Pengembangan Metode Market Place dalam Pembelajaran PAI


Ima Malihah(1*), Mahlil Nurul Ihsan(2)

(1) , Indonesia
(2) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this study is to describe the method of learning marktet place in PAI learning. This type of research uses a qualitative field research approach with descriptive analytical research methods. Data collection techniques are done by interview, observation and documentation..com The results of this study explain the PAI learning design using market place-oriented methods in the 2013 curriculum type of specific approach, the learning implementation consists of the planning, implementation and assessment stages, the evaluation of PAI learning using market place methods reaches 85% KKM, the supporting factors of this method are school leadership , support parents, teacher skills and support parents. While the inhibiting factors include differences in student characteristics, feelings of doubt, shame, require a long time and irrelevant student answers, the advantages of this method can increase participation, activeness, independence, student learning discipline and have a democratic attitude, the effectiveness of this method is achieved by good in learning PAI at SMPN 13 Bandung.

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan metode belajar marktet place dalam pembelajaran PAI. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif lapangan dengan metode penelitian desktriptif analitis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan desain pembelajaran PAI menggunakan metode market place berorientasi pada kurikulum 2013 berjenis pendakatan santifik, implementasi pembelajaran ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian, evaluasi pembelajaran PAI menggunakan metode market place mencapai KKM 85%, faktor pendukung metode ini adalah kepemimpinan sekolah, dukungna orang tua, kemampuan guru dan dukungna orang tua. Sedangkan faktor penghambat di antaranya perbedaan karakteristik siswa,  perasaan ragu, rasa malu, membetuhkan waktu yang panjang dan jawaban siswa yang tidak relevan, keunggulan metode ini dapat meningkatkan partisipasi, keaktifan, kemandirian, kedisiplinan belajar siswa dan memiliki sikap demokratis, keefektifan metode ini tercapai dengan baik di dalam pembelajaran PAI di SMPN 13 Bandung.


Keywords


Metode market place; pembelajaran PAI

References


Ahmad, Didi Abdilllah. (2015). Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI Berbasis Multi Intelegences di Kelas V SD Juara Yogyakarta. Skripsi UIN Kalijaga,1.

Ahyat, Nur. (2017). Metode Pembelajaran PAI. Jurnal Edusiana 4 (1), 24

Al-Fatihah, Miftaqul. (2016). Hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas III SDN Panularan Surakarta. Jurnal At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam 1 (2), 197.

Amaliah. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an 10 (2), 119.

Amin, Al-Fauzan. (2015). Metode dan Model Pembelajaran Agama Islam. IAIN Bengkulu Press: Bengkulu.

Analia, Reva Evandari. (2010). Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi terhadap Peningkatann Hasil Belajar Siswa Kelas 3 pada Mata Pelajaran PAI dengan Materi Sholat di SDN Kersemenak II Tarogong Kidul. Jurnal Pendidikan Universitas Garut 4 (1), 32

As’ari, Kasan. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Menggunakan Metode Hypoteaching Bagi siswa Kelas VII C SMPN 1 Limbangan Kab. Kendal. Jurnal Al-Fikr 1(1), 22

Aslamiyah. (201). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PAI Materi Adab Makan dan Minum melalui Metode Role Playing Siswa Kelas I SDN 1 Kapar Tahun Ajaran 2015-2016. Jurnal Sagacius 2 (2),1

Burhanudin, Yatmasari. (2017). Tanggapan Siswa terhadap Penerapan Metode Market Place Activity Hubungannya dengan Hasil Belajar pada Pelajaran PAI Materi Fiqih Bab Pengelolaan Wakaf. Jurnal Atthulab 2 (1), 1

Ernawati, Luluk. (2017). Pengembangan High Order Thinking (HOT) melalui Metode Pembelajaran Mind Banking dalam Pembelajaran PAI. ICIC

Ifrianti, Syofnidah dan Zasti, Yasyfatara. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar PAI melalui Metode Pembelajaran Questions Students Have pada Peserta Didik Kelas IV SDN I Hajima Kab. Lampung Selatan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 3 (1), 1.

Irawan. (2017). Penerapan Pembelajaran Market Place Activity . Jurnal Al-Islah 1 (15), 55.

Magfirah, Aini. (2010). Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Peningkatan Mutu Guru PAI di SMP Nasima Semarang. Skripsi IAIN Walisongo,1

Majid, Dhea Abdul. (2019). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Berbasis Blended Learning. Jurnal At-Tarbawi 4 (1), 178.

Maryam, Siti, Dkk. (2018). Pengaruh Metode Resitasi terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Bogor. Jurnal JMP 2 (11), 1282

Maesaroh, Siti. (2013). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar PAI. Jurnal Kependidikan 1 (1), 150.

Marno dan Idris, M. (2012). Stretegi dan Metode Pengajaran: Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif dan Edukatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mursid, Abdul. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Mutu Proses dan Prestasi Belajar PAI Siswa di SMA Negeri 2 Pagar Alam. Jurnal An-Nizam 2 (1), 13.

Nafisah, Siti. (2014). Penggunaan Metode Delicap untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI tentang Asmaul Husna pada Siswa Kelas II SDN Manggisan 01 Jember. Jurnal Pancaran Pendidikan 3 (2), 205.

Natsir, Nanat Fatah, Dkk. (2018). Mutu Pendidikan Kerjasama Guru dan Orang Tua. Jurnal Madarrisuna 8 (2), 311.

Nurhasanah. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Ekonomi Islam. Jurnal Atthulab 1 (2), 186.

Rohmah, Noer. (2014). Inovasi Strategi Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan PAI. Jurnal Madrasah 6 (2), 19.

Salamah. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Card Sord untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hukum Nun Sukun dan Tanwin. Jurnal Atthulab 3 (2), 134.

Saputra, Aidil. (2014). Aplikasi Metode Contextual Teaching Learning. Jurnal Al-Ta’dib 6 (1), 15.

Saputri, Hanri Eko. (2012). Implementasi Metode Guided Discovery dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Lasem Kab. Rembang. Skripsi IAIN Walisongo.

Taufiqoh. (2019). Penerapan Teknik Market Place Activity dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Iman Kepada Hari Akhir di Kelas IX G SMP Negeri 15 Kota Bandung. Jurnal Geneologi PAI 6 (1).

Susestyo, Yuli Fajar. (2011). Rahasia Menjadi Motivaror Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher, 55.

Syafika, Nurul. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Scramble terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Studi PAI di SMP Negeri 5 Maiwa Kab. Enrekang. Skripsi UIN Alauddin Makasar, 1.

Syaodih, Nana. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 60

Tambak, Syahraini. (2017). Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Al-Hikmah 14 (1), 1

Utami, Kania Dana. (2016). Efektivitas Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Atthulab 1 (2), 235.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v5i1.8193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ima Malihah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id