Core Moderation Values dalam Tradisi Kitab Kuning di Pondok Pesantren

Authors

  • Hisny Fajrussalam Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.8371

Keywords:

kitab kuning, moderasi Islam, pesantren

Abstract

In the pesantren tradition, the kitab kuning religious literature is not only a center of study orientation but also a value system that shapes and colors the religious understanding and practices of the pesantren community and surrounding Muslim communities. In the present context, the tradition of pesantren intellectualism can be used as a reference to maintain the values of moderate and tolerant Islamic understanding. The yellow book as the core of the pesantren intellectual tradition is a source of dynamic understanding and pesantren which has proven capable of displaying a friendly face of Islam without anger, as well as being tolerant without hatred. So that Islamic boarding schools as Islamic educational institutions can be the main figures in providing moderate Islamic learning. The study of the yellow book in Islamic boarding schools has contributed greatly to instilling moderate attitudes while realizing Islamic moderation in the boarding school environment. This can be seen from the values of the study of the yellow book used in Islamic boarding schools. Some teaching contexts that lead to the inculcation of moderate attitudes can be found in al-BÄjÅ«ri's TÄ«jÄn ad-DarÄri book, Al-JawÄhir al-KalÄmiyah fÄ« Iá¸Ähi al-AqÄ«dah al-IslÄmiyyah by al-Jazairi, Fath al-QarÄ«b al-MujÄ«b 'Ala al-TaqrÄ« by Ibn QÄsim al-Gazi and Tafsir JalÄlain by al-Mahalli and al-SuyÅ«á¹­i.

 

Abstrak

Dalam tradisi pesantren, literatur keagamaan kitab kuning tidak saja menjadi pusat orientasi studi, tetapi juga sistem nilai yang membentuk dan mewarnai paham dan praktik keagamaan komunitas pesantren dan masyarakat muslim sekitarnya. Dalam konteks kekinian, tradisi intelektualisme pesantren dapat dijadikan acuan untuk menjaga nilai-nilai pemahaman keislaman yang moderat dan toleran tersebut. Kitab kuning sebagai inti tradisi intelektulisme pesantren, menjadi sumber pemahaman dinamis dan pesantren yang terbukti mampu menampilkan wajah Islam yang ramah tanpa amarah, serta toleran tanpa kebencian. Sehingga pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam dapat menjadi figur utama dalam memberikan pembelajaran Islam yang moderat. Pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren telah berkontribusi besar dalam menanamkan sikap moderat sekaligus mewujudkan moderasi Islam di lingkungan pondok pesantren. Hal ini dapat dilihat dari nilai-nilai kajian kitab kuning yang digunakan di pondok pesantren. Beberapa konteks ajaran yang mengarah pada penanaman sikap moderat dapat ditemukan dalam kitab TÄ«jÄn ad-DarÄri karya al-BÄjÅ«ri, Al-JawÄhir al-KalÄmiyah fÄ« Iá¸Ähi al-AqÄ«dah al-IslÄmiyyah karya al-Jazairi, Fath al-QarÄ«b al-MujÄ«b ’Ala  al-TaqrÄ«b karya Ibn QÄsim al-Gazi dan Tafsir JalÄlain karya al-Mahalli dan al-SuyÅ«á¹­i.

References

Abdurrohman, Asep. “Eksistensi Islam Moderat dalam Perspektif Islam.†Rausyan Fikr: Jurnal Studi Ilmu Ushuluddin dan Filsafat 14, no. 1 (Maret 2018): 29–40.

Akbar, Ali, dan Hidayatullah Ismail. “Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang.†Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman 17, no. 1 (2018): 21–32.

Al-Gazi, Syekh Muhammad bin Qosim bin Muhammad. Fath al-Qarīb al-Mujīb ’Ala al-Taqrīb. Kairo: Musthofa Albabi Al-Halabi, 1343.

Al-Jazairi, Syekh Thohir bin Saleh. Al-JawÄhir al-KalÄmiyah fÄ« Iá¸Ähi al-AqÄ«dah al-IslÄmiyyah. Semarang: Pustaka Al-’Alawiyyah, t.t.

Al-Mahalli, Jalaluddin Muhammad bin Ahmad bin Muhammad, dan Jalaluddin Abdurrahman bin Abu Bakar al-SuyÅ«á¹­i. Tafsir JalÄlain. Damaskus: Dar Ibn Katsir, t.t.

Al-Razzaq, Abd. Tażkirah al-Mu’tasi: Syarh AqÄ«dah al-HÄfiẓ Abd al-Gani al-Maqdisi. Kuwait: Ghiras li al-Nasyr wa al-Tauzi‘, 2003.

Amin, Abd. Rauf Muhammad. “Prinsip dan Fenomena Moderasi Islam dalam Tradisi Hukum Islam.†Al-Qalam 20, no. 3 (16 Desember 2014): 23–32. https://doi.org/10.31969/alq.v20i3.339.

Asrori, Ahmad. “Radikalisme di Indonesia: Antara Historisitas dan Antropisitas.†Kalam 9, no. 2 (23 Februari 2017): 253. https://doi.org/10.24042/klm.v9i2.331.

