Tantangan pemahaman standar penilaian tenaga pendidik pada madrasah


Ana Syifaunajah(1), Fajar Meihadi(2*)

(1) Madrasah Tsanawiyah As-Sa’adah Sumedang, Indonesia
(2) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pencapaian Standar Nasional Pendidikan bagi madrasah merupakan salah satu keberhasilan dan mutu pendidikannya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil pemahaman dan pencapaian Standar Nasional Pendidikan di lingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrument berupa pedoman wawancara tentang standar nasional pendidikan sumber data diperoleh dari kepala sekolah dan 3 (tiga) orang guru PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya variasi pemahaman tentang standar penilaian. Selain itu, terdapat pemahaman yang berbeda tentang standar penilaian antara kepala sekolah dan guru. Sehingga hasil penelitian ini berimplikasi terhadap pentingnya sosialisasi komponen-komponen standar evaluasi kepada seluruh pendidik di suatu sekolah/madrasah.

Keywords


standar penilaian; standar nasional pendidikan

References


Amaroh, S. (n.d.). Urgensi Pelatihan bagi Peningkatan Profesionalitas Guru. Retrieved from https://storage.googleapis.com/google-code-archive-downloads/v2/code.google.com/imadiklus/3 Siti Amaroh. URGENSI PELATIHAN BAGI PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU.pdf

Amrullah, M. A. (2017). Sistem Penilaian dalam Pembelajaran. All Professional Teachers Should Conduct a Certain Assessment in the End of Every Learning Process. Assessing Students’ Learning Process Is an Integral Part of Whole Learning Process. The Kinds of Test May Take in Various Forms: Oral Test, Written Test, P, 7(2). Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/ index.php/albayan

Anjelica, Sharon, dkk. (2017). Manfaat Sosialisasi Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Bagi Masyarakat di Kecamatan Sario. Sosial, VI(1).

Baharun, H. (2016). Penilaian Berbasis Kelas pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 3(2), 204-216.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakart: Departemen Pendidikan Nasional.

Excerpt, A., & Entry, O. (2006). Socialization, (1994).

Hamsinah. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia Bagi Tenaga Guru. Soaial Pendidikan, 3(1). Retrieved from http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK/article/view/3799

Kamil, M. (2010). Model penelitian dan pelatihan. Bandung: Alfabeta.

Mei Chuo, C. (2011). Student Teachers Socialization Development By Teaching Blog: Reflections and Socialization Strategies. Journal of Educational Technology, 10(2). Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ932238.pdf

Mustikawan, A. (2013). Evaluasi Sistem Penilaian di PTAI. Tarbiyah, IX(1). Retrieved from http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/elhikmah

Rahman, T. (2016). Menggagas Pengelolaan Penilaian Untuk Peningkatan Pembelajaran. Pendidikan Islam, 1(1). Retrieved from http://ojs.pps-ibrahimy.ac.id/index.php/jpii

Rusdin. (2017). Pendidikan dan Pelatihan sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Guru di SMP Negeri 2 Linggang Bigung. Ilmu Komunikasi, 5(4). Retrieved from http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/article/view/885

Raharjo. (2014). Kontribusi Delapan Standar Nasional Pendidikan Terhadap Pencapaian Prestasi Belajar. Standar Pendidikan. Retrieved from http://jurnaldikbud. kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/download/160/146

Raharjo, S. B. (2014). Kontribusi Delapan Standar Nasional Pendidikan terhadap Pencapaian Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 470-482.

Rembang, P., Hatidja, D., & Komalig, H. (2017). Deskripsi SMA/SMK Di Kabupaten Minahasa Tenggara Berdasarkan Indikator Standar Nasional Pendidikan Berbasis Evaluasi Diri Sekolah (Standar Sarana Dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan Dan Standar Penilaian Pendidikan). Jurnal Ilmiah Sains, 17(2), 117-125.

Soerjono, S. (2009). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Sudjana, N. (n.d.). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Supriyono. (2006). Desain Diklat Pendidk dan tenaga Kependidikan. Jurnal Ilmiah, 1(2). Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/download/2761/2068

Susila, I. K. (2012). Pengembangan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja (Performance Assesment) Laboratorium Pada Mata Pelajaran Fisika Sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMA Kelas X di Kabupaten Gianyar. Evaluasi Pendidikan. Retrieved from https://anzdoc.com/artikel-oleh-i-ketut-susila-nim.html

Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wursanto. (2003). Etika Komunikasi. Yogyakarta: Kansius.

Miarso, Y. (2008). Peningkatan kualifikasi guru dalam perspektif teknologi pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 66-76.

Baharun, H. (2016). Penilaian Berbasis Kelas pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 3(2), 204-216.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v4i2.4448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ana Syifaunajah, Fajar Meihadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id