Pendekatan Eksplorasi Berbasis Intuisi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis


E Susilawati(1*), Agus Hikmat Syaf(2), Wati Susilawati(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan eksplorasi berbasis intuisi dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berdasarkan PAM. Data diperoleh melalui instrumen tes dan nontest yang diberikan kepada 74 siswa SMP kelas VIII yang terdiri dari 37 siswa pada kelas eksperimen, dan 37 siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengolahan data bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan eksplorasi berbasis intuisi dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional secara keseluruhan berdasarkan PAM (pandai, cukup, lemah). Aktivitas guru dan siswa pada saat pembelajaran dengan pendekatan eksplorasi berbasis intuisi telah terlaksana dengan baik. Pendekatan eksplorasi berbasis intuisi dapat memfasilitasi proses intuisi, penemuan konsep, dan aplikasi konsep sehingga kemampuan pemecahan masalah matematis siswa lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.

 


Full Text:

PDF

References


Azmi, M. P. (2015). Penerapan Pendekatan Concrete-Representational-Bbstrac (CRA) Berbasis Intuisi untuk Meningkatkan Kemampuan Analogi dan Komunikasi Matematik Siswa SMP. Tesis UPI Bandung: Tidak diterbitkan

Fauziah, A. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP melalui Strategi REACT. Forum Kependidikan.

Fischbein, Efraem. 1987. Intuition In Science And Mathematics. Israel: School of Education Tel Aviv University.

Fisthi, N. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Berbasis pada Pengembangan Intuisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Turunan Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta . (Skripsi). Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Hasanah, A. (2011). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Intuisi . (Disertasi). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.

Kadir. (2010). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Potensi Pesisir Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Komunikasi Matematik Dan Keterampilan Sosial Siswa SMP. Disertasi pada SPs UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Kusumawati, N. (2010). Peningkatan Kemampuan, Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Disertasi FPMIPA UPI: Tidak diterbitkan.

Lindawati. (2010). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Mudrika, & Budiarto, M. (2013). Profil Intuisi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2.

NCTM 2000. Principles And Standards for School Mathematics. Reston, Virginia

NCTM. (1989). Curricullum And Evaluation Standar for School Mathematics. VA: NCTM Inc.

Novianti, Isrok'atun, & Kurniadi. (2016). Pendekatan Eksploratif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 403.

Rohaeti, E. E. (2008). Pembelajaran dengan Pendekatan Eksplorasi untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematika Siswa SMP. Bandung: Desertasi UPI.

Rohmat, I. (2014). Penerapan Pembelajaran Eksploratif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Tesis UPI Bandung: Tidak diterbitlkan.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, N. M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Metode Eksplorasi. Alphamath .

(2012). Bahan Belajar Mata Kuliah Proses Berpikir Matematika. STKIP Siliwangi 2012: Bandung Tidak diterbitkan.

Susilawati, W. (2013). Perencanaan Pembelajaran Matematika. Bandung: CV Insan Mandiri.

(2014). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: CV. Insan Mandiri.

_____________ (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Tantangan dengan Strategi Konflik Kognitif terhadap Peningkatan Kemampuan Visualisasi Spasial Berpikir Lateral dan Kegigihan Matematis Mahasiswa. (Disertasi). Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Tidak diterbitkan.

Turmudi. (2009). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika Berparadigma Eksploratif dan Investigatif. Jakarta: Leuser Cipta Pusaka.

_________(2010). Penalaran dalam Geometri. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran (Pelengkap untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis para Guru dan Calon-Guru Propesional). Ipa.Abong: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id