PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA
DOI:
https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i1.2746Keywords:
Problem Solving, Problem Based Learning, Pre-Eksperimental Design, Sistem Reproduksi ManusiaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada studi pendahuluan yaitu masih banyaknya siswa yang kurang memahami konsep tentang sistem reproduksi pada manusia yang disebabkan suasana pembelajaran di kelas yang cenderung didominasi oleh guru yang aktif dan siswa yang pasif. Oleh karena itu diperlukan proses pembelajaran untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan terhadap hasil belajar siswa setelah dilakukan penggunaan model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning pada materi Sistem Reproduksi Manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design.. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Ciparay, yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 40 orang dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 20 soal pilihan ganda. Dari hasil penelitian diperoleh data pada kelas eksperimen 1 yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving menunjukkan nilai rata-rata pretest 45,88 dan nilai ratarata posttest 76,50, sedangkan pada kelas eksperimen 2 yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning rata-rata pretest 45,12 dan nilai rata-rata posttest 64,75. Setelah dilakukan posttest dilanjutkan dengan uji t dan diperoleh hasil signifikan, karena thitung> ttabel pada taraf α = 0,05%, yakni 5,98 > 1,99, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model Problem Solving lebih baik dibandingkan dengan model Problem Based Learning pada materi sistem reproduksi manusia.Downloads
Published
2017-02-28
How to Cite
Listianti, R., hidayat, ara, & Maspupah, M. (2017). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA. Jurnal BIOEDUIN, 7(1), 15–26. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i1.2746
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish in Jurnal BIOEDUIN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).