Pendidikan Kewirausahaan di Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman Parung Bogor


Saca Suhendi(1*)

(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this research is to describe entrepreneurial education in al-Ashriyyah Nurul Iman Bogor boarding school. Research methods use descriptive qualitative, data collection using in-depth interviews, observations and documentation. Research results: Entrepreneurial education is reflected in Pesantren al-Ashriyyah Nurul Iman Parung Bogor, it can be seen from the values of boarding school boarding school al-Ashriyyah Nurul Iman Parung Bogor namely essential values and intrumental values that condition entrepreneurial values such as spirit of sincerity, Soul simplicity, Soul self help or didikari, Jiwa ukhuwah diniyah, Jiwa bebas dan Motto Pesantren al-Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School Parung Bogor: Free and Quality Education Supported by Entrepreneurship. As well as the practice of business islamic boarding schools that are applicative. Namely: Waste Recycling, Convection, NIC Babershop, Nurul Iman Offset, Bakery, Fisheries, Agriculture, Livestock, Ointika (Drinking Water Company), Public Intertainment. Furthermore, entrepreneurial education in pesantren is reflected in the purpose, plan, process and evaluation of Pesantren al-Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School Parung Bogor.

 

Abstrak 

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pendidikan kewirausahaan di pondok pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman Bogor. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif,pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian: Pendidikan kewirausahaan tercermin pada Pesantren al-Ashriyyah Nurul Iman Parung Bogor, hal itu dapat dilihat dari nilai-nilai kepesantrenan pondok ini yaitu nilai essensial dan nilai intrumental yang syarat nilai-nilai kewirausahaan seperti jiwa keikhlasan, Jiwa kesederhanaan , Jiwa self help atau berdikari, Jiwa ukhuwah diniyah, Jiwa bebas serta Motto Pesantren al-Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School Parung Bogor: Free and Quality Education Supported by Entrepreneurship. Serta praktik usaha pesantren yang aplikatif. Yaitu: Daur Ulang Sampah, Konveksi, NIC Babershop, Nurul Iman Offset, Pabrik Roti, Perikanan, Pertanian, Peternakan,  Ointika (perusahaan Air Minum), Public Intertainment. Lebih jauh pendidikan  kewirausahaan pada pesantren ini tercermin dalam tujuan, rencana, proses dan evaluasi Pesantren al-Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School Parung Bogor.


Keywords


Pendidikan Kewirausahaan; Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman Bogor

References


Achmadi. (2008). Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Adawiyah, S. R. (2018). Pendidikan Kewirausahaan di Pesantren Sirajul Huda. Jurnal COMMEDU, 1(2), 83.

Asmani, A. M. (2003). Dialektika Pesantren dengan Tuntutan Zaman, dalam Seri Pemikiran Pesantren. Menggagas Pesantren Masa Sepan. Yogyakarta: Qirtas.

Bryan, T. (1992). Sosiologi Islam: Tela'ah Analisis atas Tesa Sosiologi Weber. Jakarta: Rajawali Press.

Chotimah, C. (2014). Pendidikan Kewirausahaan di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 8(1).

Depdiknas. (2007). Kewirausahaan Sekolah Berbasis Kreativitas dan Inovasi. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasiona.

Dhofier, Z. (1983). Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3S.

Estevan, F. (2013). The Impact of Conditional Cash Transfers on Public Education Espenditures A Political Economy Approach. European Journal of Political Economy, 3(2), 268-284.

Fatkhurrahman, P. (2002). Pengembangann Pondok Pesantren (Analisis Terhadap Keunggulan Sistem Pendidikan Pesantren Terpadu). Lektur, seri XVI.

Hakim, R. (1998). Dengan Berwiraswasta Menepis Krisis: Konsep Membangun Masyarakat Entrepreneur Indonesia. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Hasbiyallah, & Ihsan, M. N. (2019). Konsep Pengenalan Allah (Ma’rifatullah) Implikasinya Terhadap Pendidikan Agama Islam. Jurnal Perspektif, 3(1), 1.

Hoernasih, N. (2017). Penerapan Nilai-Nilai Agama Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Kewirausahaan di Pondok Pesantren. Seminar Nasional Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu, 1(1), 95.

Juwaini, A. (2011). Social Enterprise Transformasi Dompet Dhuafa Menjadi World Class Organization. Jakarta Selatan: Expose Mizan Group.

Marzuki. (2003). Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta.

Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian Tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.

Nadzir, M. (2015). Membangun Pemberdayaan Ekonomi di Pesantren. Jurnal Conomica, 6(1).

Natsir, N. F., Aisyah, A., Hasbiyallah, & Ihsan, M. N. (2018). Mutu Pendidikan: Kerjasama Guru dan Orang Tua. Jurnal MUDARRISUNA Vol. 8 No. 2 July-Desember 2018, 8(2), 311.

Norman, & Zimmerer. (1996). Entrepreneurship And The New Venture Formation. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.

O'sullivan, M. (2012). Université Sans Profession (The University Without Profession) The Privilege of the Conflict of the Faculties. Parallax. Vol. 12, No. 3:, 12(3), 112-124.

Priyanto, S. H. (2009). Mengembangkan Pendidikan Kewirausahaan di Masyarakat. Jurnal Andragogia JNFI, 1(1), 57-82.

Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Reginald, A., & Mawardi, I. (2014, Mei). Kewirausaah Sosial pada Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. JESTT, 1(5), 334.

Rosdakarya, N. S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Soemanto. (2000). Pendidikan Wiraswasta. Jakarta: Bumi Aksara.

UPI, T. D. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Weber, M. (1956). The Protestant Ethic and The Spirit of Capitalism. New York: Charles Scibners Son.

Wekke, I. S. (2012). Pesantren dan Pengembangan Kurikulum Kewirausahaan. Jurnal Inferensi: Penelitian Sosial Keagamaan, 6(2), 2015.

Widodo, S., & Nugroho, T. (2014). Model Pendidikan Kewirausahaan bagi Santri untuk Mengatasi Pengangguran di Desa. Jurnal Mimbar, 30(2), 1-12.

Widodo, T. S. (2014). Model Pendidikan Kewirausahaan Bagi Santri untuk Mengatasi Pengangguran di Desa. Jurnal Mimbar, 30(2), 171.

Zaelani, A. (2008). Basis Ekonomi Pesantren: Studi Terhadap Model Pembiayaan Pesantren Ta'mirul Islam Surakarta. Yogyakarta: Pascasarja UGM.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.9546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Saca Suhendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id