PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU-GURU SMA KECAMATAN JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN


Sumarni Sumarni(1*), Anggar Titis Prayitno(2), Nuranita Adiastuty(3)

(1) Universitas Kuningan, Indonesia
(2) Universitas Kuningan, Indonesia
(3) Universitas Kuningan, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak
Salah satu wujud pengembangan keprofesianalan guru adalah menulis artikel ilmiah dan publikasi artikel ilmiah. Oleh karena itu, hendaknya guru terus belajar menulis artikel ilmiah untuk diseminarkan maupun dipublikasikan di jurnal. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar guru belum mampu menghasilkan dan melakukan publikasi ilmiah. Tujuan kegiatan pengaabdian ini adalah meningkatkan motivasi dan kemampuan guru dalam menulis artikel ilmiah dari hasil penelitian yang dapat digunakan sebagai salah satu persyaratan pengajuan kenaikan pangkat sehingga berdampak juga terhadap profesionalitas guru. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan simulasi. Kegiatan pelatihan penulissan artikel ilimah yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan motivasi guru untuk menulis artikel ilmiah; guru memiliki pengetahuan dan kemampuan memilih tempat publikasi yang sesuai; guru memiliki pengetahuan tentang cara mencari sumber refrensi mutakhir melalui google scholar; guru memiliki pengetahuan tentang trik untuk publikasi artikel ilmiah hasil penelitian; guru dapat mengetahui bagaimana membuat draft artikel ilmiah hasil penelitian sesuai dengan tamplate jurnal yang dituju; seluruh peserta pelatihan memiliki pandangan positif terhadap pelatihan penulisan artikel ilmiah dan memandang tingkat kebermanfaatan pelatihan pada tingkat bermanfaat dan sangat bermanfaat.

Abstract
One form of teacher professional development is writing scientific articles and publishing scientific articles. Therefore, teachers should continue to learn to write scientific articles to be disseminated or published in journals. The reality on the ground shows that most teachers have not been able to produce and do scientific publications. The purpose of this service activity is to
increase the motivation and ability of teachers to write scientific articles from the results of research that can be used as one of the requirements for submission of promotions so that it also impacts on teacher professionalism. Community service activities carried out using lecture, question and answer and simulation methods. Scientific article writing training activities that have been implemented can increase the motivate teachers to write scientific articles; the teacher has the knowledge and ability to choose a proper place of publication; the teacher has knowledge of how to find the latest sources of reference through google scholar; the teacher has knowledge of tricks for publishing scientific articles on research results; the teacher can know how to make a draft scientific article based on the results of the intended research template; all trainees have a positive view of the training in writing scien


Keywords


scientific articles, high school teachers, teacher professionalism

Full Text:

Full Text

References


Daryanto. 2013. Standar Kompetensi danPenilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media.

Gunawan, I., Triwiyanto, T., Kusumaningrum, D. E. 2017. Laporan Pengabdian Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Laporan Pengabdian Kepada masyarakat PNBP. Malang:Tidak diterbitkan.

Mujiwati, E.S dkk. 2017. Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru Sekolah Dasar pada anggota Gugus 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS. 1 (1): 53-68.

Permen PAN dan RB No. 16. 2009. Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Rintaningrum, R. 2018. Mengapa Guru tidak Menulis Karya Ilmiah: Perspektif Guru. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra dan Pendidikan dalam Perspektif Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA): Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura. 60-68.

Samuel. M. 2012. Working in the rain: pressures and priorities for teacher education curriculum design in South Africa: a case-study of the University of Durban-Westville inResearching Teacher Education: The Multi-Site Teacher Education Project. Special Issue of the International Journal of Educational Development, 22 (34): 57-66

Arta, K., S. 2018. Pelatihan Penulisan artikel untuk Publikasi di Jurnal Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme bagi Guru-guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Prosiding Seminar Nsional Hukun dan Ilmu Sosial Ke-2. Hal. 146-159.

Supriyanto, A. 2015. Harapan, Kenyataan dan Strategi Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Keprofesian menuju Guru Profesional di Universitas Negeri Malang. 109-114.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v3i1.6243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :