Pendekatan Pembelajaran Generatif Sebagai Upaya Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Phytagoras kelas VII di MTs Asy-Syarifiyyah Bandung


Arifin Rachman(1*), Nunung Sobarningsih(2), Juariah Juariah(3), Agus Hikmat Syaf(4)

(1) ,  
(2) ,  
(3) ,  
(4) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sukar oleh peserta didik dan banyak factor yang mempengaruhi pandangan peserta didik terhadap mata pelajaran tersebut, salah satu hal yang menjadi factor nya ialah metode pendekatan pembelajaran. Umumnya para guru masih menggunakan metode umum pada saat pengajaran yaitu dengan menjelaskan lalu diikuti oleh latihan soal-soal. Suatu soal merupakan masalah bagi siswa apabila soal tersebut tidak dikenalnya atau belum memiliki prosedur atau algoritma tertentu untuk menyelesaikannya, tetapi siswa tersebut memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk menyelesaikannya. Dalam hal ini peneliti akan memaparkan hasil uji coba Metode Pembelajaran Generative terhadap siswa sebagai upaya meningkatkan pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan Phytagoras

References


Hidayati, A. (2005). Penerapan Model Pembelajaran Generatif Matematika Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajara Siswa. (Skripsi). Bandung: FPMIPA Bandung.

Maria, H. T. (1999). Penerapan Model Belajar Generatif dalam Pembelajaran Rangkaian Listrik Arus Searah. (Tesis). Bandung: PPS IKIP Bandung.

Ruseffendi, E. T. (1984). Dasar-dasar Matematika Modern untuk Guru. Bandung: Tarsito.

Sumarna, A. R. (2007). Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII,Bogor: Regina

Sutikno, M. S. (2008). Landasan Pendidikan. Bandung: Prospect.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v1i1.2893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id