PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 BOJONGSOANG PADA MATERI SISTEM EKSKRESI
DOI:
https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2924Keywords:
Critical thinking ability, Learning model, CIRC with Mind MappingAbstract
References
Departemen Pendidikan Nasional
(Depdiknas). 2008. Panduan Penyusunan RPP. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Kurniawati, Dhida. 2010.
Pengaruh Metode Mind Mapping Dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Heriawan, Adang. 2012. Metodologi
Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Banten: LP3G
Hidayat, Ara & Imam. 2011. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Educa
Jatmiko A, Maridi & J Ariyanto.
Penerapan Model
Pembelajaran
Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Disertai Media Komik Biologi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pelajaran Biologi Pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Vol. 1, No.5 hal 15-25. Jurnal Pendidikan Biologi FIKP UNS. Tersedia di:
http://biologi.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2012/02/JURNAL-PENDIDIKAN-BIOLOGI_AGUNG-J_K4308023.pdf (Di akses tanggal, 02 Januari 2017, 09:13)
Khoiriyah, dkk. 2014.
Pengembangan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Siswa Model Pembelajaran Core dengan Teknik Mind Mapping Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP. Vol. 5, No. 3, hal 137-146. Desember 2014 (Diakses Jum’at
-08-2017)
Komara, E. 2014. Belajar dan
Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama
Listyawati,Ni Wyn dkk. -. Pengaruh
Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Peta Pikiran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD. Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja Indonesia
Marpuah, dkk. 2015. Efektivitas
Model
Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Mind Mapping. Vol. 3, No. 4 hal 34-41 Semarang: Jurusan Biologi, FMIPA Unnes. Tersedia di:
http://lib.unnes.ac.id/21252/ (Di akses tanggal 02 Januari 2017, 09:22)
Sudiarta, 2009. Pengembangan
pembelajaran berpendekatan tematik berorientasi pemecahan masalah matematika terbuka untuk mengembangkan kompetensi berpikir divergen, kritis, dan kreatif. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol 2. No.4:373-39
Ristiasari, T. 2012. Model
Pembelajaran Problem Solving Dengan Mind Mapping
Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Journal of Biology Education. Vol. 1, No 3 hal 34-41.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran
Terpadu dalam Praktik dan
teori. Jakarta: Prestasi Pustaka
Wahyuningsih, Danik. 2011.
Pengaruh
Strategi Pembelajaran Aktif Mind Maps Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol.3, No. 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish in Jurnal BIOEDUIN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).