INOVASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SIT DAUROH TANGERANG PADA MASA PANDEMI COVID-19


Nazwah Tul Fadillah(1*)

(1) Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


 Abstrak

Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang terjadi di bulan April-Mei 2020 memengaruhi keberlangsungan proses pembelajaran yang mengharuskan diterapkannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) demi menjaga kesehatan, keamanan, dan menghindari kerumunan. Hingga saat ini, kebijakan tersebut berubah menjadi PPKM (Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Level 4 yang berlaku dari tanggal 3 Juli-25 Juli 2021. Penulisan artikel ini ditujukan untuk mengkaji inovasi pembelajaran Al-Qur’an seperti apa yang harus dilakukan guna menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun hasil pembahasannya meliputi, 1) Inovasi pembelajaran Al-Qur’an pada masa pandemi menggunakan model pembelajaran  hybrid learning dan blended learning. 2) Sistematika pembelajaran Al-Qur’an dilakukan secara full online dengan presentase sebesar 75% dan 25% tatap muka. 3) Kendala-kendala yang sering terjadi yaitu kendala teknis, motivasi belajar anak, model dan metode pembelajaran yang tepat, peran orang tua.

 

Abstract

The Large-Scale Social Restrictions (PSBB) that occurred in April-May 2020 affected the continuity of the learning process that implemented the Distance Learning (PJJ) policy in order to maintain health, safety, and avoid prohibitions. Currently, the policy has changed to PPKM (Restrictions on Community Activities) Level 4 which is effective from July 3 to July 25, 2021. The research method used is a qualitative method with descriptive type. The results of the discussion include 1) Al-Qur'an learning innovation during the pandemic using hybrid learning and blended learning models. 2) The systematics of learning the Qur'an is done in full online with a percentage of 75% and 25% face-to-face. 3) Constraints that often occur are technical constraints, children's learning motivation, appropriate learning models and methods, the role of parents.


Keywords


Inovasi pembelajaran; Al-Qur’an; Pandemi Covid-19; Hybrid Learning

Full Text:

FULL TEXT (PDF)

References


Aditama, Tjandra Yoga. 2020. Covid-19 dalam Tulisan Prof. Tjandra. Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB).

Arifin, Fatkhul. 2017. “Hybrid learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran”UIN Jakarta.

Indira, Ayu. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Media Schoology Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik kelas XI MIA MAN Pangkep”. Skripsi Sarjana: Fakultas Pendidikan dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Kementerian Agama Republik Indonesia, “Qur’an Kemenag” Official Website Qur’an Kemenag RI.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. “Frequently Asked and Question Seputar Vaksinasi Covid-19”, Official Website Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI,

N. Nurdyansyah dan Andiek Widodo 2015. Inovasi Teknologi Pembelajaran, (Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2008.Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Edisi XVI. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada)

Sobirin. 2017. “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif (Tipe Jigsaw) Untuk Meningkatkan Pretasi Belajar pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits Kelas VIII di MTS Guppi 02 Untoro Kecamatan Trimurjo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017”. Skripsi Sarjana: Fakultas Pendidikan dan Keguruan IAIN Metro.

Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Syaharuddin,S.2020. Pembelajaran Masa Pandemi: Dari Konvensional Ke Daring. http://eprints.ulm.ac.id/9150/

Syarif,I.2012.Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 2 no. 2.

Syifa dkk, Lailatus. 2020. “Implementation of Home Visite Program in Overcoming Student Learning Problems in SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo”.Umsida 6.2020.

Satgas Penanggulangan Covid-19 Ikatan Psikolog Klinis Indonesia, Tim Peneliti. 2021.Gambaran Kondisi Psikologis Siswa di Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19. (diunduh di Official Aplikasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia 3 Agustus 2021)

Triyono, Ageng. 2021. “Apa itu Hybrid Learning? Inilah Pengertian, Model dan Penerapannya”, Hai Dunia, 1 Mei 2021.

Umar, Bukhari. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: Amzah).

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

World Health Organization (WHO). 2021. “Considerations for implementing and adjusting public health and social measures in the context of Covid-19”.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v4i2.13661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :