Implementation of Islamic character education in developing religious moderation at vocational high school


Fuad Hilmi(1*), Nablur Rahman Annibras(2), Abdul Ghani(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Fatoni University Thailand, Thailand
(*) Corresponding Author

Abstract


The aim of the research is the implementation of Islamic Character Education in fostering religious moderation at the Syahida Vocational High School (SMK). This study used descriptive qualitative method. Research subjects were selected using purposive sampling. Data collection techniques include: observation, interviews, and documentation. The research subjects were school principals, student affairs, Islamic religious education teachers, and students. Data analysis techniques use data collection, data reduction, data presentation, and verification. The research results show that the implementation of Islamic Character Education at Syahida Vocational School can be seen from students praying before and after studying, celebrating religious holidays, facilitating the use of worship, and tolerance in the school environment. This is proven by data verification using a data assessment rubric, that the results of observations, interviews and documentation show that the application of Islamic Character Education can produce students who are moderate in religion. The conclusion of this research is that the application of Islamic Character Education is very appropriate for forming students who are moderate in religion.

 

Tujuan dari penelitian Implementasi Pendidikan Karakter islami dalam pembinaan moderasi beragama di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Syahida. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala Sekolah, bidang kesiswaan, Guru Pendidikan Agama Islam, dan Siswa. Tekhnik analisis data menggunakan data collection, data reduction, data display, dan verifying. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pendidikan Karakter islami yang dilaksanakan di SMK Syahida dilihat siswa yang berdoa sebelum dan sesudah melakukan belajar, merayakan hari-hari besar keagamaan, memfasilitasi yang digunakan untuk beribadah, dan toleransi di lingkungan sekolah. Hal ini dibuktikan dengan verifikasi data dengan rubrik penilaian data, bahwa dari hasil observasi, wawancara, serta dokumentasi menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter islami dapat menciptakan siswa yang moderat dalam beragama. Simpulan dari Penelitian ini bahwa mengimplementasikan pendidikan karakter islami sangat tepat untuk membentuk siswa yang moderat yang moderat adalam beragama.


Keywords


Education; Islam; Values

Full Text:

PDF

References


Abdillah, A., & Syafe’i, I. (2020). Implementasi pendidikan karakter religius di SMP Hikmah Teladan Bandung. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 17–30.

Ahmad, E. S. (2020). Peran Keluarga Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 19(2), 197–202.

Ahmad, N. (2019). Mengasah Potensi Kepribadian Anak melalui Pendekatan Komunikasi Positif. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 152–168.

Al Fata, M. T. (2015). Manifestasi Budaya dalam Pendidikan Islam: Membangun Intelektualisme Budaya dengan Nilai-Nilai Pendidikan Islam. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 10(2), 291–316.

Alfi, I., & Halwati, U. (2021). Religious Diversity and Philanthropy in Social Work Practices: Intervention Capital in Empowerment. WELFARE: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 10(1), 1–400.

Aminuddin, A., & Kamaliah, K. (2022). Perencanaan Pendidikan Agama Islam Kontemporer. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(1), 56–64.

Anwar, H. K., Martunis, M., & Fajriani, F. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Pergaulan Bebas Pada Remaja Di Kota Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(2).

APRIANTO, J. (2020). Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Masjid Paripurna Kota Pekanbaru Di Kecamatan Tampan Ditinjau Menurut Fiqh Siyasah. Univrsitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Arif, W. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Pembinaan Budaya Religius. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(1), 69–78.

Arifin, Z. (2008). Metode Pbnelitian. Remaja Rosdakarya.

Awwaliyah, R., & Baharun, H. (2019). Pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional (Telaah epistemologi terhadap problematika pendidikan Islam). Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 19(1), 34–49.

Chadidjah, S., Kusnayat, A., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI: Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar Menengah dan Tinggi. Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 114–124.

Choirun Nisa, N. I. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Tematik Kelas III Di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri. IAIN Kediri.

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ernawati, E., & Safitri, R. (2017). Analisis kesulitan guru dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran fisika berdasarkan kurikulum 2013 di kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 49–56.

Esmael, D. A., & Nafiah, N. (2018). Implementasi pendidikan karakter religius di sekolah dasar khadijah surabaya. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 16–34.