BÄjÅ«ri, Ibrahim. TÄ«jÄn ad-DarÄri. al-Haramain, 2015.

Bek, Muhammad Khudari. TÄrikh al-Tasyrī’ al-IslÄmi. Beirut: Dar al-Fikr, 1995.

Damanhuri. “Kitab Kuning: The Scientific Heritage of Ulama and The Contextualization of Islamic Law in Nusantara.†‘Anil Islam 10, no. 2 (Desember 2017): 234–261.

Daulay, Haidar Putra. Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2007.

Faiqah, Nurul, dan Toni Pransiska. “Radikalisme Islam Vs Moderasi Islam: Upaya Membangun Wajah Islam Indonesia yang Damai.†Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman 17, no. 1 (Juni 2018): 33–60.

Fitriani, Laily. “Pendidikan Peace Building di Pesantren: Sebuah Upaya Mencegah Radikalisasi.†Ulul Albab: Jurnal Studi Islam 16, no. 1 (10 September 2015): 117–30. https://doi.org/10.18860/ua.v16i1.3011.

Futaqi, Sauqi. “Konstruksi Moderasi Islam (Wasathiyyah) dalam Kurikulum Pendidikan Islam.†Dalam 2nd Proceedings Annual Conference for Muslim Scholars, 521–30. Hotel Mercury, Surabaya: Kopertais Wilayah IV Surabaya, 2018.

Harnadi, Dodik. “Kitab Kuning: Sumber Moderasi Islam Indonesia.†NU Online, Agustus 2019. https://www.nu.or.id/post/read/76555/kitab-kuning-sumber-moderasi-islam-indonesia.

Huda, Mualimul. “Eksistensi Pesantren dan Deradikalisasi Pendidikan Islam di Indonesia (Menyemai Spirit Toleransi dan Pendidikan Islam Multikultural).†Fokus: Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 1 (9 Juli 2018): 86–108. https://doi.org/10.29240/jf.v3i1.458.

Ma`arif, Muhammad Anas, dan Muhammad Husnur Rofiq. “Pola Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren Berkarakter: Studi Pondok Pesantren Nurul Ummah Mojokerto.†Tadris: Jurnal Pendidikan Islam 13, no. 1 (7 September 2018): 1–16. https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.1635.

Misrawi, Zuhairi. Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari: Moderasi, Keutamaan, dan Kebangsaan. Jakarta: PT Kompas Media Nusantra, 2010.

Muhakamurrohman, Ahmad. “Pesantren, Santri, Kyai, dan Tradisi.†Kebudayaan Islam Ibda’ 12, no. 1 (2014): 109–118.

Mustofa. “Kitab Kuning Sebagai Literatur Keislaman dalam Konteks Perpustakaan Pesantren.†Tibanndaru : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi 2, no. 2 (31 Januari 2019): 1–14. https://doi.org/10.30742/tb.v2i2.549.

Rasyidin, Al. “Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren Musthafawiyah, Mandailing Natal.†Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies 1, no. 1 (19 September 2017): 42-67. https://doi.org/10.30821/jcims.v1i1.324.

Rofiq, Ahmad. “Santri, Kitab Kuning, dan Islam Moderat.†Pascasarjana UIN Walisongo, Agustus 2019. http://pasca.walisongo.ac.id/?p=1655.

Setiyadi, Alif Cahya. “Pendidikan Islam dalam Lingkaran Globalisasi.†Jurnal At-Ta’dib 7, no. 2 (Desember 2012): 245–256.

Syafe’i, Imam. “Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.†Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (16 Mei 2017): 61–82. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097.

Sya’rani, Abdul Wahhab. al-Thabaqat al-Kubra li al-Sya’rani, t.t. http://lib.eshia.ir/40239/2/68.

Syihab, Quraish. Tafsir Al-Mishbah. Ciputat: Lentera Hati, 2000.

Taufiqurrochman, R. Aku, Buku, dan Peradaban. I. Yogyakarta: CV. Istana Agency, 2018.

Thohir, Kholis. “Kurikulum dan Sistem Pembelajaran Pondok Pesantren Salafi di Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang Provinsi Banten.†Analityca Islamica 6, no. 1 (Juni 2017): 11–20.

Yahya, Fata Asyrofi. “Meneguhkan Visi Moderasi dalam Bingkai Etika Islam.†Dalam 2nd Proceedings Annual Conference for Muslim Scholars, 466–478. Hotel Mercury, Surabaya: Kopertais Wilayah IV Surabaya, 2018. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/download/150/150/.

Yusuf, Achmad. “Moderasi Islam Dalam Dimensi Trilogi Islam (Akidah, Syariah, dan Tasawuf).†Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (Juni 2018): 203–216.

Zamimah, Iffaty. “Moderatisme Islam Dalam Konteks Keindonesiaan.†Jurnal Al-Fanar 1, no. 1 (31 Agustus 2018): 75–90. https://doi.org/10.33511/alfanar.v1i1.12.

Published

2020-11-02