Media Interaktif: Pembelajaran berbasis Audio-Comic Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup


Suriyah Satar(1*), Friski Wiwit Irdyana(2), Cornelius Tanta(3)

(1) Universitas Cenderawasih, Indonesia
(2) Universitas Cenderawasih, Indonesia
(3) Universitas Cenderawasih, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran audio-comic berbasis aplikasi canva pada materi klasifikasi makhluk hidup yang difokuskan pada tingkat SMP terutama kelas VII di SMP YPPK Santu Paulus Abepura. Tujuan penelitian ini yaitu bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran audio-comic menggunakan Canva terhadap materi klasifikasi makhluk hidup, serta untuk mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran audio-comic berbasis canva pada materi klasifikasi makhluk hidup. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap develop peneliti melakukan uji kelyakan oleh ahli materi, ahli media dan uji dan uji coba dalam skala kecil dengan jumlah 15 orang peserta didik dan uji coba dalam skala besar dengan jumlah 35 orang peserta didik. Hasil dalam penelitian ini memperoleh nilai sebesar 92,5% ahli materi menyatakan sangat layak, 79,85% ahli media pertama menyatakan sangat layak dan 55,86% ahli media kedua mengatakan layak. Hasil angket respon siswa dan guru terhadap media pembelajaran audio-comic berbasis canva pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan respon sangat menarik. Hal ini dilihat dari 97,33% respon guru menyatakan sangat menarik, uji coba kelompok kecil 90,27% menyatakan sangat menarik dan kelompok besar 91,58 % peserta didik menyatakan sangat menarik yang artinya pengembangan media pembelajaran audio-comic berbasis aplikasi canva pada materi klasifikasi makhluk hidup ini layak menjadi bahan atau media pembelajaran.

Keywords


Audio-Comic; Canva; Media Pembelajaran; Klasifikasi Makhluk Hidup

References


Aeni, W. A., & Yusupa, A. (2018). Model Media Pembelajaran E-Komik Untuk Sma. Jurnal Kwangsan, 6(1), 43. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p43--59

Aliifah, N. J. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Webtoon Terintegrasi STEM pada Mata Pelajaran Kimia Materi Gaya Antarmolekul”: Vol. [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.]. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Dewahrani, Y. R., Apriani, S. P., & Kurniati, T. H. (2023). Development of digital comics as learning media on bacteria. Biosfer, 16(1), 168–175. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.33001

Evadianty, P., Hamidah, I., & Mubarak, I. (2024). Development of Comic Learning Media to Improve Learning Outcomes in the Maintenance of Automotive Component. Jurnal Penelitian Pendidikan, 24(1), 1–11. https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/66877%0Ahttps://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/viewFile/66877/27115

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiaawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran Sulis Putri Hidayat STAI DR. KHEZ Muttaqien Purwakarta. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 01–17.

Indriani, L., Ikaningrum, R. E., & Setyowati, I. (2023). Powtoon Sebagai Media Yang Kreatif Dan Inovatif Untuk Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 478. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i2.42125

Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2021, ISBN: 978-602-6779-47-2, 127–134. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/issue/view/12

Juanda, N. I., Waluyanto, H. D., & Zacky, A. (2015). Perancangan Komik Pembelajaran Bertemakan Fabel untuk Pembentukan Karakter pada Anak. In jurnal DKV Adiwarna (Vol. 4, Issue 2).

khairani, majidah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk Smp Kelas Ix. Jurnal Iptek Terapan, 10(2), 95–102. https://doi.org/10.22216/jit.2016.v10i2.422

Kustianingsari, N., & Dewi, U. (2015). Pengembangan Media Komik Digital pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Kita Materi Teks Cerita Manusia dan Lingkungan Untuk Siswa Kelas V SDN Putat Jaya III/379 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 6(2), 1–9.

Lena, N. & M. S. (2017). Media Pembelajaran Matematika Manipulatif. Media Pembelajaran Matematika Manipulatif, May, 337.

Muhaimin, M. R., Ni’mah, N. U., & Listryanto, D. P. (2023). Peranan Media Pembelajaran Komik Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399–405. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.814

Puriasih, K. N., & Trisna, G. A. P. S. (2022). Digital Comics Learning Media Based on Problem Based Learning in Science Subjects for Fourth Grade Elementary School. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 367–375. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.48575

Putra, G. T. S., Kesiman, M. W. A., & Darmawiguna, I. G. M. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Dreamweaver Model Tutorial Pada Mata Pelajaran Mengelola Isi Halaman Web Untuk Siswa Kelas XI Program Keahlian Multimedia Di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(2), 125. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i2.9782

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351

Sastrawan, I. P. O., Margunayasa, I. G., & Bayu, G. W. (2021a). Credibility of Digital Comic Media in Audio Visual Form on Style Topic for Elementary School Students. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 4(2), 213. https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i2.39665

Sastrawan, I. P. O., Margunayasa, I. G., & Bayu, G. W. (2021b). Credibility of Digital Comic Media in Audio Visual Form on Style Topic for Elementary School Students. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 4(2), 213. https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i2.39665

Suparmi, S. (2018). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 62–68. https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5196

Syahrani, R. A., Jusniar, J., & Hardin, H. (2022). Development of E-Comic Learning Media for Reduction and Oxidation Material Based on Flip Pdf Professional on the Discovery Learning. UNESA Journal of Chemical Education, 11(3), 235–242. https://doi.org/10.26740/ujced.v11n3.p235-242

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Tarwiti, C., & Wijayanti, A. (2018). Pengembangan Media Kotak Ajaib Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Pesawat Sederhana Siswa Kelas V Sekolah Dasar. In Js (Jurnal Sekolah) (Vol. 2, Issue 4). https://doi.org/10.24114/js.v2i4.10678

Wijaya, S. N., Johari, A., & Wicaksana, E. J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Karakter Hero Indonesia Pada Materi Sistem Peredaran Darah Development Of Learning Media Of Digital Comic Based On Indonesian Heroic Character On Circulatory System Material. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(2), 67–78. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio

Wijayanti, M. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM SUB TEMA KEGIATAN KELUARGAKU MENGACU KURIKULUM 2013 UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Sanata Dharma University, 3(1), 18–23.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963




DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v14i2.38679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats