Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Islam dalam Kurikulum Pembelajaran SMK
DOI:
https://doi.org/10.15575/ath.v5i1.7498Keywords:
Pendidikan karakter, kurikulum pembelajaran, pendidikan IslamAbstract
This article aims to investigate the process of implementation of character education within the learning curriculum. The essence of implementation of character education within formal education involves various parties simultaneously. The research method conducted is a qualitative approach with case study type. Data collection techniques were interviews, observation, and study of documentation. The results showed that the implementation of character education is the responsibility of all subjects that have been programmed through core competencies, the implementation of character education is carried out through exemplary and habituation processes, evaluation of character education is carried out by the test and non-test methods.
Â
Artikel ini bertujuan untuk menginvestigasi proses implementasi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai ajaran Islam dalam kurikulum pembelajaran. Pada esensinya pelaksanaan pendidikan karakter dalam pendidikan formal melibatkan berbagai pihak secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualittif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter menjadi tanggung jawab semua mata pelajaran yang sudah terprogram melalui kompetensi inti, pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan melalui proses keteladanan dan pembiasaan, evaluasi pendidikan karakter dilakukan dengan metode test dan non test.
References
A, D. K. (2012). Pendidikan karakter: Utuh dan menyeluruh. Penerbit Kanisius.
Ahmad, S. (2014). Problematika kurikulum 2013 dan kepemimpinan instruksional kepala sekolah. Jurnal Pencerahan, 8(2).
Arifin, Z. (2013). Cetakan ke 5: Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya, 61.
Basuki, I., & Hariyanto, M. S. (2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung, PT Remaja Rosda Karya.
Buchory, M. S., & Swadayani, T. B. (2014). Implementasi program pendidikan karakter di SMP. Jurnal Pendidikan Karakter, (3).
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghony, M. D., & Almanshur, F. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Haryati, M. (2007). Model dan teknik penilaian pada tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Heri, G. (2012). Pendidikan karakter konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta.
Kurikulum, P., & Kemdiknas, P. B. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Perbukuan Balitbang Kemdiknas.
Lickona, T. (1997). The Teacher’s Role in Character Education. Journal of Education. https://doi.org/10.1177/002205749717900206
Moleong, J. (n.d.). Lexy. 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2011). Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 165–189.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.
Palobo, M., & Tembang, Y. (2019). ANALISIS KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KOTA MERAUKE. Sebatik, 23(2), 307–316.
Palunga, R., & Marzuki, M. (2017). Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Peserta DIdik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1).
Rosyad, A. M., & Zuchdi, D. (2018). Aktualisasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah dalam pembelajaran IPS di SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i1.14925
Samani, M., & Hariyanto. (2016). Pendidikan Karakter; Konsep dan Model.
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Sukmadinata, N. S., & Muchlis. (2000). Pengembangan kurikulum: teori dan praktik. PT Remaja Rosdakarya.
Veithzal, R., & Murni, S. (2009). Education Management Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Zuchdi, D. (2008). Humanisasi Pendidikan,(Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).