Model Pembelajaran Mapan dalam Pembelajaran Menulis Huruf Arab pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah


Dayudin Dayudin(1), Bambang Samsul Arifin(2*)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This article aims to get an effective learning model in learning to write Arabic letters for madrasah diniyah students. This research uses the Research and Development method with 76 research subjects as madrasah ibtidaiyah students. The results obtained indicate that the Mapan learning model is very effective in achieving goals and improving learning outcomes in writing Arabic letters for students of Madrasah Ibtidaiyah. During the implementation of the learning model only faces obstacles in the form of engineering learning facilities and infrastructure. Supporting factors which are the strengths of this learning model are the awakening of student learning participation, the learning model is easy to learn and implemented by teachers and students easily follow and capture learning material.

Artikel ini bertujuan untuk mendapatkan sebuah model pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran menulis huruf Arab bagi siswa madrasah diniyah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan subjek penelitian 76 orang siswa madrasah ibtidaiyah. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa model pembelajaran Mapan sangat efektif dalam mencapai tujuan dan peningkatan hasil pembelajaran dalam menulis huruf Arab bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah. Selama implementasi model pembelajaran hanya menghadapi kendala berupa rekayasa sarana dan prasarana pembelajaran. Faktor pendudukung  yang menjadi kelebihan model pembelajaran ini yaitu membangkitkan partisipasi belajar siswa, model pembelajaran mudah dipelajari dan dilaksanakan oleh para guru dan siswa mudah mengikuti dan menangkap materi pembelajaran.


Keywords


Implementasi; Model Pembelajaran; Menulis.

References


Abdurohman, Dede (2015). Cerdas Menulis Sambung Huruf Hijaiyah. Lini Zikrul Kids, Jakarta.

Agnisi, Abina dan Pandhu Dharma (2015). Aku Senang Baca Dan Tulis Hijaiyah. Zikrul Hakim, Jakarta.

Almubarokah, Zakiyanunnisa (2014). Pembelajaran Membaca dan Menulis Huruf Hijaiyah Bersambung pada Anak Usia Late Childhood (Studi Kasus di TPA Luqmaniyah Umbulharjo, Jogjakarta, (Jogjakarta: Skripsi Jurusan PBA UIN Sunan Kalijaga).

Almufti, M. Sifin (2009). Adz-Dzikra I Pelajaran Menulis Huruf Al-Qur’an. Pustaka Adnan, Semarang.

Almufti, M. Sifin (2009). Adz-Dzikra II Pelajaran Menulis Huruf Al-Qur’an. Pustaka Adnan, Semarang.

Almufti, M. Sifin (2009). Adz-Dzikra III Pelajaran Menulis Huruf Al-Qur’an. Pustaka Adnan, Semarang.

Almufti, M. Sifin (2009). Adz-Dzikra IV Pelajaran Menulis Huruf Al-Qur’an. Pustaka Adnan, Semarang.

Almufti, M. Sifin (2009). Adz-Dzikra V Pelajaran Menulis Huruf Al-Qur’an. Pustaka Adnan, Semarang.

Almufti, M. Sifin (2009). Adz-Dzikra VI Pelajaran Menulis Huruf Al-Qur’an. Pustaka Adnan, Semarang.

Ariyani, Vera Strisly Budi Ariyani (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching Teknik Tandur Pada Mahasiswa Kelas Viii Smp Islam Moga Kabupaten Pemalang, (Semarang: Skripsi Jurusan PBA UNNES).

Bambang Samsul Arifin (2015). Psikologi Agama. Cetakan kedua. (Bandung: Pustaka Setia)

Dafa, Kak (2014). Muslim Cilik Fasih Baca Dan Tulis Alif, Ba, Ta. Planet Ilmu, Yogyakarta.

Dayudin (2015). Analisis Komparatif Modul Pembelajaran Menulis Huruf Arab bagi Pemula di Indonesia. (LP2M UIN SGD Bandung).

Dayudin (2016). Model Pendekatan Anatomis dalam Pembelajaran Menulis Arab bagi Mahasiswa, (LP2M UIN SGD Bandung)

Erha, Arif (2014).Belajar Menulis Huruf Hijaiyah.PT Wahyu Media, Jakarta.

Fakhriani, Sri dan Aminullah. (tt). Buku Latihan Menulis Huruf Hijaiyah I.

Februantini, Irma (2015).Belajar Hijaiyah dengan Kisah Akhlak. Adibintang Zaytuna Ufuk Abadi, Jakarta.

Hamidi, balied al-habib, (2012). Al-Thariqah al-Hamidiyah fii Tahsini al-Kitabah al-Arabiyah. Diktat pembelajaran Menulis Arab. Cave Town, Afrika.

Hapsari, D. A. (2012). Peningkatan keterampilan menulis huruf jawa melalui media kartu huruf pada siswa kelas III SDN 01 Paseban Jumapolo Karanganyar tahun ajaran 2009/2010.

Hasani, Zhul Fahmi (2013). Penerapan Metode Imla` untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa Kelas VIIC MTs Muhamadiyah 2 Pemalang, (Semarang: Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Asing).

Hasna, Labiba (tt).Belajar Huruf Hijaiyah. CV Jaba Media, Salatiga. Tt.

Hendrawan, H. S., Sunarto, M. D., & Sutanto, T. (2012). Aplikasi Belajar Menulis Untuk Anak Prasekolah Berbasis Android. Jurnal JSIKA, 1(1).

Khulli, Muhammad ‘Alī (1982), Asālīb Tadrīs al-Lughah al-‘Arabiyah, (Riyad: Dār al-‘Ilm li al-Malāyīn).

Mahmud, Mahdi Sayid, Kaifa Tata’allamu al-Kaht al-Araby, (Kairo: Maktabah Qur’an, tt).

Nurochi, Imam Subechi bin (2013). Agar Anak Fasih Menulis Huruf Hijaiyyah Dalam 3 Hari (Tunggal – Sambung). Mutiara Media, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v5i1.7500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bambang Samsul Arifin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id