
Ubaidillah, U. (2020). MAFHŪM AL UMMAH FĪ AL QURĀN AL KARĪM. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3 (2), 195–208. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.8177
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/Talim