HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KONSEP SISTEM REPRODUKSI WANITA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN EKSPOSITORI

Authors

  • ukit ukit UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Iwan Ridwan Yusup UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
  • Ike Swastini Dewi UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i1.2748

Keywords:

Pendekatan Ekspositori, Hasil belajar, Sistem Reproduksi, PTK.

Abstract

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMAN 24 Kota Bandung senantiasa dilakuakn upaya peningkatan kualitas hasil pembelajaran.Hal tersebut dilihat dari nilai ulangan harian, seperti pada konsep system reproduksi pada wanita.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa baik kognitif, afektif dan psikomotor siswa serta peningkatan hasil belajar mereka setelah pembelajaran berlangsung dengan menggunakan pendekatan ekspositorisub materi pokok sistem reproduksi  wanita. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bentuk kolaboratif parsipatoris.Hasil penelitian terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan ekspositori pada sub materi pokok sistem reproduksi wanita diperoleh data yaitu (1) Hasil belajar kognitif siswa berdasarkan pretes dengan nilai 31.9, sedangkan hasil belajar postes dengan nilai 59.6. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar secara signifikan karena thitung = -10.392 < tdaftar = 2.656, dengan rata-rata nilai gain sebesar 28. (2) Sikap siswa setelah proses pembelajaran berlangsung menyatakan bahwa sebagian besar siswa (52.12%) setelah proses pembelajaran menunjukkan sikap senang terhadap pendekatan ekspositori,35.88% siswa kurang menyukai terhadap pendekatan ekspositori dan 12.00% siswa  tidak menyatakan sikap (ragu) terhadap pendekatanekspositori setelah pembelajaran berlangsung. (3) Keterampilan siswa berkembang ke arah positif, terlihat dari rata-rata keterampilan siswa siklus I sebesar 61.0%, siklus II sebesar 80.0% dan keterampilan siswa pada siklus III sebesar 91.5%, (4) Hasil belajar siswa dari ketiga aspek terlihat adanya peningkatan hasil belajar demikian pula dengan sikap dan keterampilan mereka berkembang kearah positif, hal tersebut didukung dari hasil observasi dan wawancara siswa selama proses pembelajaran.

Downloads

Published

2017-02-28

How to Cite

ukit, ukit, Yusup, I. R., & Dewi, I. S. (2017). HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KONSEP SISTEM REPRODUKSI WANITA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN EKSPOSITORI. Jurnal BIOEDUIN, 7(1), 35–50. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i1.2748

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.