PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU MELALUI PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH


Heri Gunawan(1*), Heri Hidayat(2)

(1) Prodi Tadris Bahasa Indonesia, FTK UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, FTK UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak
Kemampuan menulis karya ilmiah sangat penting bagi guru karena berbagai alasan yang mencakup peningkatan kualitas pengajaran, pengembangan profesional, dan kontribusi pada pengetahuan di bidang pendidikan, Kemampuan menulis karya ilmiah adalah keterampilan penting yang mendukung guru dalam peran mereka sebagai pendidik dan peneliti, serta berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan. Tujuan pengabdian Masyarakat adalah untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada guru dalam menulis karya tulis ilmiah guna meningkatkan profesionalisme mereka. Pendekatan yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Asset Based Community Development, yang memfokuskan pada aset dan potensi yang dimiliki oleh guru. Metode yang diterapkan melibatkan workshop di mana peserta aktif terlibat dalam kegiatan, diikuti dengan program tindak lanjut. Melalui kegiatan penulisan karya tulis ilmiah ini, para dosen dan guru madrasah telah berhasil memberikan pemahaman kepada para guru baik secara teoritis maupun praktis. Selain melaksanakan praktek, program ini juga memiliki langkah-langkah tindak lanjut yang penting.



Abstract
The ability to write scientific papers is very important for teachers for various reasons that include improving the quality of teaching, professional development, and contributing to knowledge in the field of education. The ability to write scientific papers is an important skill that supports teachers in their roles as educators and researchers, as well as contributing to the improvement overall quality of education. The aim of community service is to provide understanding and skills to teachers in writing scientific papers in order to improve their professionalism. The approach used in this service is Asset Based Community Development, which focuses on the assets and potential possessed by teachers. The method applied involves workshops where participants are actively involved in activities, followed by a follow-up program. Through this scientific writing activity, madrasah lecturers and teachers have succeeded in providing understanding to teachers both theoretically and practically. Apart from implementing practice, this program also has important follow-up steps.

Keywords


guru, karya tulis, ilmiah, profesionalisme

Full Text:

PDF

References


Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simarmata, N., Himawan, I. S., Pawan, E., & Ikhram, F. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.

Alawiyah, I. T., Mukhlishin, A., & Nawawi, M. A. (2021). Pendampingan Komunitas Karang Taruna dalam Pembuatan Kaligrafi dengan Media Limbah Kaca. Wisanggeni: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 11–22.

Bado, B. (2022). Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah. Tahta Media Grup.

Budiana, I. (2022). Menjadi guru profesional di era digital. JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 2(2), 144–161.

Budiarti, R. P. N., Rulyansah, A., Pratiwi, E. Y. R., & Shari, D. (2022). Pelatihan menulis artikel ilmiah berbasis servise learning untuk guru sekolah dasar. Indonesia Berdaya: Journal of Community Engagement, 3(2), 359–366.

Cahyo, S. (2020). Pengaruh Ketersediaan Buku, Teman Sebaya Terhadap Minat Baca Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa (Stabn) Raden Wijaya Wonogiri. PATISAMBHIDA: Jurnal Pemikiran Buddha Dan Filsafat Agama, 1(1), 85–106.

Cargill, M., & O’Connor, P. (2021). Writing scientific research articles: Strategy and steps. John Wiley & Sons.

Firmansyah, M., & Masrun, M. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas: Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159.

Helda, T., Elvia, D., DN, U. Y., & Kamcani, F. (2023). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Artikel Ilmiah Mahasiswa. GERAM: Gerakan Aktif Menulis, 11(1), 101–110.

Ibrahim, M. B., Sari, F. P., Kharisma, L. P. I., Kertati, I., Artawan, P., Sudipa, I. G. I., Simanihuruk, P., Rusmayadi, G., Nursanty, E., & Lolang, E. (2023). Metode Penelitian Berbagai Bidang Keilmuan (Panduan & Referensi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Kuswarno, E., Hanafiah, N., & Sauri, U. S. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Jabatan Fungsional Guru. TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 55–65.

Listiana, Y., Prastiwi, L., & Amrullah, I. (2021). Pendampingan Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa FKIP Universitas Dr Soetomo. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 5(1), 122–134.

