PENGEMBANGAN MEDIA MIND MAP PADA MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI PROTISTA


Rihana Wati(1*), Ismail Ismail(2), Bunga Ihda Norra(3)

(1) , Indonesia
(2) Pendidikan Biologi, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia
(3) Pendidikan Biologi, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Protista is material required interesting and effective media in learning in to obtain maximum learning outcomes. This study aims to determine the effect of developing mind map media on improving learning outcomes of class X MIPA students on protista material at SMA Negeri 1 Ulujami. This research was conducted online with the help of a google form in class X MIPA students. This research is a development research from Sivasailam Thiagarajan 4-D development, namely the Define, Design, Develop, and Disseminate stages. This research used Cluster Random Sampling technique. The data obtained consisted of observation data, validity test, questionnaires, student response questionnaires, pre-test and post-test results data in large group. The results of the assessment showed that the mind map media based on the advance organizer learning model is suitable for use in the learning process. Based on the feasibility an assessment by 76.47% of material experts, 89.01% of media expert, 95.2% of biology teacher, and 81% of students' respons. The effectiveness of students in learning with mind map media obtained a percentage of 62%, it means that the learning using mind map media is effective to improve student learning outcomes. The data analysis technique used the t-test and one-party hypothesis testing. The results of the t-test research showed that t count = 2.914 and t table = 1.7. The results showed t count> t table with α = 5%, so Ho was rejected and Ha was accepted. It means that the average understanding of the experimental class students was higher than the control class. The results of the normal gain test or the results of the increase in learning outcomes obtained an average of 0.62 which means that the increase in student learning outcomes is in the moderate criteria.       

Materi protista memerlukan media menarik dan efektif dalam pembelajaran supaya diperoleh hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan media mind map terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X MIPA pada materi protista di SMA Negeri 1 Ulujami. Penelitian ini dilaksanakan melalui daring dengan bantuan google form pada siswa kelas X MIPA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dari Sivasailam Thiagarajan pengembangan 4-D yaitu tahap Define, Design, Develop, and Disseminate. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Cluster Random Sampling. Data yang diperoleh terdiri dari data observasi, angket uji validitas, angket tanggapan peserta didik dan data hasil pre-test dan post-test pada kelompok besar. Hasil penilaian menunjukan bahwa media mind map berbasis model pembelajaran advance organizer layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kelayakan tersebut berdasarkan penilaian oleh ahli materi 76,47%, ahli media 89,01%, guru biologi 95,2%, dan tanggapan peserta didik 81%. Tingkat keefektifan peserta didik dalam pembelajaran dengan media mind map memperoleh persentase 62% yang artinya pembelajaran menggunakan media mind map efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dan uji hipotesis satu pihak. Hasil penelitian uji t-test diperoleh t hitung = 2,914 dan t tabel = 1,7. Hasil penelitian menunjukan t hitung > t tabel dengan α = 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya rata-rata pemahaman siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil uji normal gain atau hasil uji peningkatan hasil belajar memperoleh rata-rata 0,62 yang berarti peningkatan hasil belajar peserta didik masuk kriteria sedang.

 


Keywords


Media Mind Map, Model Pembelajaran Advance Organizer, Materi Protista, Peningkatan Hasil Belajar

References


Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Asiah, I. N., Sudarti, & Lesmono, A. D. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) dengan Teknik Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMA Negeri Arjasa kelas X. . Jurnal Pembelajaran Fisika. 4 (4): hal 327 – 330.

Aunurrahman, (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Aziz, B. (2012). Pengaruh Metode Pembelajaran Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Getaran Dan Gelombang Di Kelas VIII SMP Negeri 12 Binjai. Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (1): hal 51-56.

Bobby De Porter, & Mike Hernacki, 2003, Quantum Learning, Membiasakan Belajar yang Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : Kaifa

Evrekli, E., D. İnel, & A. G. balim. (2011). A Research on the Effects of Using Concept Cartoons and Mind Maps in Science Education. Journal of Science and Mathematics Education. 5 (2): ha; 58-85.

Frasidik, H. (2017). , Pengembangan Media Pembelajaran Hypermedia untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill pada Materi Alat Optik SMA. Skripsi, Jakarta : Progam Studi Fisika Jurusan Ilmu Pengetahun Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hidayat, & Raharjo, (2020), Inovasi Indo-Mudskipper-Book Berbasis Unity Of Science, Jurnal Phenomenon, 10 (1); hal 15-24

Ismail, S. M. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: RaSAIL Media Group.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Model-Model Pengajaran (edisi ke-8, cetakan ke-1). diterjemahkan oleh Achmad Fuwaid dan Ateila Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nirmalasari, D., B. Mulyani, & B. Utami. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Media Mind Map dan Crossword Puzzle Pada Metode Proyek Ditinjau dari Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas Xi Semester Genap Sma N 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia. 2 (4): hal 110-117.

Norra, L. & Jamil, (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Skill Siswa SMP Muhammadiyah 03 Karangpandan, Jurnal Pendidikan Biologi, 2 (2); hal64-73

https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/6282/2889 mohon di cek di sini

Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Purwasari, Y. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tentang Perubahan Kenampakkan Permukaan Bumi Dan Benda Langit Melalui Peta Pikiran Pada Anak Kesulitan Belajar Kelas IV Sd 13 Balai-Balai Kota Padang Panjang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 2 (1): ha; 536-548.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i2.14318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats