Profil pemahaman standar proses tenaga pendidik di sekolah

Authors

  • Mohammad Reza Arianto SMAN 1 Jatitujuh Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.15575/ath.v4i2.4958

Keywords:

standar penilaian, standar nasional pendidikan

Abstract

Pencapaian standar nasional pendidikan bagi sekolah merupakah salah satu keberhasilan dan mutu pendidikannya, sehingga penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil pemahaman dan pencapaian standar nasional pendidikan dilingkunagn sekolah. Metode penilitan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pedoman wawancara tentang standar nasional pedidikan. Sumber data diperoleh dari lima orang. Hasil penelitian menunjukan ada variasi pemahaman tentang standar proses. Selain itu terdapat variasi komponen/aspek standar proses yang dipahami oleh guru-guru. Sehingga hasil penelitian ini berimplikasi terhadap pentingnya sosialisasi komponen-komponen standar evaluasi kepada seluruh pendidik disuatu sekolah.

References

Anon., Februari 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Issue ISSN: 2252-3014, pp. 1-19.

Moleong, L. J., 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi ed. Bandung: Rosda Karya.

U.S., S., n.d. Arah Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Formatif, Issue ISSN: 2088-351X, pp. 111-121.

Chodijah, S., & Ahmad Fauzi, dan R. W. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiryyang Dilengkapi Penilaian Portofolio Pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 1, (ISSN: 2252-3014). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id

Manoppo, Y. K. (2014). Analisis penerapan standar proses pembelajaran pendidikan agama islam di smp negeri 2 kota gorontalo. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol 2, No. Retrieved from

http://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi%0Aanalisis penerapan

Murwati, H. (2013). Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Di Smk Negeri Se-Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi (BISE), Vol.1, 12. Retrieved from https://eprints.uns.ac.id/1083/1/1896-4270-1-SM.pdf

Rahmawati, Desi Anggraini, A. D. (2017). Evaluasi Program Kurikulum Berdasarkan Standar Isi, Standar Proses, Dan Standar Kompetensi Lulusan Di Sdn Pisangan Timur 10 Pagi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), Vol 5 No 1(2302–2663, 10.21009/JPEB,). Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpeb

Published

2019-11-21