Etikasari, N. W. (2018). Persepsi Mahasiswa Program Studi S1 Ppkn Universitas Negeri Surabaya Terhadap Wacana Intoleransi Di Media Sosial. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 6(01).

Eulis Habibah. (2022). Wawancara dengan Guru Pendidikan Agama Islam.

Fajar. (2022). Wawancara Wakil kepala Bid. Kesiswaan.

Febriani, I. S. (2022). Upaya Pelestarian Lingkungan Melalui Penguatan Ekologi Keluarga Berbasis Al-Quran. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 9(01), 55–72.

Heri, G. (2012). Pendidikan karakter konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta, 7, 31.

Hulu, Y. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Pada Siswa Kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 18–23.

Huntojungo, S. M. (2020). Standar Penilaian Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Tapa. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 5(1), 23–46.

Husniyah, N. I. (2015). Religious Culture dalam Pengembangan Kurikulum PAI. Akademika, 9.

Ikrimah, M., & Arifin, A. S. (2022). Evaluasi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Kelas IV di MI Yappi Gedad Playen Kabupaten Gunungkidul. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 1(1), 26–38.

Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.

Janice, A. (2014). studi tentang pelaksanaan tugas dan fungsi badan Pemberdayaan masyarakat desa (bpmd) dalam Pembangunan desa di desa tanjung lapang Kecamatan malinau barat kabupaten malinau. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(3), 2015.

Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82–89.

Khotimah, H. (2020). Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Pesantren. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 62–68.

Listiana, Y. R. (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1544–1550.

Mulyasa, E. (2007). Standar kompetensi dan sertifikasi guru.

Mustika, D., Ambiyar, A., & Aziz, I. (2021). Proses penilaian hasil belajar kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6158–6167.

Mustoip, S. (2018). Implementasi pendidikan karakter.

Nailufar, N. (2012). Implementasi konsep pendidikan karakter di lingkungan SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012.

Putri, A. R. M., Zulkifli, Z., & Luthfiyanti, L. (2021). Pembelajaran Menentukan Fakta dan Opini Menggunakan Surat Kabar Digital" Kalimantan Post" Peserta Didik Kelas XII SMAN 4 Banjarmasin. LOCANA: Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa, 4(1), 29–38.

Putri, S. N. A., & Fadlullah, M. E. (2022). Wasathiyah (Moderasi Beragama) dalam Perspektif Quraish Shihab. INCARE, International Journal of Educational Resources, 3(1), 66–80.

Rahayu, L. R., & Lesmana, P. S. W. (2020). Potensi Peran Perempuan dalam mewujudkan moderasi beragama di Indonesia. Pustaka, 20, 31–37.

Riadi, A. (2017). Problematika sistem evaluasi pembelajaran. ITTIHAD, 15(27).

Rofik, M. N., & Misbah, M. (2021). Implementasi Program Moderasi Beragama yang Dicanangkan oleh Kementerian Agama Kabupaten Banyumas di Lingkungan Sekolah. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(2), 230–245.

Rohendi, E. (2016). Pendidikan karakter di sekolah. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(1).

Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1.

Solahudin. (2022). Wawancara Kepala Sekolah.

Sujana, I. G. (2014). Peranan Pendidikan Karakter dalam Membangun Perilaku Pembelajaran. Widya Accarya, 3(1).

Sutarna, N. (2016). Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar dalam Perspektif Islam. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Ummah, R. (2021). Implementasi Nilai Pluralisme Dalam Pendidikan Islam. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 46–61.

Usman, H., & Akbar, P. S. (2022). Metodologi Penelitian Sosial (Edisi Ketiga). Bumi Aksara.

Yani, F., & Damayanti, E. (2020). Implementasi nilai-nilai pancasila melalui pendidikan pancasila sebagai upaya membangun sikap toleransi pada mahasiswa di universitas potensi utama. Jurnal Lex Justitia, 2(1), 48–58.

Yenuri, A. A., Islamy, A., Aziz, M., & Muhandy, R. S. (2021). Paradigma Toleransi Islam Dalam Merespons Kemajemukan Hidup Di Indonesia:(Studi Analisis Pemikiran KH Ahmad Shiddiq). POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan, 2(2), 141–156.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v8i2.24900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id