Profil pemahaman standar proses tenaga pendidik di sekolah


Mohammad Reza Arianto(1*)

(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pencapaian standar nasional pendidikan bagi sekolah merupakah salah satu keberhasilan dan mutu pendidikannya, sehingga penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil pemahaman dan pencapaian standar nasional pendidikan dilingkunagn sekolah. Metode penilitan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pedoman wawancara tentang standar nasional pedidikan. Sumber data diperoleh dari lima orang. Hasil penelitian menunjukan ada variasi pemahaman tentang standar proses. Selain itu terdapat variasi komponen/aspek standar proses yang dipahami oleh guru-guru. Sehingga hasil penelitian ini berimplikasi terhadap pentingnya sosialisasi komponen-komponen standar evaluasi kepada seluruh pendidik disuatu sekolah.


Keywords


standar penilaian; standar nasional pendidikan

References


Anon., Februari 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Issue ISSN: 2252-3014, pp. 1-19.

Moleong, L. J., 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi ed. Bandung: Rosda Karya.

U.S., S., n.d. Arah Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Formatif, Issue ISSN: 2088-351X, pp. 111-121.

Chodijah, S., & Ahmad Fauzi, dan R. W. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiryyang Dilengkapi Penilaian Portofolio Pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 1, (ISSN: 2252-3014). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id

Manoppo, Y. K. (2014). Analisis penerapan standar proses pembelajaran pendidikan agama islam di smp negeri 2 kota gorontalo. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol 2, No. Retrieved from

http://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi%0Aanalisis penerapan

Murwati, H. (2013). Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Di Smk Negeri Se-Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi (BISE), Vol.1, 12. Retrieved from https://eprints.uns.ac.id/1083/1/1896-4270-1-SM.pdf

Rahmawati, Desi Anggraini, A. D. (2017). Evaluasi Program Kurikulum Berdasarkan Standar Isi, Standar Proses, Dan Standar Kompetensi Lulusan Di Sdn Pisangan Timur 10 Pagi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), Vol 5 No 1(2302–2663, 10.21009/JPEB,). Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpeb




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v4i2.4958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mohammad Reza Arianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id