Cultivating Religious Values Through the Habit of Smiling, Greeting, and Saluting in Schools


Ahmad Jailani Nasution(1*), Nurdiyanto Nurdiyanto(2), Andewi Suhartini(3), Hasan Basri(4), Habibburrohman Habibburrohman(5)

(1) UIN Sunan Gunungs Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunungs Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(4) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(5) Karabuk University, Turkey
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to explore the implementation of Smile, Greet, Salute Habituation as a religious behavior in the environment of Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 7 Tapanuli Tengah students. The research method used is descriptive research with a qualitative approach. Data were collected through participatory observation, interviews, and analysis of related documents. The results showed that the habituation of 3S at MIN 7 Tapanuli Tengah has had a positive impact in shaping the religious behavior of students. The existence of a supportive school policy and active participation of students in the practice of 3S can create a friendly environment, and mutual respect, and strengthen religious values. The implications of this research can be a reference for other educational institutions in developing inclusive religious practices at the elementary school level.

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi Pembiasaan Senyum, Sapa, Salam (3S) sebagai perilaku keberagamaan di lingkungan peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 7 Tapanuli Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan 3S di MIN 7 Tapanuli Tengah telah memberikan dampak positif dalam membentuk perilaku keberagamaan peserta didik. Adanya kebijakan sekolah yang mendukung dan partisipasi aktif peserta didik dalam praktik 3S mampu menciptakan lingkungan yang ramah, saling menghargai, dan memperkuat nilai-nilai keberagamaan. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi acuan bagi institusi pendidikan lain dalam mengembangkan praktik keberagamaan yang inklusif di tingkat sekolah dasar.

 


Keywords


Keberagamaan Peserta Didik, MIN 7 Tapanuli Tengah, Senyum Sapa Salam (3S)

References


Affandy, S. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan PErilaku Keberagamaan Peserta Didik. Atthulab, II(2), 192–207. http://www.nber.org/papers/w16019

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Alawi, D., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2022). Pendidikan Karakter Melalui Konsep Budaya Islami dan Sekolah Ramah Anak di SMP Islam Cendekia Cianjur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2514–2520.

Anwar, C., & Nuryana, A. (2019). Nilai pendidikan aqidah akhlak dalam surah al-Baqarah ayat 177 dan al-Nisa ayat 36. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 4(2), 144–157. https://doi.org/10.15575/ath.v4i2.4620

Astuti, D. (2023). Tantangan dan Peluang Integrasi Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3, 138–148.

Daga, T. A. (2022). Penguatan Peran Guru Dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar Agustinus Tanggu Daga Pendidikan Guru Sekolah Dasar Stkip Weetebula Sumba Ntt Indonesia. Elementary School Education Journal, 6(1), 1–24.

Djollong, A. F., & Akbar, A. (2019). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI ANTAR UMMAT BERAGAMA PESERTA DIDIK UNTUK MEWUJUDKAN KERUKUNAN. Jurnal Al-Ibrah, VIII(Maret), 73–92. https://doi.org/10.1007/978-3-476-05282-7_1

Dwipayana, P. A. P., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Budaya Lokal Untuk Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 49–60. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/24628

Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Jurnal jendela pendidikan. Jendelaedukasi.Id, 01(02), 48–60. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/6

Fatimah, F. (2021). Implementasi Budaya Religius dalam Membina Akhlak Siswa di MI Rahmatullah Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 68–78. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.189

Fauziah, M. (2019). Konsep Kebaikan Dalam Persfektif Dakwah. Al-Idarah : Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 3(1), 95–108.

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyanti, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Firdaus, N. (2023). Senyum : Psikologi Positif Dan Psikologi Islam. Indonesian Journal of Islamic Counseling , 5(1), 193–201. http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/ijic

Ismail, R. (2018). Implementasi Budaya Religius Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Peserta Didik. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 53–68. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/506

Mahardika, I. (2023). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Sangat Penting Untuk Membantu Memperkuat Identitas Nasional Di Era Abad 21. Jurnal Krakatau, 1(1), 7–10. https://jurnal.desantapublisher.com/index.php/krakatau/article/view/99/143

Mareta, A. M. (2020). Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Selama “Stay At Home.” Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan, 4(1), 56. https://doi.org/10.31958/jsk.v4i1.2159

Muslihi, A. (2023). UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENUMBUHKAN NILAI- NILAI. 1(2), 106–116.

Naim, Z. A., & Djazari, M. (2019). Pengaruh Kreativitas Belajar, Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru, Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Smk Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 127–144. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26517

Nisa’, R., Lindawati, Y. D., & Wahananto, J. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Moral Peserta Didik. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 61–70. https://journal.stitaf.ac.id/index.php/ibtida

Nisa, W. L., Siddiq, N., & Nurcholiso, L. R. (2021). Etika Tegur Sapa Antara Siswa Dan Guru (Studi Analisis Qur’an Surat An-Nisa Ayat 86). Jurnal Profesi Pendidikan Dan Keguruan Alphateach, 2(1), 1–9.

Priatna, T., Baihaqi, W., Rahman, A., & Sunarya, Y. (2020). Reformulasi Tugas dan Fungsi Guru Menghadapi Tantangan Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Karya Tulis Ilmiah (KTI), 1–13.

Rukhmana, T. (2021). Jurnal Edu Research Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS) Page 25. Jurnal Edu Research : Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 2(2), 28–33.

Sari, R. P., Revina, I., Kurniansyah, D., & Sitindaon, E. H. (2023). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora Edukasi Penerapan Budaya 5S ( Senyum , Salam , Sapa , Sopan dan Santun ) dalam Kehidupan Sosial Anak Panti Asuhan Yayasan Nischaya Indonesia di Kecamatan Medan Selayang Kota Medan. Abdisoshum, 2(2), 155–160. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v2i2.1481

Sarwina, E., Praheto, B. E., & Rasijah. (2022). Penerapan Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa Sopan Dan Santun) Sebagai Bentuk Penanaman Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Sdn 001 Air Asuk. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022, 3(April), 88–92.

Shofia Rohmah, N. N., Markhamah, Sabar Narimo, & Choiriyah Widyasari. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124

Sitorus, G. H. (2022). Aktualisasi Kearifan Lokal Marsisarian di Kota Tarutung sebagai Dasar Moderasi Beragama. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(4), 1387. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.1078

Syahrani. (2018). Manajemen Kelas Yang Humanis. Ar-Risalah, 14(1), 59–74.

Umar, M. (2019). Urgensi Nilai-Nilai Religius Dalam Kehidupan Masyarakat Heterogen Di Indonesia. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 71. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.909




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v9i1.32304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id