Bimbingan orang tua dalam mengembangkan kepribadian anak
DOI:
https://doi.org/10.15575/ath.v4i2.5575Keywords:
bimbingan orang tua, kepribadian, anakAbstract
Keluarga sebagai lembaga pendidikan yang pertama dan utama, keberadaannya menentukan masa depan anak. Dengan tanpa perhatian yang serius dan kasih sayang yang penuh dari kedua orang tua terutama, maka sudah barang tentu pada gilirannya akan sulit terjadi pertumbuhan dan perkembangan jiwa dan mental anak yang sehat dan normal, yang akhirnya sangat berpengaruh terhadap kepribadian anak itu sendiri. Munculnya permasalahan perilaku menyimpang pada anak dan remaja merupakan gambaran dari efek gagalnya bimbingan orang tua di rumah. Salah satu bentuk kepedulian pemerintah Putrajawa terhadap hal tersebut bekerja sama dengan tim PKM UIN Sunan Gunung Djati Bandung akan memberikan sebuah pelatihan bimbingan orang tua dalam mengembangkan kepribadian anak. Metode kegiatan dalam pelatihan berupa seminar dan diskusi serta simulasi seminar diberikan kepada peserta dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana membimbing perkembangan anak yang tepat. Materi yang akan disajikan sebanyak enam materi mulai dari konsep sampai implementasi. Hasil pelatihan ini dapat dinyatakan berhasil. Hal ini dapat dilihat dari: (1) kehadiran peserta sesuai dengan target yaitu 92% (2) hasil pelatihan dinyatakan sangat baik. (3) Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan yang dilihat dari keseriusan mengikuti pelatihan.References
Abdul Mujib. 2007. Kepribadian dalam Psikologi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Husada.
Ahmad Warson Munawwir. 1993. Al-Munawwir, Kamus Arab-Indonesia. Yogyakarta: Pondok Pesantren Karapyak.
Amier Daien Indrakusuma. 1975. Pengantar Ilmu Pendidikan. Malang: Usaha Nasional.
Anwar Sutoyo. 2014. Bimbingan dan Konseling Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
D. B. Helms & J.S. Turner. 1983. Exploring Child Behavior. New York: Holt Rinehartand Winston.
Dini P. Daeng. 1996. Metode Mengajar di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud.
Elizabeth B. Hurlock. 1999. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Ernawulan Syaodih. 2004. Bimbingan di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Dikti Depdiknas
Hasbullah. 2001. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
J.P Chalpin. 2009. Kamus Lengkap Psikologi. Terj. Kartini Kartono, Judul Asli Dictionary Of Psychology. Jakarta: Rajawali Pers.
Kamrani Buseri. 2003. Antologi Pendidikan Islam dan Dakwah Pemikiran Teoretis Praktis Kontemporer. Yogyakarta: UUII Press.
Kartini Kartono. 1986. Psikologi Anak. Bandung: Alumni.
M. Enoch Markum. 2000. Anak Keluarga dan Masyarakat. Jakarta: Sinar Harapan.
M. Solehuddin. 1997. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: FIP UPI
Mahmud Muhammad Al-Jauhari dan Muhammad Abdul Hakim Khayal. 2005. Membangun Keluarga Qur’an. Jakarta: Amzah.
Mahmud Yunus. 1973. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah Penafsir Al-Quran.
Muzayin. 1997. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
Robert J. Havighurst. 1978. Human Development and Education. New York: Longmans Green and Co.
Sabri Jamilah Sanan dan H. Martinis Yamin. 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada Press Group.
Saiful Bahri Djamarah. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rhineka Cipta.
Samsul Munir Amin. 2010. Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.
Saparinah Sadli. 1986. Inteligensi, Bakat, dan Test IQ. Jakarta: Gaya Favorit Press.
Sarlito Wirawan Sarwono. 2005. Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.
Sri Lestari. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Syamsu Yusuf L.N. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Umar Tirtarahardja. 2005. Pengantar Pendidikan: Jakarta: Rineka Cipta.
WJS Purwadarminto. 1998. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Zakiah Darajat, dkk. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Zufan Saam. 2013. Psikologi Konseling. Jakarta: PT Graha Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).