Mahariah, M. (2020). Implementasi Budaya Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Dalam Membentuk Pendidik Profesional. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Mustoip, S., & Al Ghozali, M. I. (2022). Mewujudkan Potensi Desa Gintungranjeng melalui Pendekatan Asset-Based Community Development. Inisiatif: Jurnal Dedikasi Pengabdian Masyarakat, 1(2), 44–55.

Nayak, J. K., & Singh, P. (2021). Fundamentals of research methodology problems and prospects. SSDN Publishers & Distributors.

Ngalimun, N. (2022). Bahasa Indonesia Untuk Penulisan Karya Ilmiah. EduCurio: Education Curiosity, 1(1), 265–278.

Nomor, U. R. I. (14 C.E.). Tahun 2005 Mengenai Guru dan Dosen. Dapat Diakses Pada.

Nuryady, M. M., Permana, T. I., Rofi’ah, N. L., & Miranti, K. A. (2023). Increasing the professionalism of Muhammadiyah high school teachers through assistance in writing and publishing scientific articles. Journal of Community Service and Empowerment, 4(1), 49–54.

Octavia, S. A. (2019). Sikap dan kinerja guru profesional. Deepublish.

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2023). Belajar dan pembelajaran. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Priyanto, S. (2024). Penggunaan Artificial Intellegence untuk Penulisan Karya Ilmiah.

Riduan, M. (2021). Peran Profesi Guru Dalam Pendidikan.

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42–51.

Rofek, A., Ediyanto, E., & Akbar, S. (2023). Pelatihan Pembuatan Artikel Ilmiah Dan Publish Artikel Ilmiah Pada Jurnal Sinta Di SMAN 1 Suboh. MIMBAR INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 2(2), 584–594.

Rosa, A. T. R. (2020). Teacher Development Potential (Creativity and Innovation) Education Management in Engineering Training, Coaching and Writing Works through Scientific Knowledge Intensive Knowledge Based on Web Research in the Industrial Revolution and Society. International Journal of Higher Education, 9(4), 161–168.

Sarumaha, Y. A. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa FKIP Universitas Cokroaminoto Yogyakarta. COVIT (Community Service of Tambusai), 2(1), 220–227.

Sinaga, J. A. B., Butarbutar, I. P., Pangaribuan, F., & Herman, H. (2023). In House Training: Upaya meningkatkan kemampuan guru dalam penulisan karya ilmiah di SMA Swasta Teladan Pematangsiantar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 199–206.

Siregar, E. (2022). Riset dan Seminar Sumber Daya Manusia. Penerbit Widina.

Siregar, N. H. (2020). Pengembangan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dilakukan Melalui Peningkatan Profesionalitas Guru. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 1(1), 38–48.

South, J., Coan, S., Woodward, J., Bagnall, A.-M., & Rippon, S. (2024). Asset Based Community Development: Co-Designing an Asset-Based Evaluation Study for Community Research. Sage Open, 14(2), 21582440241240836.

Sriani, Y., Hidayat, A., Puspidalia, Y. S., Tomia, A., Simanullang, P., & Serosero, R. H. (2022). Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Yayasan Muhammad Zaini.

Suchyadi, Y., Sundari, F. S., Sunardi, O., Sukmanasa, E., Novita, L., Karmila, N., & Indriani, R. S. (2022). Improving The Professional Competence Of Bogor Primary School Teachers Through Writing Scientific Articles Based On Classroom Action Research. Journal of Community Engagement (JCE), 4(1), 1–5.

Supriyanto, A. (2020). The effect of training scientific writing on the improvement of teachers’ understanding in articles. 1st International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020), 406–415.

Suryadi, A. (2022). Menjadi guru profesional dan beretika. CV Jejak (Jejak Publisher).

Syarif, H., Ardi, H., Amri, Z., & Lestari, T. (2019). Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-guru SMP Negeri Kota Solok. ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora, 1(1), 14–26.

Syukron, M., Siregar, D. R. S., & Ratnaningsih, S. (2023). Model Supervisi Dalam Penjaminan Mutu Lembaga Pendidikan. Jurnal Kependidikan Islam, 13(1), 44–54.

Wibowo, A. E. (2021). Metodologi Penelitian Pegangan untuk Menulis Karya Ilmiah. Penerbit Insania.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v7i1.34890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :