PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 BOJONGSOANG PADA MATERI SISTEM EKSKRESI


meti maspupah(1*), Ara Hidayat(2), Rosiana Latifah(3)

(1) , Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung,  
(3) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung,  
(*) Corresponding Author

Abstract


The low ability of students to ask questions, express idea and record well and quickly make the students less focus on the material presented by the teacher. This situation lead the researchers to apply Cooperative Integrated learning model Reading and Composition (CIRC) with Mind Mapping. The objectives of this study is to describe the learning process of teachers and students as well as to analyze students' critical thinking skills by using Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) model with Mind Mapping on grade XI IPA SMAN 1 Bojongsoang. This research used Pre-Experiment method with One Group Pretest-Posttest design. Analysis of research data include normality test, t-test or wilcoxon test. The results showed that RPP validation is very feasible to be used in learning with percentage of 91.3%, and the implementation of teacher and student learning is very good. Wilcoxon test showed that Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) learning model with Mind Mapping can give positive contribution to students' critical thinking ability on excretory system material.

Keywords


Critical thinking ability, Learning model, CIRC with Mind Mapping

References


Departemen Pendidikan Nasional

(Depdiknas). 2008. Panduan Penyusunan RPP. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Kurniawati, Dhida. 2010.

Pengaruh Metode Mind Mapping Dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Heriawan, Adang. 2012. Metodologi

Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Banten: LP3G

Hidayat, Ara & Imam. 2011. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Educa

Jatmiko A, Maridi & J Ariyanto.

Penerapan Model

Pembelajaran

Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Disertai Media Komik Biologi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pelajaran Biologi Pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Vol. 1, No.5 hal 15-25. Jurnal Pendidikan Biologi FIKP UNS. Tersedia di:

http://biologi.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2012/02/JURNAL-PENDIDIKAN-BIOLOGI_AGUNG-J_K4308023.pdf (Di akses tanggal, 02 Januari 2017, 09:13)

Khoiriyah, dkk. 2014.

Pengembangan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Siswa Model Pembelajaran Core dengan Teknik Mind Mapping Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP. Vol. 5, No. 3, hal 137-146. Desember 2014 (Diakses Jum’at

-08-2017)

Komara, E. 2014. Belajar dan

Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama

Listyawati,Ni Wyn dkk. -. Pengaruh

Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Peta Pikiran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD. Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja Indonesia

Marpuah, dkk. 2015. Efektivitas

Model

Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Mind Mapping. Vol. 3, No. 4 hal 34-41 Semarang: Jurusan Biologi, FMIPA Unnes. Tersedia di:

http://lib.unnes.ac.id/21252/ (Di akses tanggal 02 Januari 2017, 09:22)

Sudiarta, 2009. Pengembangan

pembelajaran berpendekatan tematik berorientasi pemecahan masalah matematika terbuka untuk mengembangkan kompetensi berpikir divergen, kritis, dan kreatif. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol 2. No.4:373-39

Ristiasari, T. 2012. Model

Pembelajaran Problem Solving Dengan Mind Mapping

Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Journal of Biology Education. Vol. 1, No 3 hal 34-41.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran

Terpadu dalam Praktik dan

teori. Jakarta: Prestasi Pustaka

Wahyuningsih, Danik. 2011.

Pengaruh

Strategi Pembelajaran Aktif Mind Maps Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol.3, No. 2.




DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats