Implementasi Metode ACQ (Aku Cinta Al-Qur’an) dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an


Panca Selly Inariska(1*), Taufik Saleh(2), Risma Samrotunnajah(3), Wahyudin Wahyudin(4), Resa Aprilia(5)

(1) SDN Jadi Sepakat, Indonesia
(2) SDIT Assa'idiyyah, Indonesia
(3) SMPN 1 SETU Bekasi, Indonesia
(4) SMP Alam Bandung, Indonesia
(5) SDN 2 Depok, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This research is motivated by the problem of students who look lazy and not enthusiastic when asked to memorize the Qur'an. The purpose of this study was to determine the effect of applying the ACQ method on students' ability to memorize the Qur'an. This research departs from the idea that the method is a way of presenting subject matter carried out by educators so that the learning process occurs in students in an effort to achieve goals. With the ACQ method, students feel like they are playing, not pressured, enjoyable in every learning session, making them love listening to the Qur'an and far from feeling compelled. The method used in this study is a quasi-experimental form of nonequivalent control group design. The sample used in this study amounted to 31 experimental class students and 33 control class students at UPI Laboratory Junior High School, Cibiru Campus. Data collection techniques used are tests, observations, and documentation studies. Quantitative data were analyzed using a statistical test approach and qualitative data were analyzed using logic. From the research results obtained that: 1). The process of implementing the ACQ method begins with reading the QS. An-Naba, providing information related to learning steps, students sit in groups of 6 people, the teacher gives examples of memorizing the Qur'an and directs students to repeat each gesture, the teacher gives 10 minutes for students to memorize, students go forward to demonstrate their memorization . 2). Increased students' ability to memorize the Qur'an after using the ACQ method by 3%. 3). The application of the ACQ method has a significant effect on students' ability to memorize the Qur'an. Shown by the results of hypothesis testing with a significance level of 5% obtained Tcount 3.30 > Ttable 1.67022, then the proposed hypothesis is accepted..

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pada siswa yang terlihat malas dan tidak bersemangat jika disuruh menghafalkan Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode ACQ terhadap kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa metode adalah cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadinya proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan. Dengan metode ACQ siswa merasa seperti sedang bermain, tidak tertekan, menyenangkan dalam setiap sesi pembelajaran membuat mereka cinta dalam mendengarkan Al-Qur’an dan jauh dari rasa keterpaksaan.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment bentuk nonequivalent control group design.  Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa kelas eksperimen dan 33 siswa kelas kontrol di SMP Laboratorium-Percontohan UPI Kampus Cibiru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan studi dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan pendekatan uji statistik dan data kualitatif dianalisis menggunakan logika. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: 1). Proses penerapan metode ACQ terlaksana diawali dengan membacakan QS. An-Naba, pemberian informasi terkait langkah-langkah pembelajaran, siswa duduk berkelompok beranggotakan 6 orang, guru memberi contoh menghafal Al-Qur'an dan mengarahkan siswa untuk mengulangi setiap gerakan isyarat, guru memberi waktu 10 menit untuk siswa menghafal, siswa maju mendemonstrasikan hafalannya. 2). Peningkatan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa setelah menggunakan  metode ACQ sebanyak 3%. 3). Penerapan metode ACQ berpengaruh signifikan terhadap kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa. Ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Thitung 3,30 > Ttabel 1,67022, maka hipotesis yang diajukan diterima.


Keywords


Metode ACQ; Menghafal Al-Qur'an; PAI

References


Ahmadi, A. (1998). Psikologi Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Al-Bukhari, M. (1981). Sahih al-Bukhari. Beirut: Dar al-Fikr.

Al-Ghautsani, Y.-R. (2001). Kaifa Tahfaz Al-Qur'an Qawaa'id Asasiyyah Wa Turuq 'Amaliyyah. Dimasq: Maktabah Al-Ghautsani.

Alhafidz, A. W. (2004). Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara.

Ali, A., & Muhdlor, A. Z. (1996). Kamus Kontemporer Arab-Indonesia. Yogyakarta: Multi Karya Grafika.

Al-Kaheel, A. (2010). Al-Qur'an The Healing Book. Jakarta: Tarbawi Press.

Al-Nawawi, A. (2001). Adab Mengajarkan Al-Qur'an. Jakarta: Hikmah.

Alwi, H. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Al-Zarkasyi. (2006). al-Burhan fi 'Ulum al-Qur'an. Qahirah: Dar al-Hadits.

Ariani, S., & Realita. (2015, Januari-Juni). PROGRAM BENGKEL MENGAJI (Upaya Peningkatan Kemampuan Tahsin). Jurnal Mudarrisuna, 5, 129.

Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahasa, T. P. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Bustanul Iman RN, d. (2018, Maret 23-25). Penerapan Metode Menghafal Pada Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Muhammadiyah Parepare. KNAPPPTMA KE-7, 164.

Danial, E., & Nanan. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pkn UPI.

Diantama, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Rahmat.

Hasanah, D. U. (2015). Upaya Meningkatkan Hafalan Al-Qur'an Melalui Metode Kauny Quantum Memory (Penelitian Tindakan Kelas Mata Pelajaran PAI Materi Hafal Surah-Surah Pendek di Kelas VIII A SMPN 7 Cimahi Kota Cimahi). Bandung.

Hayati, T. (2013). Pengantar Statistika Pendidikan. Bandung: Insan Mandiri.

Hidayat, A. (2018). Muslim Zaman Now 30 Hari Hafal Al-Qur'an Metode At Taisir. Bekasi Selatan: Institut Quantum Akhyar.

Maryana, U. (2011). Implemenentasi Metode Isyarat dalam Pembelajaran Al- Qur’an di TPQ K.H Ahmad Dahlan Dau Malang. Malang.

Masidjo. (2010). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Munawwir, A. W. (2002). Kamus al Munawwir. Surabaya: Pustaka Progressif.

Munjahid. (2007). Strategi Menghafal Al-Qur'an 10 Bulan Khatam. Yogyakarta: Idea Press.

Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nizar, S., & Ramayulis . (2009). Filsafat Pendidikan Islam Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia.

Novitasari, D. (2013). Efektivitas Metode ODOA (ONE DAY ONE AYAT) dalam Menghafal Al-Qur'an bagi Siswa Kelas IV SDN Karang Tengah 02 Weru Sukoharjo. Yogyakarta.

Nugraha, E. (1993). Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV Parmadi.

Nurdin, M. (2004). Kiat Menjadi Guru Profesional. Jogjakarta: Prismasophie.

Sa'dullah. (2008). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur'an. Depok: Gema Insani.

Sagala, S. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.

Said, S. L. (2010). Menghafal dan Memahami Al-Qur'an dengan Gerakan Isyarat Edisi Ayat-Ayat Akhlak. Jawa Timur: Daffa Publishing.

Said, S. L. (2016). Kenapa Allah Nggak Kelihatan, Ma? Menjawab 50 Pertanyaan Anak Seputar Agama. Bandung: Noura Books.

Sastrapradja, M. (1991). Kamus Istilah dan Pendidikan Umum. Surabaya: Usaha Nasional.

Shadily, H., & M Echol, J. (1995). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Subana. (2005). Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana, N. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaeman, D. Y. (2007). Mukjizat Abad 20: Dokter Cilik Hafal dan Paham Al-Quran; Wonderful Profiel of Husen Tabataba'i. Depok: Pustaka IIMAN.

Susanto, J. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study dengan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di SD. Journal of Primary Educational, 75.

Tafsir, A. (1995). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tekan, I. (2005). Tajwid: Al-Qur'anil Karim. Jakarta: Pustaka al-Husna Baru.

Wahid, W. A. (2015). Panduan Menghafal Al Qur’an Super Kilat Step By Step dan Berdasarkan Pengalaman. Yogyakarta: Diva Press.

Wahidi, R. (2017). Hafal Al-Qur'an Meski Sibuk Sekolah. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Yayan, M. H. (2014). Quantum Tahfidz Metode Cepat dan Mudah Menghafal Al-Quran. Palembang: EMIR Cakrawala Islam.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v6i2.4780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Panca Selly Inariska

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id