Politik pendidikan “hari santri†dan pengembangan pendidikan Islam di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.15575/ath.v4i2.5084Keywords:
hari santri nasional, pendidikan tradisionalAbstract
Santri turut serta membangun bangsa ini seakan hilang dalam sejarah bangsanya. Joko Widodo menetapkan Hari Santri Nasional sebagai bentuk apresiasi, mengingat perjuangan ulama dan santri terdahulu ikut berkontribusi memperjuangkan kemerdekaan. 22 Oktober diputuskan sebagai Hari Santri Nasional diambil dari peristiwa resolusi jihad Hadratussyaikh Hasyim Asyari dimana membela tanah air hukumnya fardlu ain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implikasi Hari Santri Nasional terhadap pengembangan pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hari Santri Nasional belum terlihat dampak yang signifikan mengingat Hari Santri Nasional baru berjalan dua tahun, dalam perjalanannya Hari Santri Nasional diharapkan mengembalikan eksistensi santri dan dikenal masyarakat luas yang pada gilirannya menumbuhkan jiwa nasionalisme. Adanya Hari Santri Nasional diharapkan santri dan umat Muslim pada umumnya memiliki semangat tinggi dalam mengisi kemerdekaan.
References
Alam, C. P. (2011). Skripsi. Bandung.
Alwi, B. M. (2013). Pondok Pesantren: Ciri Khas, Perkembangan, dan Sistem Pendidikannya. 16.
Ambarwati, I. (2018). Pola Asuh dan Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren. 2 Nomor 1(22).
Ambarwaty, I. (2018). Pola Asuh dan Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren. 2 Nomor 1(22).
Ash, I. R. (2017). (Studi Komparatif Respons Politik Ormas Nahdatul Ulama ’ Dan Muhammadiyah). Dalam Skripsi.
Azra, A. (2003). Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu.
Bakry, A. (2010). Kebijakan pendidikan sebagai kebijakan publik. 2.
Bashori. (2017). Modernisasi Lembaga Pendidikan Pesantren. 6.
Bella Harum Ashari, B. M. (2017). Analisis Deskriptif dan Tabulasi Silang pada Universitas di Kota Surabaya ).
Djumransjah, H. M. (2011). pendidikan pesantren dan kemandirian santri.
https://jejakislam.net/memaknai-hari-santri/. (t.thn.). Diambil kembali dari Jejak Islam untuk Bangsa.
Jatmika, P. P. (2017). Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Pengelolaan Pasar Tradisional Di Kota Probolinggo. 5.
Jejak Islam untuk negeri. (2019). Diambil kembali dari https://jejakislam.net/memaknai-hari-santri/.
Lexy, M. J. (2014). Metode Penelitian kualitatif. Bandung.
memaknai hari santri. (t.thn.). Dipetik October Monday, 2019, dari https://jejakislam.net/memaknai-hari-santri/.
Muhakamurrohman, A. (2014). PESANTREN : SANTRI, KIAI, DAN TRADISI. 12.
Nizar, S. (2001). Pengantar Dasar-Dasar Pendidikan Islam. Jakarta: PT Gaya Media Pratama.
Rahayu, P. (2017). Skripsi. Jombang.
Rizkiansyah, B. (2019). artikel.
Syafe’i, I. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. 8.
Tafsir, A. (2014). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zakiah, L. (2004). Kepercayaan santri pada kiai.
Zuhriy, M. S. (2011). Budaya Pesantren Dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf. 19.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).