Kompetensi Guru Zaman Now dalam Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0


Shalahudin Ismail(1*), Suhana Suhana(2), Eri Hadiana(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this study is to examine how the competence of teachers today in facing challenges in the era of the industrial revolution 4.0. The method used in this study is a concept study, in which the author bases on data sources or references in the form of texts from the opinions of experts that have been formulated in the form of books, journals, and others. The results of the concept study conducted by researchers through several references state that the competence of teachers today in facing challenges in the era of the industrial revolution 4.0 is educational competence, competence for technological commercialization, competence in globalization, competence in future strategies, and competence counselor.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana kompetensi guru zaman now dalam menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian konsep, dimana penulis mendasarkan pada sumber-sumber data atau referensi yang berbentuk teks dari pendapat para ahli yang telah diformulasikan dalam bentuk buku, jurnal, maupun yang lainnya. Hasil kajian konsep yang dilakukan oleh peneliti melalui beberapa referensi menyebutkan bahwa kompetensi guru zaman now dalam menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0 adalah educational competence,  competence for technological commercialization,  competence in globalization,  competence in future strategies conselor competence.


Keywords


Kompetensi Guru Zaman Now; Tantangan; Revolusi industri 4.0

References


Alsakrisna, D. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Learning Managament System (LMS) Berbasis Internet Pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Konsep Komunikasi Data Dalam Bus Dan Jaringan Local Area Network (lan) Di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Pendidikan Teknik Elektro, 157–162.

Ataunur, I., & Ariyanto, E. (2015). Pengaruh kompetensi dan pelatihan terhadap kinerja karyawan pt adaro energy tbk. Jurnal Telaah Bisnis, 16(2), 135–150.

Dahliana, D. & F. (2019). Kemampuan guru zaman now. Article, January, 1–6. https://www.researchgate.net/publication/330158949

Fitriyah, R. N. (2019). Pengembangan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0 melalui Pendidikan dan Pelatihan. 2019: Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Dan Call for Papers, 1, 359–364. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7302

Gewati, M. (2018). Michael Gerwati. Https://Edukasi.Kompas.Com/Read/2018/11/28/17550091/Di-Era-Revolusi-Industri-40-Peran-Guru-Tak-Tergantikan-Tapi?Page=all, Diakses 02 Juni 2020.

Husnani, Zaibi, dan R. (2019). Prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana universitas pgri palembang 03mei 2019. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 348–356.

Imania, K. A. (2019). Hybrid Learning Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Era Industri 4.0. Jurnal Petik, 5(2), 30–35. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i2.569

Kartika, L. N. (2014). Pengaruh Tingkat Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Administrasi Perkantoran. Bisnis, Fakultas Kristen, Universitas Wacana, Duta, XVII(1), 73–90.

Kebudayaan, K. P. dan. (2018). Kompetensi Guru di Era Revolusi 4.0. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kompetensi guru. (n.d.). 14, 1–16.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 1(1), 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Lince, R. (2016). Strategi Peningkatan Profesionalisme Guru Dalam Menghadapi Tantangan di Era Digital. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) Viii, November, 164–179.

Mahyuddin Barni. (2019). Tantangan Pendidik di Era Millenial. Jurnal Transformatif, 3(1), 99–116.

Martha Ogotan, Anita Christine Runtu, J. M. (n.d.). Kompetensi Sumber Daya Manusia ( SDM ) Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Anita Christine Runtu Jantje Mandey Pendahuluan Dalam menentukan baik buruknya suatu pekerjaan ditunjang oleh Sumber daya manusia yang ada karena sumber daya paling penting dan palin. Kependidikan Akademik, Bagian Sam, Universitas Manado, Ratulangi Ogotan, Martha.

Meisanti, D., Nursetiawati, S., & Atmanto, D. (2019). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Vokasi Bidang Kecantikan Dalam Revolusi Industri 4.0. 20, 69–72.

Mudiono, A. (n.d.). Keprofesionalan Guru dalam Menghadapi Pendidikan di Era Global. Prosiding Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD “Konstelasi Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia Di Era Globalisasi, 43–50.

Muhammad Lukman Syafii. (n.d.). Peningkatan Kompetensi Guru Menuju Pelaksanaan dan Tanggung jawab Secara Mandiri. Lentera, 19, 115–134.

Muliadi, H. (n.d.). kompetensi Guru Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi 4.0. Https://Smpalathiyah.Sch.Id/Blog/Kompetensi-Guru-Dalam-Menghadapi-Tantang-Industri-4-0/.

Noor, A. (2019). Kompetensi Pendidik MI di Era Revolusi Industri 4.0. In Jurnal Elementary (Vol. 7, Issue 2).

Nurkholis, M. A. (2019). Profesionalisme guru di era revolusi industri 4.0. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 491–498.

Oviyanti, F. (2013). Tantangan Pengembangan Pendidikan Keguruan di Era Global. Nadwa IAIN Walisongo, 7.

Pardede, P. (2019). Menjadi Guru “ Zaman Now ” dan Cara Pembelajaran Siswa Memasuki Era Industri 4 . 0 1. English Education Department (Pendidikan Bahasa Inggris) UKI, July, 0–19.

Pramularso, E. Y. (2018). Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan CV Inaura Anugerah Jakarta. Widya Cipta, II(1).

Pratama, A. I. (2019). inovatif Konservatif Dalam Menghadapi Era 4.0: Tantangan Guru Menyikapi Generasi Digital-Milenial. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(1), 23–33.

Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151.

Rina Septina, dan A. (2019). Meningkatkan Profesionalisme Guru Dalam Menghadapi Tantangan Global di Era Revolusi Industri 4.0. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, 713–724.

Rofiqi. (2019). Pendidikan Islam di Era Industri 4 . 0 ( Studi Analisis Terhadap Tantangan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam ). Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Islam, 10(2).

Sari, N. (n.d.). Menjadi Guru Profesional di Era Globalisasi. Universitas PGRI Palembang.

Surani, D. (2019). Studi literatur: Peran teknologi pendidikan dalam pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 14.

Uak, U. (2018). Karakteristik Guru Zaman Now. Https://Www.Matrapendidikan.Com/2018/01/Karakteristik-Guru-Zaman-Now.Html.

Wati, I., & Kamila, I. (2019). Pentingnya Guru Professional dalam Mendidik Siswa Milenial Untuk Menghadapi Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019, 2, 364–370. e-mail: missindah49@gmail.com

Yuningsih, E. (2019). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT XXX. Jurnal Visionida, 5(1), 32–45.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.8659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Shalahudin Ismail

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id