Program Studi Pendidikan Biologi (Bulan), Vol. (x), No.(x) 8 PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Authors

  • Cica Aisyah Nurlatifah UIN SGD BAndung, Indonesia
  • Tuti kurniati UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Meti Maspupah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i2.3144

Keywords:

Lembar Kegiatan Siswa, Learning Cycle 5 E, Pencemaran Lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu LKS atau menyempurnakan LKS
yang telah ada.Pada tahap uji coba LKS akhir, LKS yang dikembangkan mulai diterapkan dalam
pembelajaran di kelas. Metode ini menggunakan satu kelas sebanyak 31 orang siswa. Instrumen yang
digunakan adalah tes pilihana ganda, angket validasi, dan angket respon. Setelah melalui proses
analisis data, maka hasil penelitian menunjukan: Penyusunan LKS berbasis model learning cycle 5 E
menggunakan model Analysis, Development, Design, Implementation dan Evaluation (ADDIE) pada
tahap pengembangan di validasi, oleh ahli dengan skor rata-rata 0,88 dengan kategori valid dan
validasi oleh sepuluh orang siswa dengan skor rata-rata 0,98 dengan kategori valid, dengan demikian
LKS ini sudah bisa di implementasikan dalam pembelajaran disekolah; LKS berbasis model learning
cycle 5 E yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pencemaran
lingkungan. Hal ini didasarkan hasil N-gain sebesar 0,67 dengan kategori sedang, dan Respon siswa
terhadap penggunaan LKS berbasis model learning cycle 5 E yang dikembangkan dalam pembelajaran
pada materi pencemaran lingkungan menunjukan respon positif. Hal ini didasarkan pada analisis
angket respon siswa yang memperoleh skor siswa rata-rata 3,64 dengan klasifikasi tinggi. Simpulan
pengembangan LKS berbasis model learning cycle 5 E dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
materi pencemaran lingkunga

Published

2018-08-31

How to Cite

Nurlatifah, C. A., kurniati, T., & Maspupah, M. (2018). Program Studi Pendidikan Biologi (Bulan), Vol. (x), No.(x) 8 PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Jurnal BIOEDUIN, 7(2), 8–13. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i2.3144

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.