PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENDIDIK DALAM HUKUM PIDANA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.15575/as.v20i1.2764Abstract
Penelitian ini membahas penerapan sanksi kepada peserta didik yang melanggar peraturan lembaga pendidikan dilihat dari aspek hukum pidana Islam. Di dalam hukum pidana Islam, penerapan sanksi kepada peserta didik yang melanggar tata tertib tidak termasuk jarîmah karena tidak melanggar hukum Allah SWT. Namun hukuman yang diberikan kepada peserta didik dikenai hukuman ta‘zîr sebagai metode pendidikan yang bertujuan membuat jera pelanggar aturan. Hukuman ta‘zîr tersebut berÂtujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, serta menjadi orang yang bertanggung jawab sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional. Bagi pendidik yang memberikan sanksi kepada peserta didik jika dilihat dari aspek hukum pidana Islam maka perlu menÂdapatkan perlindungan hukum, sehingga tidak muncul lagi orang tua peserta didik yang menuntut pendidik untuk dipenjarakan.
Kata kunci : Hukum Pidana Islam, Pendidik, Perlindungan Hukum, Peserta Didik
References
Al-Attas, Syed Muhammad Nuqaib. 1992. Konsep Pendidikan dalam Islam. Bandung: Mizan.
Ali, Herry Noer. 1988. Azas-Azas Pendidikan Islam. Bandung: Diponegoro.
Ali, M. Daud. 1991. Asas-asas Hukum Islam: Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Islam di Indonesia. Jakarta: Rajawali Press.
Ali, Mahrus. 2011. Dasar-dasar Hukum Pidana. Jakart: Sinar Grafika.
Ali, Zainuddin. 2007. Hukum Pidana Islam. Jakarta: Sinar Grafika.
Chazawi, Adami. 2002. Pelajaran Hukum Pidana. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Departemen Agama RI. 2009. Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: PT. Sygma Examedia Arkamlema.
H.R., Ridwan. 2010. Hukum Administrasi Negara. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Hadjon, Philipu M. 1987. Perlindungan Hukum Bagi Rakyat di Indonesia. Surabaya: Bina Ilmu.
Hamzah, Andi. 1991. Asas-asas Hukum Pidana. Jakarta: Rineka Cipta.
Hanafi, A. 1993. Asas-asas Hukum Pidana Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Kansil, C.S.T. dan Kansil, Christine S.T. 2007. Pokok-Pokok Hukum Pidana. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.
Lamintang. 1997. Dasar-dasar Hukum Pidana Indonesia. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Langgulung, Hasan. 1979. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
_______________. 1986. Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisis Psikologi dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka al-Husna.
Muljatno. 2008. Asas-asas Hukum Pidana. Jakarta: Rineka Cipta.
Muslich, Ahmad Wardi. 2006. Pengantar dan Asas Hukum Pidana Islam: Fikih Jinayah. Jakarta: Sinar Grafika.
Poerwadarminta, W.J.S. 1991. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ramayulis. 1990. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sabiq, Sayyid. 2008. Fiqh al-Sunnah. Beirut: Dâr al-Fikr.
Santoso, Topo. 2001. Menggagas Hukum Pidana Islam: Penerapan syariah Islam dalam konteks modernitas. Jakarta : Asyamil.
Sayyid, Fath al-Bab ‘Abd al-Halim. 1996. al-Tarbiyyah fi al-Qur’ân wa al-Sunnah: al-Ghâyât wa al-Ahdâf. Kairo: Alam al-Kutub.
Tafsir, Ahmad. 1992. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda-karya.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The author whose published manuscript approved the following provisions:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).