Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Islam dalam Kurikulum Pembelajaran SMK


Ali Miftakhu Rosyad(1*)

(1) Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This article aims to investigate the process of implementation of character education within the learning curriculum. The essence of implementation of character education within formal education involves various parties simultaneously. The research method conducted is a qualitative approach with case study type. Data collection techniques were interviews, observation, and study of documentation. The results showed that the implementation of character education is the responsibility of all subjects that have been programmed through core competencies, the implementation of character education is carried out through exemplary and habituation processes, evaluation of character education is carried out by the test and non-test methods.

 

Artikel ini bertujuan untuk menginvestigasi proses implementasi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai ajaran Islam dalam kurikulum pembelajaran. Pada esensinya pelaksanaan pendidikan karakter dalam pendidikan formal melibatkan berbagai pihak secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualittif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter menjadi tanggung jawab semua mata pelajaran yang sudah terprogram melalui kompetensi inti, pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan melalui proses keteladanan dan pembiasaan, evaluasi pendidikan karakter dilakukan dengan metode test dan non test.


Keywords


Pendidikan karakter; kurikulum pembelajaran; pendidikan Islam

References


A, D. K. (2012). Pendidikan karakter: Utuh dan menyeluruh. Penerbit Kanisius.

Ahmad, S. (2014). Problematika kurikulum 2013 dan kepemimpinan instruksional kepala sekolah. Jurnal Pencerahan, 8(2).

Arifin, Z. (2013). Cetakan ke 5: Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya, 61.

Basuki, I., & Hariyanto, M. S. (2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung, PT Remaja Rosda Karya.

Buchory, M. S., & Swadayani, T. B. (2014). Implementasi program pendidikan karakter di SMP. Jurnal Pendidikan Karakter, (3).

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghony, M. D., & Almanshur, F. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Haryati, M. (2007). Model dan teknik penilaian pada tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Heri, G. (2012). Pendidikan karakter konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta.

Kurikulum, P., & Kemdiknas, P. B. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Perbukuan Balitbang Kemdiknas.

Lickona, T. (1997). The Teacher’s Role in Character Education. Journal of Education. https://doi.org/10.1177/002205749717900206

Moleong, J. (n.d.). Lexy. 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 165–189.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.

Palobo, M., & Tembang, Y. (2019). ANALISIS KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KOTA MERAUKE. Sebatik, 23(2), 307–316.

Palunga, R., & Marzuki, M. (2017). Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Peserta DIdik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1).

Rosyad, A. M., & Zuchdi, D. (2018). Aktualisasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah dalam pembelajaran IPS di SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i1.14925

Samani, M., & Hariyanto. (2016). Pendidikan Karakter; Konsep dan Model.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Sukmadinata, N. S., & Muchlis. (2000). Pengembangan kurikulum: teori dan praktik. PT Remaja Rosdakarya.

Veithzal, R., & Murni, S. (2009). Education Management Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Zuchdi, D. (2008). Humanisasi Pendidikan,(Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v5i1.7498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ali Miftakhu Rosyad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id