PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN SERTA UPAYA PENINGKATAN FASILITAS DI DESA KRATON MASA PANDEMI COVID-19


Ilmiyatur Rosidah(1*), M Maruf(2), M Machfud(3)

(1) Fakultas Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Agama Islam, STIT PGRI Pasuruan, Indonesia
(3) Fakultas Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Tujuan dari artikel ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan pada situasi saat ini. Kegiatan ini dilakukan oleh Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan di desa Kraton Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan selama masa pandemi ini. Adapun program kegiatan yang dilaksanakan antara lain (1) Pendampingan pembelajaran, (2) peningkatan fasilitas pendidikan, (3) menumbuhkan minat membaca pada masyarakat (literasi), (4) memberikan pemahaman tentang pentingnya pendidikan di masa kini. Metode yang digunakan program ini adalah (1) memberikan pendampingan pembelajaran secara langsung kepada siswa yang biasanya memanfaatkan balai desa untuk belajar, (2) mengajak langsung kepada siswa untuk berlajar bersama, (3) mengajak masyarakat untuk lebih giat dalam mendukung pendidikan putra-putri mereka untuk bersekolah hingga kuliah, (4) menfasilitasi bahan literasi untuk menambah wawasan dan pemahaman. Dari keempat program tersebut telah terlaksana dengan baik serta memberikan manfaat dan dampat posistif bagi masyarakat desa Kraton.


Abstract

The purpose of this article is to provide knowledge and understanding to the public about the importance of education in the current situation carried out by students of the PGRI Wiranegara Pasuruan University in Kraton Village, Kraton District, Pasuruan Regency during this pandemic. The program of activities carried out include (1) learning assistance, (2) improving learning facilities, (3) fostering interest in reading in the community (literacy), (4) providing an understanding of the importance of education in the present. The method used in this program is (1) providing direct learning assistance to students who usually use the village hall to learn, (2) inviting students directly to study together, (3) inviting the community to be more active in supporting their children's education to school to college, (4) facilitating reading material to add insight and understanding. Of the four programs, they have been well implemented and have provided positive benefits and impacts to the Kraton village community.


Keywords


Mentoring, learning; educational facilities; public

Full Text:

PDF

References


Afnil. Guza, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Guru dan Dosen) Jakarta; Asa Mandiri, 2009), hlm. 5

Anggraeni, D. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sekaran 01 Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar, 1(2), 194–205.

Apriyani, L., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Penerapan model PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan akademik siswa pada materi biologi. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 9(01).

Asro, M., & Sidik, D. M. (2020). Kegiatan Kuliah Kerja Nyata bagi Peserta Anak Didik pada Sosialisasi Pengaruh Gadget. Al-Khidmat, 3(1), 39-43.

Chebii, R., Wachanga, S., & Kiboss, J. (2012). Effects of science process skills mastery learning approach on students’ acquisition of selected chemistry practical skills in school. Creative Education, 3(08), 1291

Kartono, K. (1985). Peranan Keluarga Memandu Anak. Jakarta: Rajawali.

Kwartolo, Y. (2005). Menyiapkan guru yang berkualitas dengan pendekatan micro teaching. Jurnal Pendidikan Penabur, 4(4), 98-105.

Mataka, L. M., Cobern, W. W., Grunert, M. L., Mutambuki, J., & Akom, G. (2014). The effect of using an explicit general problem solving teaching approach on elementary pre-service teachers’ ability to solve heat transfer problems. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 2(3).

Nurrachman, D., & Ratnaningsih, S. R. (2019). Memfungsikan Imajinasi: Sosialisasi Menulis Kreatif Menggunakan Wordless Book pada Murid Kelas IX di MTs GUPPI Cileuksa, Desa Legok Kaler Kec. Paseh Kab. Sumedang. Al-Khidmat, 2(2), 36-42.

Rosidah, I. (2016). Kecerdasan Mahasiswa Sebagai Media Interaksi Belajar Mengajar. JURNAL EDUCAZIONE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan konseling, 4(2).

Rosidah, I. (2020). Beradaptasi dengan Perubahan: Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Masa Pandemi.

Sardiman, A. M. (2005). Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Teheran, F. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Anak Ketika Menonton Televisi (Studi Di TK Nurul Ilmi Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Zeidan, A. H., & Jayosi, M. R. (2015). Science Process Skills and Attitudes toward Science among Palestinian Secondary School Students. World journal of Education, 5(1), 13-24.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v3i2.9585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :