PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA (Penelitian pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Ciparay Kab. Bandung)
DOI:
https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i1.2445Keywords:
Problem Solving, Problem Based Learning, Pre-Eksperimental Design, Sistem Reproduksi ManusiaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada studipendahuluan yaitu masih banyaknya siswa yang kurang memahami konsep tentang sistem
reproduksi pada manusia yang disebabkan suasana pembelajaran di kelas yang cenderung
didominasi oleh guru yang aktif dan siswa yang pasif. Oleh karena itu diperlukan proses
pembelajaran untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa
yaitu dengan model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui perbandingan terhadap hasil belajar siswa setelah dilakukan
penggunaan model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning pada materi
Sistem Reproduksi Manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental
Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design.. Populasi dari penelitian
ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Ciparay, yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas
eksperimen 1 dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah siswa masing-masing
kelas sebanyak 40 orang dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 20 soal pilihan
ganda. Dari hasil penelitian diperoleh data pada kelas eksperimen 1 yang menggunakan
model pembelajaran Problem Solving menunjukkan nilai rata-rata pretest 45,88 dan nilai ratarata
posttest 76,50, sedangkan pada kelas eksperimen 2 yang menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning rata-rata pretest 45,12 dan nilai rata-rata posttest
64,75. Setelah dilakukan posttest dilanjutkan dengan uji t dan diperoleh hasil signifikan,
karena thitung> ttabel pada taraf α = 0,05%, yakni 5,98 > 1,99, maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan
model Problem Solving lebih baik dibandingkan dengan model Problem Based Learning pada
materi sistem reproduksi manusia.
Downloads
Published
2017-03-03
How to Cite
listiani, riska, Hidayat, A., & Maspupah, M. (2017). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA (Penelitian pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Ciparay Kab. Bandung). Jurnal BIOEDUIN, 7(1), 15–26. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i1.2445
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish in Jurnal BIOEDUIN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).