Program Studi Pendidikan Biologi (Bulan), Vol. (x), No.(x) 8 PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i2.3144Keywords:
Lembar Kegiatan Siswa, Learning Cycle 5 E, Pencemaran LingkunganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu LKS atau menyempurnakan LKS
yang telah ada.Pada tahap uji coba LKS akhir, LKS yang dikembangkan mulai diterapkan dalam
pembelajaran di kelas. Metode ini menggunakan satu kelas sebanyak 31 orang siswa. Instrumen yang
digunakan adalah tes pilihana ganda, angket validasi, dan angket respon. Setelah melalui proses
analisis data, maka hasil penelitian menunjukan: Penyusunan LKS berbasis model learning cycle 5 E
menggunakan model Analysis, Development, Design, Implementation dan Evaluation (ADDIE) pada
tahap pengembangan di validasi, oleh ahli dengan skor rata-rata 0,88 dengan kategori valid dan
validasi oleh sepuluh orang siswa dengan skor rata-rata 0,98 dengan kategori valid, dengan demikian
LKS ini sudah bisa di implementasikan dalam pembelajaran disekolah; LKS berbasis model learning
cycle 5 E yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pencemaran
lingkungan. Hal ini didasarkan hasil N-gain sebesar 0,67 dengan kategori sedang, dan Respon siswa
terhadap penggunaan LKS berbasis model learning cycle 5 E yang dikembangkan dalam pembelajaran
pada materi pencemaran lingkungan menunjukan respon positif. Hal ini didasarkan pada analisis
angket respon siswa yang memperoleh skor siswa rata-rata 3,64 dengan klasifikasi tinggi. Simpulan
pengembangan LKS berbasis model learning cycle 5 E dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
materi pencemaran lingkunga
yang telah ada.Pada tahap uji coba LKS akhir, LKS yang dikembangkan mulai diterapkan dalam
pembelajaran di kelas. Metode ini menggunakan satu kelas sebanyak 31 orang siswa. Instrumen yang
digunakan adalah tes pilihana ganda, angket validasi, dan angket respon. Setelah melalui proses
analisis data, maka hasil penelitian menunjukan: Penyusunan LKS berbasis model learning cycle 5 E
menggunakan model Analysis, Development, Design, Implementation dan Evaluation (ADDIE) pada
tahap pengembangan di validasi, oleh ahli dengan skor rata-rata 0,88 dengan kategori valid dan
validasi oleh sepuluh orang siswa dengan skor rata-rata 0,98 dengan kategori valid, dengan demikian
LKS ini sudah bisa di implementasikan dalam pembelajaran disekolah; LKS berbasis model learning
cycle 5 E yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pencemaran
lingkungan. Hal ini didasarkan hasil N-gain sebesar 0,67 dengan kategori sedang, dan Respon siswa
terhadap penggunaan LKS berbasis model learning cycle 5 E yang dikembangkan dalam pembelajaran
pada materi pencemaran lingkungan menunjukan respon positif. Hal ini didasarkan pada analisis
angket respon siswa yang memperoleh skor siswa rata-rata 3,64 dengan klasifikasi tinggi. Simpulan
pengembangan LKS berbasis model learning cycle 5 E dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
materi pencemaran lingkunga
Downloads
Published
2018-08-31
How to Cite
Nurlatifah, C. A., kurniati, T., & Maspupah, M. (2018). Program Studi Pendidikan Biologi (Bulan), Vol. (x), No.(x) 8 PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Jurnal BIOEDUIN, 7(2), 8–13. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i2.3144
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish in Jurnal BIOEDUIN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).