Paradigma Pendidikan Karakter Menurut Pemikiran Imam Al-Ghazali dalam Kitab Bidāyatul Hidāyah


Siti Maemunah Rohmah(1*), Tajudin Noor(2), Undang Ruslan W(3)

(1) Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
(2) Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
(3) Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Education as a forum for the development of human potential has a noble goal, namely to form a generation with character and decorated with noble morals. The current condition is attracting attention regarding moral decadence in the midst of public life. Therefore, the assessment and implementation of character education is needed in order to alleviate increasingly crucial educational problems. This study aims to determine how the paradigm of character education according to Imam Al-Ghazali in the Bidayatul Hidayah book. The research method used is the library research method, the opinion of experts about the paradigm of the character education of Imam Al-Ghazali in the book Bidayatul Hidayah. In his efforts to overcome moral problems, Imam Al-Gahzali focused on moral formation. This can be seen from his various works, one of which is the book Bidayatul Hidayah. In this book, the paradigm of character education according to Imam Al-Ghazali includes straight intentions in studying, carrying out obedience as best as possible. As well as displaying good ethics in socializing. This shows that Imam Al-Ghazali is very concerned in alleviating the problem of moral decadence. There for it is very appropriate if his work is used as a reference in the development of character education.

 

Pendidikan sebagai wadah pengembangan potensi manusia memiliki tujuan mulia yakni membentuk generasi yang berkarakter dan di hiasi akhlak mulia. Kondisi saat ini menyita perhatian seputar dekadensi moral ditengah kehidupan masayrakat. Maka dari itu pengkajian dan pelaksanakan pendidikan karakter sangat diperlukan guna mengentaskan masalah pendidikan yanng semakin krusial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana paradigma pendidikan karakter menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode library research, pendapat para ahli tentang paradigma pendididkan karakter Imam Al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah. Dalam upayanya mengatasi permasalahan moral Imam Al-Gahzali memfokuskan pada pembentukan akhlak. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai karyanya salah satunya adalah kitab Bidayatul Hidayah. Dalam kitab ini dijelasakan paradigma pendidikan karakter menurut Imam Al-Ghazali yang meliputi niat lurus dalam menuntut ilmu, melaksanakan ketaatan dengan sebaik mungkin. Serta menampilakn etika yang baik dalam bergaul. Hal ini menunjukan bahwa Imam Al-Ghazali sangat konsen dalam mengentaskan permasalahan dekadensi moral. maka dari itu sangat tepat jika karyanya dijadikan rujukan dalam pengembangan pendidikan karakter.


Keywords


Paradigma; Pendidikan Karakter; Al-Ghazali; Bidayatul Hidayah

References


Al-Ghazali. Ikhtisar Iya ‘Ulumudin. Jakarta Selatan:Wali Pustaka. 2018.

, Mukadimah Ihya ‘Ulumudin Menjelang Hidayah Metode Praktis Menjadi Sufi Sehari-hari. Bandung: Mizan. 2017.

, Terjemahan dan PenjelasanBidayatul Hidayah. Semarang: Islamic Fiqh Center.

Ali, Ahmad. Buku Besar Al-Bukhari dan Muslim. Jakarta: Alita Aksara Media. 2013.

Ali, Mukti. Kisah-Kisah Ajaib Imam Al-Ghazali. Depok: Mentari Media PT Melvana Media Indonesia. 2017.

Darajat, Zakiyah. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.2011.

Ash-Shallabi, Ali Muhammad. Biografi Imam Al-Ghazali dan Syekh Abdul Qadir Jailani. Jakarta: Beirut Publishing: 2015.

Asy’ari, Hasim. Pendidikan Karakter KhasPesantren (Adabul ‘Alim wal Muta’allim). Tanggerang:Tsmart Printing. 2017.

Betty, Kurniati,. Problematika Pendidikan Karakter anatara Konsep dan Realita.https://bettykuniati.wordpress.com /2013/03/problematika-pendidikan-karakter-antara-konsep-dan-realita/, 30 Mei 2018).

Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Kencana Pramedia Group. 2014.

Depag RI. Al-Quran dan Terjemahannya . Jakarta. 1995.

Faturohman, Pupuh dan AA Suryana. Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung: Refika Aditama. 2015.

Hasan, Abdillah Firmanzah. Ensiklopedia Akhlak Mulia. Solo:Tinta Media. 2015.

Internasional.Kompas.com. Indeks Persepsi Korupsi 2017 Peringkat Indonesia di Bawah Timor Leste. http://international.kompas.com/read/2018/02/26/14444501/ -indeks-persepsi-korupsi-2017 –peringkat-indonesia –di-bawah-timor-leste/ di unduh 29-Mei-2018.

Jalaludin dan Abdullah Idi. 2014. Filsafat Pendidikan (Manusia, Filsafat, Pendidikan). Jakarta: Rajawali Pers. 2014

Jamaludin, Didin. Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia. 2013.

Kadir, Abdul. Dkk. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta:Pranada Media Group. 2014.

Lickona, Thomas. 2016. Educating For Carakter (Mendidik untuk Membentuk Karakter). Jakarta: Bumi Aksara. 2016

Mahmud. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia. 2011.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012.

Mubarok, Ahmad. Psikologi Keluarga dari Keluarga Sakinah Hingga Keluarga Bangsa. Jakarta:Mubarok Institut. 2011.

Salahudin, Anas dan Irwanto Alkrienciehie. Pendidikan Karakter, Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia. 2013.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2017.

Sani, Ridwan Abdullah dan Muhammad Kadri. Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara. 2016.

Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:Prenada Media Group. 2013

Shihab, M. Quraish. Yang Hilang Dari Kita Akhlak. Tanggerang: Lentera Hati. 2016.

Sriwilujeng, Dyah. Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga. 2017.

Sugiono. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet.2017

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2015.

Sutirna, dan Asep Samsudin. Landasan Pendidikan Teori dan Praktek. Bandung: Refika Aditama. 2015.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2014.

Tafsir, Ahmad. Pendidikan Karakter Berbasis Wahyu. Tanggerang Selatan: Gaung Persada. 2016.

Tobroni. Memperbincangkan Pemikiran Pendidikan Islam. Jakata: Prenadamedia Group. 2018

Wibowo, Agus. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2016.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v6i2.12917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siti Maemunah Rohmah, Tajudin Noor, Undang Ruslan W

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id