Pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dan Imam al-Ghazali dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.15575/ath.v4i2.5583Keywords:
Miskawaih, al-Ghazali, moral, pendidikan karakterAbstract
Ibn Miskawaih dikenal sebagai intelektual Muslim pertama di bidang filsafat moral. Ia dikenal sebagai sejarawan, filsuf, dokter, penyair, dan ahli bahasa. Seperti halnya Ibn Miskawaih, Imam al-Ghazali adalah orang yang mencintai sains, orang yang suka menemukan kebenaran. Imam al-Ghazali mempelajari berbagai cabang ilmu pengetahuan seperti ilmu agama, ilmu ushul, mantiq, retorika, logika, ilmu kalam, dan filsafat. Dengan kelebihannya yang dia buat, Imam Ghazali tidak puas, sampai dia menjadi seorang Sufi. Oleh karena itu, Pemikiran Ibn Miskawaih dan Imam al-Ghazali harus dikatakan sebagai tokoh Muslim multi-ilmiah. Dengan pengetahuan yang ia miliki, tidak ada keraguan bahwa pemikiran Ibn Miskawaih dan Imam al-Ghazali dapat memberikan perubahan dalam sains, terutama di bidang moralitas. Pemikiran agama, kritis, dan humanis Ibn Miskawaih dan Imam al-Ghazali menyatukan pemikiran abstrak dengan praktik yang sangat logis dan menunjukkan koherensi dan konsistensi bahwa itu dapat digunakan sebagai referensi untuk pengembangan pendidikan moral, terutama dalam Pendidikan Karakter di Indonesia, terutama di era ini di mana manusia belum mampu mempertahankan nilai-nilai moral dalam aspek kehidupan dan terus mengalami dekadensi moral.References
Al-Ghazali, Ihya Ulum Al-Din, Ter. Muhammad al-Baqir, Mengobati Penyakit Hati Membentuk Akhlak Mulia, Bandung : Mizania, 2015
…………., Ihya Ulum Al-Din, Ter. Muhammad Al-Baqir, Mengobati Penyakit Hati Membentuk Akhlak Mulia, Bandung: Mizan, 2015
…………., Mi’raj al-Salikin, Kairo : Silsilat Al-saqafat al-Islamiyat, 1964
Arifin, M, Perbandingan Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002
Aziz, Safrudin, Pemikiran Pendidikan Islam, Yogyakarta: Kalimedia,2015
Dahlan, Abdul Aziz, Pemikiran Falsafi Dalam Islam, Padang : IAIN-Press, 1999
Jalaluddin, Usman Sa’id, Filsafat Pendidikan Islam: Konsep dan Perkembangan Pemikirannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1994
Juraini, Metode Khusus Pendidikan Agama, Malang: Rosda Karya, 2001
Kosim Muhammad, Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Kaldun, Jakarta: Rineka Cipta, 2012
Langgulung, Hasan, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1992
Maksum, Ali dan Luluk Yunan Ruhendi, Paradigma Pendidikan Universal di Era Modern dan Post-Modern, Mencari “Visi Baru†atas “Realitas Baru†Pendidikan Kita, Yogyakarta: IRCiSoD, 2004
Miskawaih, Ibnu, Tahdzib al-Akhlak, Beirut : Darul al-Kutub al-Ilmiah, 1329 H
…………., Ibnu, Tahdzib al-Akhlak, Ter. Helmi Hidayat, Menuju Kesempurnaan Akhlak, Bandung: Mizan, 1994
Mustafa, A, Filsafat Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2007
Mustaqim, Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Tokoh Klasik dan Kontemporer, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999
Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Cet. I, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2005
Rahmaniyah, Istighfarotur, Pendidikan Etika, Malang: UIN-Maliki Press, 2010
Rusn, Abidin Ibnu, Pemikiran Al-Gazali Tentang Pendidikan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1998
Samani, Muchlas dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2013
Suwito, Filsafat Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih, Yogyakarta : Belukar, 2004
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset, 2013
Tirtarahardja, Umar, Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010
Umar, Bukhari, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah, 2010
Zafri, Mustafa, Kunci Memahami Ilmu Tasawuf, Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1991
Zar, Sirajuddin, Filsafat Islam, Filosof dan Falsafatnya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007
Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009
https://mutudidik.wordpress.com/2017/02/28/modul-pelatihan-penguatan-pendidikan-karakter
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).