Metode Active Learning Type Card Sort dalam Meningkatkan Prestasi Siswa


Ida Rosyidah(1), Teti Fitriyani(2*)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this research is to find out: 1) the reality of the application of active learning type card sort methods on subjects aqidah morals, 2) the reality of students 'cognitive learning achievement after applying active learning type card sort methods, 3) the effect of applying the active learning type card sort methods to students' cognitive learning achievement. The method used in this research is quasi experimental nonequivalent control group design. Data collection techniques used were observation, test, interview, and documentation study. The results of this study were the percentage of student activity at 78% and teacher activity at 22%. ognitive learning achievement has an average of 87.84 which is categorized very well, and the average using the lecture method is 80.63 which is a moderate category. nalysis of the normality test data showed Xcount 2.02 ≤ Xtable 7.82 with normal distribution. Homogeneity test data analysis that is Fcount = 1.46 ≤ Ftable = 3.32 means the data shows homogeneous. The results of the analysis of the T-test data showed that Tcount = 12.86> Ttable = 2.04 means that H1 was accepted, then there was an influence of the learning process using active learning type card sort method on students' cognitive learning achievement in the subject of aqidah akhlak.

 

Abstrak

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) realitas penerapan metode active learning type card sort pada mata pelajaran aqidah akhlak, 2) realitas prestasi belajar kognitif siswa setelah diterapkan metode active learning type card sort, 3) pengaruh penerapan metode active learning type card sort terhadap prestasi belajar koginitif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Persentasi aktivitas siswa yaitu 78% dan aktivitas guru sebesar 22%. Prestasi belajar kognitif memiliki rata-rata sebesar 87,84 yang berkategori sangat baik, dan rata-rata yang menggunakan metode ceramah sebesar 80,63 yakni berkategori sedang. Analisis data uji normalitas menunjukan Xhitung 2,02 ≤ Xtabel 7,82 berdistribusi normal. Analisis data uji homogenitas yaitu Fhitung = 1,46 ≤ Ftabel = 3,32 artinya data menunjukan homogen. Hasil analisis data Uji T menunjukan Thitung = 12,86 > Ttabel = 2,04 artinya H1 diterima, maka terdapat pengaruh dari proses pembelajaran dengan menggunakan metode active learning type card sort terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak.


Keywords


card sort; prestasi kognitif; aqidah akhlak

References


Abdillah, N. (2018). Pengaruh Penerapan Media Card Sort terhadap prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI. Jurna pendidikan islam.

Annisa Nurezkiana. (2018). Pengaruh Penerapan active learningterhadap prestasi siswa kelas 8 pada mata pelajaran pendidikan Agama islam di SMP Islam Al-Azhar 15 Cilacap. SKRIPSI. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Aksara.

Aryani, W., & Mansur. (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Mistar Hitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. Journal of Primary Education, 67.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Faisal, A. M. (2005). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Malang: Penerbitan Universitas Muhammadiyah.

Hariyanto, W. d. (2012). Pembelajaran Aktif Teori Dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Inayatul Ulya. (2009). Pengaruh Implementasi Active Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa. journal Skripsi.

Jamaluddin, D. (2013). Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.

Majid, A. (2014). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Malik, A. Z. (2016). PENGARUH PENGUASAAN MATERI AKIDAH AKHLAK TERHADAP . 11.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia.

Masud Hasan Abdul Qohar. (2010). Kamus Ilmu Populer. Jakarta: Bintang Pelajar.

Rahayu, Y. N. (2017). Statistika Pendidikan. Bandung.

Saputra, H. L. (2017). Penerapan Metode Brainstorming Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran PAI Siswa Kelas X SMA YKPP Pendopo Kab. Pali. Palembang: UIN Raden Fatah Palembang.

Sri Suratmi. (2015). akhlak dengan metode card sort pada kelas III MI Kebon Harjo Tanjung Mas. journal.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung : CV alfabeta.

Suranti, S. (2016). PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SD NEGERI 2 KALIPETIR KULONPROGO . 28-29.

Usman, H. (2000). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.9480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Teti Fitriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id