Profil pemahaman standar proses tenaga pendidik di sekolah
DOI:
https://doi.org/10.15575/ath.v4i2.4958Keywords:
standar penilaian, standar nasional pendidikanAbstract
Pencapaian standar nasional pendidikan bagi sekolah merupakah salah satu keberhasilan dan mutu pendidikannya, sehingga penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil pemahaman dan pencapaian standar nasional pendidikan dilingkunagn sekolah. Metode penilitan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pedoman wawancara tentang standar nasional pedidikan. Sumber data diperoleh dari lima orang. Hasil penelitian menunjukan ada variasi pemahaman tentang standar proses. Selain itu terdapat variasi komponen/aspek standar proses yang dipahami oleh guru-guru. Sehingga hasil penelitian ini berimplikasi terhadap pentingnya sosialisasi komponen-komponen standar evaluasi kepada seluruh pendidik disuatu sekolah.
References
Anon., Februari 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Issue ISSN: 2252-3014, pp. 1-19.
Moleong, L. J., 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi ed. Bandung: Rosda Karya.
U.S., S., n.d. Arah Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Formatif, Issue ISSN: 2088-351X, pp. 111-121.
Chodijah, S., & Ahmad Fauzi, dan R. W. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiryyang Dilengkapi Penilaian Portofolio Pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 1, (ISSN: 2252-3014). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id
Manoppo, Y. K. (2014). Analisis penerapan standar proses pembelajaran pendidikan agama islam di smp negeri 2 kota gorontalo. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol 2, No. Retrieved from
http://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi%0Aanalisis penerapan
Murwati, H. (2013). Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Di Smk Negeri Se-Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi (BISE), Vol.1, 12. Retrieved from https://eprints.uns.ac.id/1083/1/1896-4270-1-SM.pdf
Rahmawati, Desi Anggraini, A. D. (2017). Evaluasi Program Kurikulum Berdasarkan Standar Isi, Standar Proses, Dan Standar Kompetensi Lulusan Di Sdn Pisangan Timur 10 Pagi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), Vol 5 No 1(2302–2663, 10.21009/JPEB,). Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpeb
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).